PERANAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN TINGGI BERBASIS SPMI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKUALITAS

Main Article Content

I MADE SILA

Abstract

Pendidikan yang berkualitas merupakan suatu kebutuhan dalam penyelenggaraan pendidikan  tinggi dan sebagai salah satu penentu bagi pembangunan negara. Lulusan yang berkualitas membutuhkan sistem pendidikan yang berkualitas pula. Dalam pembentukan sistem pendidikan yang berkualitas, selain SDM, sarana dan prasarana, kurikulum dan modal   juga diperlukan  manajemen yang berkualitas . Dewasa ini, perkembangan pemikiran manajemen penjaminan mutu   perguruan tinggi mengarah pada sistem manajemen terpadu yang disebut dengan system penjaminan mutu internal ( SMPI ) Permasalahan yang menjadi fokus dalam   penulisan ini, yaitu bagaimana sebaiknya SPMI   tersebut diselenggarakan  di perguruan tinggi agar mampu membentuk sarjana yang kompeten dan kompetitif, memberikan pelayanan yang paripurna dalam pengelolaan perguruan tinggi ?. Maksud pembahasan ini adalah sebagai bahan informasi dan kajian dalam mengembangkan  mutu  perguruan tinggi agar mampu membentuk sarjana yang kompeten dan komtetitif memberi  pelayanan yang paripurna pada seluruh pemangku kepentinganPendekatan yang digunakan dalam penelitian in adalah kualitatif dengan metode diskriptif dan verifikatif melalui instrumen penelitian berupa kuesioner yang diberikan kepada responden yang terdiri dari kepala biro/kepala bagian, ketua program studi, dosen dan mahasiswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan bahwa Penjaminan mutu melalui SPMI  berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap mutu universitas, sehingga mampu memberikan pelayanan yang baik untuk meningkatkan kepuasan  pelanggan khususnya mahasiswa Peneliti merekomendasikan kepada pimpinan universitas (rektor) untuk menggunakan model SPMI yang mampu memberikan penilaian yang obyektif dan meningkatkan motivasi civitas akademika. Di lain pihak rektor juga sebaiknya lebih memperhatikan kinerja dosennya dengan meningkatkan kompetensi, dan motif berpretasinya, serta mampu menciptakan lingkungan yang kondusif.Kata kunci, Manajemen mutu, peningkatan pelayanan dan kualitas pendidikan 

Article Details

How to Cite
SILA, I. M. (2017). PERANAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN TINGGI BERBASIS SPMI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKUALITAS. Widya Accarya, 8(2). https://doi.org/10.46650/wa.8.2.506.%p
Section
Articles
Author Biography

I MADE SILA, Universitas Dwijendra

Widya Accarya

References

Derm, Barret.1995.The MMT Paradigm Key Ideas That Make It Work.Portland, Oregon. Productivity Press.
Kotler, Philip.1980. Marketing Management. Alih bahasa Agus Hasan. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol.Jakarta.PT.Prenhallindo.
Mantja, Willem.2000.Jurnal Ilmu Pendidikan Manajemen Mutu Pendidikan.Januari
Tenner, R. Arthur, Detoro J. Irving. Manajemen mutu terpadu Three Steps To Continous Improvement. California.New York.Addison-Wesley Publishing Company.
Tim. Manajemen Mutu Terpadu.Program Pascasarjana.Jakarta
Tjiptono, Fandy.1999.Aplikasi MMT Dalam Manajemen Perguruan Tinggi.Usahawan, Nopember, Vol 1
Wiyono, Trisno, Abdullah, Pius.1994. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Praktis.Surabaya.Arloka.

Most read articles by the same author(s)