Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka Dalam Menyongsong Link And Match Dunia Pendidikan
Main Article Content
Abstract
Konsep link and match dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan relevansi Pendidikan tinggi dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI). Sehing kerjasama antara pendidikan tinggi dangan dunia kerja professional perlu dilakukan. Melalui Kerjasama fungsional link and match Pendidikan tinggi dan dunia kerja professional secara konseptual akan memiliki peluang yang cukup besar untuk melahirkan lulusannya menjadi calon tenaga kerja yang professional. Dalam rangka mengantisipsi masalah tersebut Kemendikbud istek, mengeluarkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dengan harapan Pendidikan tinggi dapat menjadi pionir dalam membangun calon tenaga kerja yang professional. Dalam konsep MBKM memperkenalan mahasiswa sedini mungkin dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja, membangun kreatifitas serta inovasi mahasiswa. Kebijakan MBKM diharapkan dapat menjawab keluhan masyarakat terhadap lulusan perguruan tinggi, yang dianggap belum kompeten dan kopetitif Penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualititatif adalah cara yang digunakan untuk menjawab masalah dari penelitian berkaitan dengan data berupa narasi yang sumbernya berasal dari wawancara, pengamatan, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep MBKM memberikan peluang yang sangat besar dalam pembentukan kompetensi lulusan perguruan tinggi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja yang profesional.
Article Details
How to Cite
Sila, I. M., Rai, I. B., & Sutika, I. M. (2022). Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka Dalam Menyongsong Link And Match Dunia Pendidikan. Widya Accarya, 13(1), 41-52. https://doi.org/10.46650/wa.13.1.1214.41-52
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Berta, M. O., & Swarniti, N. W. (2020). IMPROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH WORD SQUARE GAME AT THE EIGHTH GRADE OF SMP DWIJENDRA DENPASAR IN THE ACADEMIC YEAR 2019/2020. Widyasrama, 30(2), 18–25.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020
Kartika, I. M. (2016). Peranan Guru PPKN Dalam Mengembangkan Karakter dan Sikap Nasionalisme Pada Siswa SMA Dwijendra Denpasar. Widya Accarya, 5(1).
Munadi, H. (2020). Merdeka Belajar, Kampus Merdeka: Bagaimana Mendesain Ulang Kurikulum. Journal of Quality in Higher Education 2 (3), 1-10.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar”Perspektif Aliran P
rogresivisme John Dewey. Jurnal Edureligia. Jurnal Pendidikan Agama Islam 4 (1), 141-147.
Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2013). Curriculum, Foundations, Principles, and Issue. Boston: pearson.
Pohan, J. E. (2019). Filsafat Pendidikan Teori Klasik Hingga Postmodernisme dan Problematikanya di Indonesia Depok: Rajawali Press.
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Santika, I. G. N. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan: Problematika Hasil Perubahan UUD 1945 Secara Konseptual. In Kementerian Sekretariat Negara RI (Issue 1). Global Aksara Pers.
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10(1), 207–212. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464–472. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052
Wahyuni, N. P. S. W., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). IMPLEMENTASI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50–61. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.633
SILA, I. M. (2017). Peranan Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis SPMI Dalam Meningkatkan Pelayanan Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Widya Accarya, 8(2).
Sila ( 2019 ). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Motivasi Kerja Pada Guru yang Sudah Tersertifikasi. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra
Suteja, J. (2007). Kampus Merdeka: Merdeka Belajar, Bandung: Unpas Press.
SUTIKA, I. M. (2017). Implementasi Pendidikan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Anak (Studi di Taman Penitipan Anak Werdhi Kumara I Panjer Kecamatan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020
Kartika, I. M. (2016). Peranan Guru PPKN Dalam Mengembangkan Karakter dan Sikap Nasionalisme Pada Siswa SMA Dwijendra Denpasar. Widya Accarya, 5(1).
Munadi, H. (2020). Merdeka Belajar, Kampus Merdeka: Bagaimana Mendesain Ulang Kurikulum. Journal of Quality in Higher Education 2 (3), 1-10.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar”Perspektif Aliran P
rogresivisme John Dewey. Jurnal Edureligia. Jurnal Pendidikan Agama Islam 4 (1), 141-147.
Nazir, M. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2013). Curriculum, Foundations, Principles, and Issue. Boston: pearson.
Pohan, J. E. (2019). Filsafat Pendidikan Teori Klasik Hingga Postmodernisme dan Problematikanya di Indonesia Depok: Rajawali Press.
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Santika, I. G. N. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan: Problematika Hasil Perubahan UUD 1945 Secara Konseptual. In Kementerian Sekretariat Negara RI (Issue 1). Global Aksara Pers.
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10(1), 207–212. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464–472. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052
Wahyuni, N. P. S. W., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). IMPLEMENTASI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50–61. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.633
SILA, I. M. (2017). Peranan Manajemen Mutu Pendidikan Tinggi Berbasis SPMI Dalam Meningkatkan Pelayanan Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Widya Accarya, 8(2).
Sila ( 2019 ). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Motivasi Kerja Pada Guru yang Sudah Tersertifikasi. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra
Suteja, J. (2007). Kampus Merdeka: Merdeka Belajar, Bandung: Unpas Press.
SUTIKA, I. M. (2017). Implementasi Pendidikan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Anak (Studi di Taman Penitipan Anak Werdhi Kumara I Panjer Kecamatan