MODEL KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN ANAK DI BANJAR SEMA DESA KEDIRI KABUPATEN TABANAN
Main Article Content
Abstract
ABSTRACTThe rapid development of science and technology in the era of globalization, a challenge for the world of education in guiding and directing to form the moral behavior of children. If there is no effort in overcoming it, then everyone will dissolve and drift with technological sophistication. In this regard, rapid change requires efforts to be able to anticipate and accommodate in the face of globalization. Family is the main learning place in society. The way of education in the family will always affect the growth and development of manners and personality. From an early age the child must be made disciplinary rules from wake up in the morning until sleep at night, so that children do activities regularly and not much time to waste. Parents have a great responsibility in guiding and directing the child is always disciplined both in carrying out the relationship with God Almighty, himself, fellow human beings and the natural environment and other living things based on moral values.The aim of this study entitled “Parent Communication in Shaping Child Discipline Attitude in banjar Sema Kediri Village District Tabananâ€, is to determine the communication model and constraints of parents in shaping the attitude of child discipline in Banjar Sema Kediri Village Kediri District Tabanan. This study used a qualitative approach, with the subject of the study of families who have children of primary school age. Data were collected by questionnaire and interview method with qualitative and quantitative descriptive analysis technique.Based on the analysis, it is known that the data shows that most of the families in Banjar Sema Desa Kediri chose the answer of democratic communication pattern shown by percentage as much as 79.5%, the family chose the authoritarian communication pattern 13.8%, and the permissive communication pattern 6.7%. The results of the description of the constraints faced by parents are lack of communication time, lack of attention and affection, emotionally unstable children.Keywords: Communication model of parent, forming attitude of child discipline.        ABSTRAK    Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi, menjadi tantangan bagi dunia pendidikkan dalam membimbing dan mengarahkan untuk membentuk perilaku bermoral dari anak-anak.   Jika tidak ada upaya dalam mengatasinya, maka semua orang akan larut dan hanyut dengan kecanggihan teknologi. Sehubungan dengan hal itu, perubahan yang sangat cepat mengharuskan adanya berbagai upaya agar mempunyai kemampuan untuk mengantisipasi dan mengakomodasi dalam menghadapi arus globalisasi. Keluarga merupakan tempat belajar yang utama dalam masyarakat. Cara pendidikan dalam keluarga akan selalu mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya budi pekerti dan kepribadian seseorang. Sejak dini anak harus dibuatkan peraturan kedisiplinan dari bangun pagi sampai tidur malam, agar anak melakukan aktivitas secara teratur dan tidak banyak membuang waktunya. Orang tua mempunyai tanggungjawab yang besar dalam membimbing dan mengarahkan agar anak selalu berdisiplin baik dalam melaksanakan hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, dirinya sendiri, sesama manusia dan lingkungan alam dan makhluk hidup lainnya berdasarkan nilai moral.    Dalam penelitian yang berjudul “Model Komunikasi Orang Tua Dalam Membentuk Sikap Disiplin Anak di Banjar Sema Desa Kediri Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan†ini, bertujuan untuk mengetahui model komunikasi dan kendala-kendala orang tua dalam membentuk sikap disiplin anak di Banjar Sema Desa Kediri Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian yakni keluarga yang memiliki anak usia sekolah dasar. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan wawancara dengan teknik analisis diskriptif kualitatif dan kuantitatif     Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa data menunjukkan sebagian besar keluarga di Banjar Sema Desa Kediri memilih jawaban pola komunikasi demokratis ditunjukkan dengan persentase sebanyak 79.5%, keluarga yang memilih pola komunikasi otoriter 13.8%, dan pola komunikasi permisif 6.7%. Hasil uraian yang didapat mengenai kendala-kendala orang tua yang dihadapi adalah kurangnya waktu berkomunikasi, kurangnya perhatian dan kasih sayang, emosional anak tidak stabil. Kata kunci : Model komunikasi orang tua, membentuk sikap disiplin anak.
Article Details
How to Cite
SUTIKA, I. M. (2018). MODEL KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MEMBENTUK SIKAP DISIPLIN ANAK DI BANJAR SEMA DESA KEDIRI KABUPATEN TABANAN. Widya Accarya, 9(1). https://doi.org/10.46650/wa.9.1.611.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,2012.
Daryanto, Muljo Raharjdo. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Gava Media,2016.
Djamarah, Syaiful Bachri,. Pola komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta,2014.
Fathi, Bunda. Mendidik Anak Dengan Al-Qur’an:Sejak Janin.Bandung: Pustaka Oasis,2011.
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014.
Muri, Yusuf. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Gabungan. Prenadamedia group, 2014.
Nasution, Thamrin, Nur Hadijah Nasution, Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak, Yogyakarta: BPK Gunung Mulia, 2001.
Rahman, Agus Abdul, Psikologi Sosial. Cet 2. Jakarta: PT RajaGrafindo Perseda, 2014.
Rakhmat,Jalaludin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Singgih, Gunarsa, Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2001.
Soetjiningsih, Cristiana Hari, Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-Kanak Akhir.Jakarta : Prenada, 2014.
Wahlroos, Sven. Komunikasi Keluarga Panduan Menuju Kesehatan Emosional dan Hubungan Pribadi yang Lebih Baik, Bandung: CV Pustaka Setia, 2003
Internet:http://allamandakathriya.blogspot.co.id/2012/04/disiplin-dan-implementasinya-dalam-ilmu.html di akses 5/6/2017
http://infodanpengertian.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-sikap-menurut-para-ahli.html di akses 6/6/2017
Daryanto, Muljo Raharjdo. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Gava Media,2016.
Djamarah, Syaiful Bachri,. Pola komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta,2014.
Fathi, Bunda. Mendidik Anak Dengan Al-Qur’an:Sejak Janin.Bandung: Pustaka Oasis,2011.
Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014.
Muri, Yusuf. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Gabungan. Prenadamedia group, 2014.
Nasution, Thamrin, Nur Hadijah Nasution, Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak, Yogyakarta: BPK Gunung Mulia, 2001.
Rahman, Agus Abdul, Psikologi Sosial. Cet 2. Jakarta: PT RajaGrafindo Perseda, 2014.
Rakhmat,Jalaludin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Singgih, Gunarsa, Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2001.
Soetjiningsih, Cristiana Hari, Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-Kanak Akhir.Jakarta : Prenada, 2014.
Wahlroos, Sven. Komunikasi Keluarga Panduan Menuju Kesehatan Emosional dan Hubungan Pribadi yang Lebih Baik, Bandung: CV Pustaka Setia, 2003
Internet:http://allamandakathriya.blogspot.co.id/2012/04/disiplin-dan-implementasinya-dalam-ilmu.html di akses 5/6/2017
http://infodanpengertian.blogspot.co.id/2016/01/pengertian-sikap-menurut-para-ahli.html di akses 6/6/2017