PERANAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DAN SIKAP NASIONALISME PADA SISWA SMA DWIJENDRA DENPASAR

Main Article Content

I MADE KARTIKA

Abstract

Peran guru mata pelajaran PPKn mempunyai misi dan tujuan strategis dalam upaya  mengamalkan dan menghayati nilai-nilai Pancasila. Peranan PPKn adalah sebagai upaya untuk membina siswa menjadi anggota masyarakat yang demokratis dan sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran guru PPKn dalam mengembangkan karakter dan  sikap nasionalisme siswa  SMA Dwijendra Denpasar, (2) untuk mengetahui metode yang paling efektif yang digunakan oleh seorang guru PPKn dalam mengembangkan karakter dan  sikap nasionalisme siswa  SMA Dwijendra Denpasar, (3) untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi seorang guru PPKn dalam mengembangkan karakter dan  sikap nasionalisme siswa  SMA Dwijendra Denpasar. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selajutnya diolah, dianalisa dan dipaparkan secara sistematis sehingga teknik analisanya deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini  proses pembelajaran  PPKn  SMA Dwijendra tersebut menggunakan beberapa metode diantaranya: metode ceramah, metode diskusi, metode tanya jawab, metode pemberian tugas. Dalam hal ini adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PPKn dalam mengembangkan karakter dan sikap nasionalisme pada siswa  SMA Dwijendra Denpasar  diantaranya: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan latar belakang pengalaman siswa. Dari hasil penelitian, peran guru PPKn dalam mengembangkan karakter dan sikap nasionalisme siswa melalui proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas sangatlah penting dimana seorang guru PPKn akan mampu melakukan kewajiban dan tanggungjawabnya apabila guru tersebut telah terlebih dahulu menguasai dan mampu menerapkan perilaku positif pada dirinya sendiri sehingga bisa menjadi panutan bagi anak didiknya. Kata Kunci: Peran Guru PPKn, Karakter dan Sikap Nasionalisme.

Article Details

How to Cite
KARTIKA, I. M. (2016). PERANAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DAN SIKAP NASIONALISME PADA SISWA SMA DWIJENDRA DENPASAR. Widya Accarya, 5(1). https://doi.org/10.46650/wa.5.1.232.%p
Section
Articles

References

Cholid Narbuko. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Daryono. 2011. Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdikbud. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Depdikbub, 1995, Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jakarta: Balai Pustaka.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: P. Raja Grafindo Persada.
Satori dan Komariah. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Smith, Antony D. 2012. Nasionalisme Teori Ideologi Sejarah. Jakarta: Erlangga.
Sukardi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sumarmi. 2006. Citra Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten: Sekawan.
Sura, I Gede. 2009. Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: Tri Agung
Susanto, 2014. Nasionalisme dan Sejarah. Jakarta: Komonitas Bambu.
Zubaedi.2011. Disain Pendidikan Karakter: KOnsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.