Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa

Main Article Content

Husnul Khatimah
I Made Kartika
I Gusti Ngurah Santika

Abstract

Abstrak-Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting dalam setiap kehidupan manusia yang tidak bisa ditinggalkan. Salah satu tujuan pendidikan adalah untuk mengubah karakter manusia menjadi lebih baik. Disinilah peran instrumental pendidikan karakter untuk membentuk sikap sosial siswa. Sekolah sebagai satuan pendidikan memiliki tanggungjawab moral yang fundamental dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter pada siswa kelas VII MTs. Al-Muhajirin Denpasar dan bagaimana pengaruh penilaian karakter terhadap sikap sosial siswa kelas VII MTs. Al-Muhajirin Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa : (1) implementasi pendidikan karakter pada siswa kelas VII MTs. Al-Muhajirin Denpasar adalah dilakukan dengan mengintegrasikan pendidikan karakter melalui pembelajaran. Penanaman nilai-nilai karakter dilakukan dalam setiap pembelajaran. Di samping itu, penilaian sebagai bagian dari pembelajaran pun digunakan untuk menilai pendidikan karakter, (2) Pengaruh implementasi pendidikan karakter terhadap sikap sosial siswa adalah terbentuknya karakter peserta didik pada siswa MTs. Al Muhajirin Denpasar yang jujur, kerjasama, keberanian, peduli sesama, bertanggung jawab, toleransi, gotong royong, sopan santun, disiplin, dan percaya diri
 
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Sikap Sosial, Siswa
 
Abstract-This study aims to determine how the implementation of character education in class VII students MTs. Al Muhajirin Denpasar. And how the effect of character assessment of social attitude of class VII MTs. Al Muhajirin Denpasar. This study used a qualitative approach and the type of this research is a case study. Then the data collection used is by observation, interviews, and documentation. The results of the study conducted by researchers are as follows: (1) implementation of character education in class VII students MTs. Al Muhajirin Denpasar is done by integrating character education with subjects and instilling the value in every learning process so that the social attitudes of the learners can be formed, social attitudes formed in class VII include: honesty, responsibility, tolerance, mutual cooperation, courtesy, and confidence, (2) Effect of character assessment of social attitude of class VII MTs. Al Muhajirin Denpasar is the implementation of character assessment of social attitudes is very influential on the increase and graduation of learners on MTs. Al Muhajirin Denpasar students.
 
Keywords: character education, social attitudes

Article Details

How to Cite
Khatimah , H., Kartika, I. M., & Santika, I. G. N. (2022). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa. Widya Accarya, 13(2), 127-132. https://doi.org/10.46650/wa.13.2.1266.127-132
Section
Articles
Author Biographies

Husnul Khatimah, Universitas Dwijendra

Mahasiswa Prodi PPKN Universitas Dwijendra

I Made Kartika, Universitas Dwijendra

Dosen Prodi PPKn Universitas Dwijendra

References

Ahmadi, Abu. (2007). Psikologi Sosial edisi rivisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Basrowi & Suwandi. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta..
Kemendiknas, Desain Induk Pendidikan karakter Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta,2010a,h.13
Kebudayaan, K. D. (2013). Permendikbud No. 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Mu’in, F. (2011). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nasional, D. P. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional. UU RI, (20).
Santika, I. G. N. (2021a). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Santika, I. G. N. (2021b). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan: Problematika Hasil Perubahan UUD 1945 Secara Konseptual. In CV. Global Aksara P ers (Issue 1). Global Aksara Pers.
Santika, I. G. N., Kartika, I. M., Ayu, I. G., & Darwati, M. (2021). Reviewing The Handling Of Covid-19 In Indonesia In The Perspective Of The Pancasila Element Theory ( TEP ). Jurnal Etika Demokrasi (JED), 6(2), 40–51. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5272
Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan karakter: studi kasus peranan keluarga terhadap pembentukan karakter anak Ibu Sunah di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1).
Santika, I. G. N., Sedana, G., Sila, M., Santika, I. W. E., Sujana, I. G., Yanti, A. A. I. E. K., Nugraha, D. M. D. P., Purandina, I. P. Y., Kontaniartha, I. W., Marsadi, D., Sudarmawan, I. P. Y., Swarniti, N. W., Wijaatmaja, A. B. M., & Sutrisna, G. (2021). Aktualisasi Pancasila Dalam Berbagai Dimensi Kehidupan. Lakeisha.
Santika, I. G. N., & Suastika, I. N. (2022). Efforts of State-Owned Enterprises (SOE) in Disseminating Pancasila by Actualizing Tri Hita Karana (THK). Jurnal Etika Demokrasi (JED), 7(1), 14–27. https://doi.org/10.26618/jed.v
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464–472. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052
Santika, I. G. N., Sujana, G., & Winaya, M. A. (2019). Membangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia Melalui Refleksi Perjalanan Historis Pancasila Dalam Perspektif Konflik Ideologis. Journal of Etika Demokrasi (JED), 4(2), 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2391
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sutrisna, G. (2021). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa inggris. Widya Accarya, 12(1), 117-127. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1071.117-127
Wahyuni, N. P. S. W., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). Implementasi metode examples non examples dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50–61. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.633
Purandina, I. P.Y, & Juliari, I. G. A. I. T. (2021). Pengenalan Literasi Digital melalui Cerita Narasi Berbahasa Inggris pada Aplikasi Youtube sebagai Penanaman Karakter Anak. Widya Accarya, 12(1), 128-139. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1072.128-139

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>