DESAIN PARKIR GEDUNG KULIAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

  • Hardi Saputra Simbolon Universitas Palangka Raya
  • Petrisly Perkasa, ST., MT Universitas Palangka Raya
  • Ni Putu Diah Agustin Permanasuri, ST., M.Ars Universitas Palangka Raya
Keywords: Desain Parkir, Fasilitas Kampus, Arsitektur Dayak

Abstract

Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan adalah salah satu program studi yang ada di Universitas Palangka Raya. Gedung Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Palangka Raya terletak di jalan B.kotin dan merupakan salah satu bangunan dengan konsep minimalis yang terhitung baru dan masih kurang sarana prasarana pendukung. Salah satu prasana yang masih kurang adalah fasilitas parkir kampus. Fasilitas parkir di kampus memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan warga kampus khususnya untuk mahasiswa yang menggunakan kendaraan pribadi akibat dari tingginya tingkat mobiltas. Semakin banyaknya mahasiswa yang membawa kendaraan ke kampus, keberadaaan tempat parkir menjadi hal yang sangat penting. Fasilitas parkir pada dasarnya adalah lokasi yang ditentukan sebagai tempat pemberhentian kendaraan yang tidak bersifat sementara untuk melakukan kegiatan pada suatu kurun waktu 2021)(Dinas Perhubungan, 1996).  Permasalahan parkir di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan sebagai berikut : posisi parkir kendaraan mahasiswa yang tidak teratur seperti memarkirkan kendaraan nya di bawah pohon, persis di depan gedung kuliah dan ditempat-tempat lainya yang seharusnya bukan tempat parkir, dan juga sekarang letak Jurusan Pendidikan Teknologi Kejuruan yaitu berada di Gedung Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, maka mahasiswa/dosen yang datang  dari Program Studi Pendidikan Teknik Mesin untuk urusan di Jurusan bahkan tamu kampus akan menjadi tambahan pengguna kendaraan yang akan parkir di halaman kampus Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah desain yang mendesainkan layout parkir untuk memenuhi kriteria kampus yang tertata rapi(Sachari, 2000)  Dalam melaksanakan perencanaan desain parkir, peneliti menggunakan perangkat lunak AutoCAD , SketchUp dan Lumion, untuk mempermudah perancangan parkir. Parkir didesain menggunakan konsep mendesainkan layout parkir sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, dosen, serta tamu kampus . Desain parkir menggunakan konsep pendekatan Arsitektur Dayak, serta mengandung kearifan lokal suku suku dayak, kearifan lokal tanah gambut, pohon dan tanaman endemik Kalimantan Tengah. Pola parkir yang digunakan ialah tegak lurus dengan kapasitas 149 orang/pengguna ( 96 unit motor dan 53 unit mobil serta memakai asumsi jika 1 orang/pengguna membawa kendaraannya masing-masing),  dengan persentase mencapai angka 75%.

References

Abubakar, I. dkk. (1998). Ebook: Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota.
Admin PTB. (2021). Jumlah Dosen Pendidikan Teknik Bangunan. ptb.upr.ac.id/profil
Admin PTM. (2021). Jumlah Dosen Pendidikan Teknik Mesin. teknikmesin.upr.ac.id/profil
Perhubungan, Departemen. (1993). PP No. 43 tahun 1993.
Perhubungan, Dinas. (1996). Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. dinas perhubungan.
Sachari. (2000). Pengertian desain. http://serupa.id/pengertian-desain/
Samsul Arif Hidayat, Erick Luckita Saputra, Hendi Bowoputro, R. K. (2015). Studi Perencanaan Gedung Parkir Terpusat UNIVERSITAS BRAWIJAYA.
Siregar. (1999). PengertianSatuan ruang parkir.
Published
2022-02-24
How to Cite
[1]
Hardi Saputra Simbolon, Petrisly Perkasa, ST., MT and Ni Putu Diah Agustin Permanasuri, ST., M.Ars 2022. DESAIN PARKIR GEDUNG KULIAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA. Jurnal Anala. 10, 1 (Feb. 2022), 16-27. DOI:https://doi.org/10.46650/anala.10.1.1216.16-27.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)