ETIKA PUBLIKASI

Jurnal Anala memuat ringkasan hasil penelitian, ulasan (review) mengenai perkembangan topik arsitektur dan artikel ilmiah. Jurnal diterbitkan secara berkala (Februari & September) oleh Fakultas Teknik, Universitas Dwijendra. Jurnal Anala dengan berpegang pada norma/etika publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah harus menjunjung tinggi atau mendasari lima inti nilai etika; kejujuran, keadilan, bebas dari benturan kepentingan, orisinalitas, dan tanggung jawab.

  1. Kejujuran

Penulis harus menjunjung tinggi kejujuran proses kepenulisan ilmiah. Oleh karena itu manuskrip harus bebas dari plagiarisme (Tidak ada data, teks, atau teori oleh orang lain yang disajikan seolah-olah itu milik penulis), manipulasi data, dan segala jenis duplikasi atau pemalsuan.

  1. Keadilan

Artikel jurnal yang akan dimuat di Jurnal Anala akan melalui blind review untuk memastikan teks penulis mendapatkan perlakuan yang adil. Manajer jurnal juga harus menghormati hak istimewa informasi yang diberikan oleh penulis untuk artikel apakah mereka diterima atau ditolak, dengan menerima hasil review artikel baik yang diterbitkan maupun ditolak.

  1. Bebas dari Benturan Kepentingan

Naskah yang telah diterbitkan dalam sistem jurnal kita harus bebas dari benturan kepentingan. Oleh karena itu, artikel yang diterbitkan mengharuskan semua penulis untuk mengungkapkan pernyataan bahwa naskah penerbitan bebas dari konflik kepentingan yang subtantif. Jika penelitian melibatkan pihak lain (seperti, dukungan keuangan) harus disebutkan atau diungkapkan.

  1. Orisinalitas

Penulis dan redaktur pelaksana Jurnal Anala harus memastikan bahwa artikel sama sekali tidak pernah dan tidak dipublikasikan.

  1. Tanggung jawab.

Semua penulis yang terdaftar di Jurnal Widya Accarya harus berkomitmen dan bahkan bertanggung jawab atas semua artikel yang dipublikasikan.