PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD N 1 SEKARTAJI
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan strategi pembelajaran cooperative script pada kelas IV SD Negeri 1 Sekartaji. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sekartaji yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar, adapun instrumen pengumpulan data menggunakan lembar hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar IPS yakni 80% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 85. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran cooperaqtive script berbantuan media gambar pada setiap siklusnya. Siklus I siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 5 siswa (25%) dan belum tuntas sebanyak 15 siswa (75%) di lanjutkan ke siklus II, jumah siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 siswa (80%).
Kata kunci: Cooperative Script, Media Gambar, Hasil Belajar IPS.
ABSTRACT
This study aims to improve the learning outcomes of IPS using cooperative script learning strategies in gardes IV SD Negeri 1 Sekartaji. This tipe of research is classroom action research. The sample in this study was students from grade IV SD Negeri 1 Sekartaji, amounting to 20 students, consisting of 12 male students and 8 female students. The implementation of this research was carried out in 2 cycles with each cycle consisting of 2 meetings, in each cycle there was an implementation planning activity observation/evaluation and reflection. Data collection techniques using observation and learning outcomes test, while the data collection instruments use learning outcomes sheets. Data analysis techniques used in this study are descriptive descriptions and quantitative descrivtions. Indicaor the success of this study was marked by the increase in IPS learning outcomes, namely 80% of the number of students who took part in the learning process had met the minimum completeness criteria of KKM which was 85 results of this study showed an increase in ips learning outcomes by using a strategy cooperative script learning with images media assistance in each cycle. Cycle 1 students who achieved completeness were 5 students 25% and not yet complete 15 students 75% followed by cycle 2. The number of students who completed study was 18 students 80%
Keywords: cooperative script learning models, media images. IPS learning outcomes
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan strategi pembelajaran cooperative script pada kelas IV SD Negeri 1 Sekartaji. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sekartaji yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar, adapun instrumen pengumpulan data menggunakan lembar hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar IPS yakni 80% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 85. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran cooperaqtive script berbantuan media gambar pada setiap siklusnya. Siklus I siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 5 siswa (25%) dan belum tuntas sebanyak 15 siswa (75%) di lanjutkan ke siklus II, jumah siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 siswa (80%).
Kata kunci: Cooperative Script, Media Gambar, Hasil Belajar IPS.
ABSTRACT
This study aims to improve the learning outcomes of IPS using cooperative script learning strategies in gardes IV SD Negeri 1 Sekartaji. This tipe of research is classroom action research. The sample in this study was students from grade IV SD Negeri 1 Sekartaji, amounting to 20 students, consisting of 12 male students and 8 female students. The implementation of this research was carried out in 2 cycles with each cycle consisting of 2 meetings, in each cycle there was an implementation planning activity observation/evaluation and reflection. Data collection techniques using observation and learning outcomes test, while the data collection instruments use learning outcomes sheets. Data analysis techniques used in this study are descriptive descriptions and quantitative descrivtions. Indicaor the success of this study was marked by the increase in IPS learning outcomes, namely 80% of the number of students who took part in the learning process had met the minimum completeness criteria of KKM which was 85 results of this study showed an increase in ips learning outcomes by using a strategy cooperative script learning with images media assistance in each cycle. Cycle 1 students who achieved completeness were 5 students 25% and not yet complete 15 students 75% followed by cycle 2. The number of students who completed study was 18 students 80%
Keywords: cooperative script learning models, media images. IPS learning outcomes
Article Details
How to Cite
Astra Winaya, I. M., & Sumitra Jaya, I. M. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD N 1 SEKARTAJI. Widya Accarya, 11(1), 41-50. https://doi.org/10.46650/wa.11.1.833.41-50
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Anita Lie. (2009). Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo.
BSNP. (2009). Standar Isi dan Standar Kompetansi Kelulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar SD/MI. Jakarta: Depdiknas.
Catharina Tri Anni, dkk. (2009). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.
Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Kegiatan Belajar Mengajar YangEfektif. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Depdiknas. (2009). Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPS Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang, Depdiknas.
Endang Poerwanti, dkk. (2009). Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Etin Solihatin. (2009). Cooperative learning Analisa Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayati, dkk. (2009). Pengembangan pendidikan IPS SD. Jakarta: Depdiknas.
Hisyam Zaini, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Kasihani Kasbolah. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Depdikbud.
Nasution. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Winaya, I Made Astra. 2016. “Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N. 1 Selanbawak”. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN NO. 2085-0018 Maret 2016.
Zainal Aqib. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Krama Widya.
BSNP. (2009). Standar Isi dan Standar Kompetansi Kelulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar SD/MI. Jakarta: Depdiknas.
Catharina Tri Anni, dkk. (2009). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.
Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Kegiatan Belajar Mengajar YangEfektif. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Depdiknas. (2009). Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPS Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang, Depdiknas.
Endang Poerwanti, dkk. (2009). Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Etin Solihatin. (2009). Cooperative learning Analisa Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayati, dkk. (2009). Pengembangan pendidikan IPS SD. Jakarta: Depdiknas.
Hisyam Zaini, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Kasihani Kasbolah. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Depdikbud.
Nasution. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Winaya, I Made Astra. 2016. “Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N. 1 Selanbawak”. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN NO. 2085-0018 Maret 2016.
Zainal Aqib. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Krama Widya.