PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD N. 1 SELAN BAWAK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah keinginan untuk menguji efektivitas model Kuantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa ditinjau dari tingkat keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Kuantum Teaching terhadap hasil belajar ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD N. 1 Selanbawak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen, dengan menjadikan siswa kelas V SD N. 1 Selanbawak sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan tes hasil belajar. Keseluruhan data dianalisis dengan analisis statistik Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat terbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Kuantum Teaching dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) Perbedaan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran Kuantum Teaching lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Setelah keterampilan berpikir kritis siswa dikendalikan, (3) Terdapat kontribusi keterampilan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD N. 1 Selanbawak. Kata kunci: Model Kuantum Teaching , pembelajaran IPA, keterampilan berpikir          kritis, hasil belajar, sekolah dasar.
Article Details
How to Cite
ASTRA WINAYA, I. M. (2016). PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD N. 1 SELAN BAWAK. Widya Accarya, 5(1). https://doi.org/10.46650/wa.5.1.236.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Arnyana. 2006. Pengaruh Penggunaan Model Siklus Belajar dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Penguasaan Konsep, Penalaran, dan Keterampilan Inkuiri Siswa SMP Laboratorium. Laporan Penelitian. Dibiayai dari Dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. UNDIKSHA Singaraja.
De Porter, B., Reardon, M., dan Nourie, S. S. 2005. Quantum Teaching:Mempraktekan quantum learning di ruang-ruang kelas. Bandung: Kaifa
Ennis, R. H. 1985. Goal critical thinking curriculum. Dalam Costa, A. L. (Ed): Developing Minds: a resourse book for teaching thinking. Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Developing (ASCD). 54-57.
Nurhadi ; yasin, Burhan; Senduk, A. Gerad. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contexstual Teaching and Learning/ CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Penerbit Universitas Negeri Malang.
Sudrajat, Akhmad. 2008. “Pembelajaran Kontekstualâ€. Tersedia pada. www.akhmadsudrajat. woordpress.com. (diakses tanggal 9 Juli 2016).
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
De Porter, B., Reardon, M., dan Nourie, S. S. 2005. Quantum Teaching:Mempraktekan quantum learning di ruang-ruang kelas. Bandung: Kaifa
Ennis, R. H. 1985. Goal critical thinking curriculum. Dalam Costa, A. L. (Ed): Developing Minds: a resourse book for teaching thinking. Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Developing (ASCD). 54-57.
Nurhadi ; yasin, Burhan; Senduk, A. Gerad. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contexstual Teaching and Learning/ CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Penerbit Universitas Negeri Malang.
Sudrajat, Akhmad. 2008. “Pembelajaran Kontekstualâ€. Tersedia pada. www.akhmadsudrajat. woordpress.com. (diakses tanggal 9 Juli 2016).
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta