PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD N. 2 MELINGGIH KELOD

Main Article Content

I Made Astra Winaya
Ni Ketut Karianti

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD N 2 Melinggih Kelod melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, serta refleksi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Melinggih Kelod yang berjumlah 10 orang. Data Pemahaman konsep IPA siswa dikumpulkan dengan metode tes pemahaman Konsep. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa persentase rata-rata siswa sebelum tindakan yaitu 64% dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%, pada tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 73,8% dengan kriteria sedang, dan ketuntasan klasikal sebesar 70%, pada tindakan siklus II peningkatan menjadi lebih maksimal dilihat dari persetase rata-rata siklus II yaitu 80% dengan kriteria tinggi dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Melinggih Kelod.
Kata Kunci: Think Talk Write, pemahaman konsep, IPA
 
Abstract
This study aims to improve the understanding of science concepts of fifth grade students at SD N 2 Melinggih Kelod through the application of Think Talk Whrite cooperative learning models. This type of research is classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of the stages of planning, action, observation / evaluation, and reflection. The sample of this study was fifth grade students of SD Negeri 2 Melinggih Kelod, totaling 10 people. Data of understanding students' science concepts were collected using the concept understanding test method. The collected data is then analyzed with quantitative descriptive analysis. The results of data analysis showed that the average percentage of students before the action was 64% with a classical completeness of 50%, in the first cycle I action increased to 73.8% with a medium criterion, and classical completeness by 70%, in the cycle II action the increase is more maximal than the average percentage of cycle II, which is 80% with high criteria and classical completeness of 90%. It can be concluded that by applying Think Talk Write cooperative learning model can improve the understanding of science concepts of fifth grade students of SD Negeri 2 Melinggih Kelod.
Keyword: Think Talk Write, conceptual underdstanding, science

Article Details

How to Cite
Astra Winaya, I. M., & Karianti, N. K. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD N. 2 MELINGGIH KELOD. Widya Accarya, 10(2). https://doi.org/10.46650/wa.10.2.770.%p
Section
Articles

References

Abdulgopuroke.2017. “Model pembelajaran Think Talk Write”. Tersedia : http://abdulgopuroke.blogspot.com/2017/02 /model-pembelajaran-thnk-talk-write-ttw.html.Diakses tanggal 15 Maret 2019

Arikunto,S. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta

Eka Prihatin(a). 2008..Guru Sebagai Fasilitator. Bandung:PT Karsa Mandiri Persada.

-------(b). 2008. Konsep Pendidikan. Bandung:PT Karsa Mandiri Persada.

Erik Istrada, Irvan. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Agung”. Tersedia : http:// radenintan repository.ac.id. Diakses tanggal 5 Mei 2019.

Muchlisin Riadi. 2014.“Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write”. Tersedia:// https//www.kajian pustaka.com . Diakses tanggal 16 Maret 2019

MGBK.SMP. Lumajang. 2016. “Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan”. Tersedia:.http://mgbksmplumajang.blogspot.com// 2016/03/ .Diakses tanggal 5 April 2019

Kosasih,E..2009.Menulis Karangan Ilmiah.Jakarta: Nobel Edumedia.
Nuril Hidayati. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Sel”.Artikel dalam jurnal Bioilmi Vol. 3 No. 2 Edisi Agustus 2017. Diakses tanggal 6 april 2019

Nurhayati Widya.2012. “Peningkatan Komunikasi Ilmiah Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Think Talk Write” Tersedia: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj. Diakses tanggal 7 april 2019

Sukidin. dkk. 2010.Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia
Suadninmath. 2012. “Model pembelajaran kooperatif”. Tersedia: https//suadinmath.wordpress.com,mod.Diakses tanggal 6 maret 2019

Sofiyatullah.2015.”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TTW (Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem di Kelas VII Mts Negeri Palimanan”. Tersedia: https://core.ac.uk./download/pdf/147420924.pdf. Diakses tanggal 30 Maret 2019

Suryani, E.dkk (2017). “Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Two-Tier Test Melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. Journal of 5(1), 56-65. Primary Education”, Tersedia://https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/12893 Diakses tanggal 5 April 2019

Tri Ernawati, Ni Komang. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN 1 Tegal Badeng Timur Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi”

Yuni Artini, Ni luh Gede .2016. “Penerapan Strategi TTW Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Keterampilan Berbicara Siswa kelas III SD N 2 Ubung Kaja tahun ajaran 2015/2016”. Skripsi

-----, 2018. “Pengertian Populasi Sampel dan Sampling dalam Penelitian menurut Para Ahli”. Tersedia: // www.sarjanaku.com. Diakses tanggal 6 April 2019

Winaya, I Made Astra. 2016. “Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N. 1 Selanbawak”. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN NO. 2085-0018 Maret 2016.

Winaya, I Made Astra. 2017. “Efektifitas Pengembangan Nilai-nilai Karakter pada Peserta Pasraman Kilat Tingkat Dasar di Desa Pakraman Selanbawak, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN NO. 2085-0018 Oktober 2017.

Winaya, I Made Astra. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Pembelajaran Tematik di SD Kelas III Gugus 6 Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali”. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN NO. 2085-0018 Oktober 2018.

Winaya, I Made Astra. 2019. “Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbantu Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Konsep “Trihitakarana” Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas III SD Dwijendra ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa”. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar Volume. 4, Nomor 1 April 2019. ISSN: 2527-5445. Tersedia dalam http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW