PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERILAKU AKADEMIK SISWA KELAS XI AKUTANSI SMK DWIJENDRA DENPASAR
Main Article Content
Abstract
The purpose of this study is to determine the application of character education in SMK Dwijendra Denpasar. In addition, the purpose of this study was to determine the effect of character education on the academic behavior of students of class XI Accounting SMK Dwijendra Denpasar. With the formulation of the problem proposed how the influence of the application of character education to the academic behavior of the students of class XI Akutansi SMK Dwijendra Denpasar? The type of this research is expost pacto research using mixed methods. The subjects of the study were students of class XI Akutansi SMK Dwijendra Denpasar which amounted to 47 people, while the research place was done at SMK Dwijendra Denpasar Lesson Year 2017/2018. Data collection techniques used are methods of observation, recording documents and interviews. Data analysis used include quantitative and qualitative data analysis. Analysis to testthe hypothesis used t-test that previously conducted the test data normality, homogeneity and linearity. Qualitative analysis includes data collection, data reduction, data presentation and data verification. Based on the results obtained from the qualitative analysis, that there is influence of the application of character education to students' academic behavior. The amount of influence that occurs from the application of character education conducted by the school is equal to 39.7%. The results obtained are supported by qualitative data that can be concluded that the application of character education has pangaruh on the development of academic behavior of students. The influence that occurs is a positive influence, so that students' academic behavior becomes more character. The conclusion is evident from the many indicators achieved from the application of character education. Thus, based on the conclusions of qualitative and quantitative data, the results of the application of character education in SMK Dwijendra Denpasar quite good. Keywords: Character Education, academic behavior Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter yang ada di SMK Dwijendra Denpasar. Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendidikan karakter terhadap perilaku akademik siswa kelas XI Akutansi SMK Dwijendra Denpasar. Dengan rumusan masalah yang diajukan bagaimanakah pengaruh penerapan pendidikan karakter terhadap perilaku akademik siswa kelas XI Akutansi SMK Dwijendra Denpasar? Jenis penelitian ini adalah penelitian expost pacto dengan menggunakan metode penelitian campuran (mixed methods). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Akutansi SMK Dwijendra Denpasar yang berjumlah 47 orang, sedangkan tempat penelitian dilakukan di SMK Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, pencatatan dokumen dan wawancara.Analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis untuk menguji hipotesis digunakan uji-t yang sebelumnya data dilakukan uji normalitas, homogenitas dan linieritas. Analisis kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis kualitatif, bahwa ada pengaruh penerapan pendidikan karakter terhadap perilaku akademik siswa. Adapun besarnya pengaruh yang terjadi dari penerapan pendidikan karakter yang dilakukan pihak sekolah adalah sebesar 39,7%. Hasil yang dieroleh tersebut didukung dengan data kualitatif yang dapat disimpulkan bahwa penerapan pendidikan karakter memiliki pangaruh terhadap perkembangan perilaku akademik siswa. Pengaruh yang terjadi merupakan pengaruh yang positif, sehingga perilaku akademik siswa menjadi lebih berkarakter. Simpulan tersebut terbukti dari banyaknya indikator yang tercapai dari penerapan pendidikan karakter. Dengan demikian, berdasarkan simpulan data kualitatif dan kuantitatif, maka hasil penerapan pendidikan karakter di SMK Dwijendra Denpasar tergolong baik. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Perilaku akademik
Article Details
How to Cite
SUJANA, I. G. (2017). PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERILAKU AKADEMIK SISWA KELAS XI AKUTANSI SMK DWIJENDRA DENPASAR. Widya Accarya, 8(2). https://doi.org/10.46650/wa.8.2.577.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Aunilah, Nurla Isna, 2011, Panduan Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah, Jogjakarta : Laksana
Kemendiknas, 2010, Panduan Penerapan Pendidikan Karakter, Jakarta : Pusat Kurikulum
-------, 2011, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Majelis, 2012, Kualitas Pendidikan Nasional, Jakarta : Bagian Penerbitan dan Hubungan Antar lembaga, Biro Hubungan Masyarakat, Setjen MPR RI
Megawangi, Ratna, 2007, Semua Berawal Pada Karakter, Jakarta : Lembaga Penerbit FE UI.
Mulyasa, H.E, 2011, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta : PT. Bumi Aksara
Muslich Masnur, 2011, Pendidikan Karakter (Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta : PT. Bumi Aksara
Zubaedi, 2011, Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Kemendiknas, 2010, Panduan Penerapan Pendidikan Karakter, Jakarta : Pusat Kurikulum
-------, 2011, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Majelis, 2012, Kualitas Pendidikan Nasional, Jakarta : Bagian Penerbitan dan Hubungan Antar lembaga, Biro Hubungan Masyarakat, Setjen MPR RI
Megawangi, Ratna, 2007, Semua Berawal Pada Karakter, Jakarta : Lembaga Penerbit FE UI.
Mulyasa, H.E, 2011, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta : PT. Bumi Aksara
Muslich Masnur, 2011, Pendidikan Karakter (Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta : PT. Bumi Aksara
Zubaedi, 2011, Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.