PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS X IPS3 SMA DWIJENDRA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Article Content

I GEDE SUJANA

Abstract

 Dari hasil observasi awal yang dilakukan terkait dengan motivasi dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PPKn ditemukan bahwa motivasi belajar siswa belum optimal. Hal ini dapat berimplikasi pada belum optimalnya penguasaan konsep siswa dalam belajar, dan berdampak pada hasil belajar PPKn, sehingga perlu diberikan model pembelajaran ARCS. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab persoalan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ARCS. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui  penerapan model  pembelajaran ARCS dalam  meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS3 SMA Dwijendra Denpasar tahun pelajaran 2015/2016. Model pembelajaran ini berkaloborasi dengan guru mata pelajaran PPKn kelas X  IPS3 SMA Dwijendra. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes, sedangkan analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model ARCS dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena dilihat dari hasil rata-rata kognitif siswa pada siklus I 78,98 dan ketuntasan klasikalnya 92,59% yang  berada pada kategori baik, sedangkan nilai kognitif rata-rata pada siklus II 84,98 dan ketuntasan klasikalnya 100%yang  berada pada kategori sangat baik. Dari uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARCS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS3 SMA Dwijendra Denpasar pada mata pelajaran PPKn tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci : Model pembelajaran ARCS, hasil belajar PPKn.

Article Details

How to Cite
SUJANA, I. G. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS X IPS3 SMA DWIJENDRA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Widya Accarya, 6(2). https://doi.org/10.46650/wa.6.2.301.%p
Section
Articles

References

Dantes, Nyoman, 2012, Metode Penelitian, Yogyakarta ; CV. Andi Offset
Dimyati. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Depdiknas.2003. Dektorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama. 2003. Pedoman Kontextual(CTL) Jakarta: Depdiknas.
Departemen pendidikan nasional, (2008).Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan, direktorat tenaga kependidikan , Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Hamdani, Nizar Alam dan Hermana Dody, 2008, Classroom Action Research, Jakarta ; Rahayasa.
http://learning.wordpres.com. 2010/03/08/ model-ARCS-Keller.(diakses pada 4 februari 2016)
Joice dan Weill, 1986.Model-model Pembelajaran.Jakarta: Dit. Pendidikan lanjutan pertama
Johnson, d.W.,& Johnson, R.T ,1991, Learrning together and alone : Cooperative, Competitive, and individualistic learning ( 3rd Ed.). Upper Saddle river, NJ: Prentice-Hall.
Nana Syaodih.(2002) .Perencanaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman, 2011, Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru), Jakarta ; PT. Raja Grafindo Persada.
Satori, Djam’an dan Aan Komariah, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung ; Alfabeta.
Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat, 2002, Metodologi Penelitian, Bandung ; Mandar Maju.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Slavin, R. ,1990, Cooperative Learning : Theory, Research ang Practice. Englewood Cliff, NJ: Prentice Hall.
Sudjana.2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rodaskarya.
Sukardi, 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya), Jakarta ; PT. Bumi Aksara.
Wena, Made. 2009. Strategi Model Pembelajaran Inovatif.Jakarta: PT Bumi Aksara
Wiriatmadja. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>