Pengembangan Media Permainan TESMA Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 6 Sumerta

Main Article Content

Ni Kadek Intan Kristina Dewi
Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media permainan TESMA berbasis pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 6 Sumerta yang layak diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan diadopsi dari model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yakni analisis (analyze), Desain (design), Pengembangan (development), Implementasi (implementation), Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini terdiri atas dua orang ahli media, dua orang ahli materi, serta pengguna yang terdiri dari 30 orang siswa dan dua orang guru yang merupakan guru di SD Negeri 6 Sumerta. Sedangkan objek penelitian ini meliputi validitas media permainan TESMA berbasis pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan minat belajar matematika. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi media dan materi, kuesioner kepraktisan media, dan kuesioner minat belajar matematika. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas materi mendapatkan hasil 0,84 dengan kriteria sangat tinggi, kemudian hasil uji validitas media mendapat hasil 0,91 dengan kriteria sangat tinggi, hasil uji kepraktisan dari dua orang praktisi mendapatkan skor rata-rata yakni 98% dengan kriteria sangat praktis, kemudian hasil uji efektivitas dari hasil kuesioner minat belajar matematika mendapatkan nilai rata-rata yaitu 83% dengan kriteria sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah media permainan TESMA berbasis pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dikembangkan telah memenuhi kriteria layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar.

Article Details

How to Cite
Ni Kadek Intan Kristina Dewi, & Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini. (2024). Pengembangan Media Permainan TESMA Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 6 Sumerta. Widya Accarya, 15(2), 161-168. https://doi.org/10.46650/wa.15.2.1584.161-168
Section
Articles

References

Afifah, N., Aini, K., & Isnaini, M. 2018. Hubungan Media Pembelajaran Komik Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan. Bioilmi: Jurnal Pendidikan. Tersedia pada halaman Web https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=media+permainan+untuk+meningkatkan+minat+belajar&btnG=. Diakses pada tanggal 16 Mei 2024
Jalal, Novita Maulidya. 2022. Persepsi Siswa Sekolah Dasar terhadap Mata Pelajaran Matematika saat Pandemi Covid-19. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School. Tersedia pada halaman Web https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/PiJIES/article/download/2591/1690. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2023.
Latif, Mukhtar. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Penandamedia Group. Jakarta: Kencana. Tersedia pada halaman Web https://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=9470&keywords. Diakses pada tanggal 14 April 2024
Murdika, Wijaya, dan Sugiarti. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Chemica. Tersedia pada halaman Web https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/6647 Diakses pada tanggal 16 Mei 2024.
Martharita Sari, Dian. 2021. Pngembangan Media Permainan Puzzel Geometri Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Repository UIN Raden Intan Lampung. Tersedia pada halaman Web http://repository.radenintan.ac.id/15149/. Diakses pada tanggal 26 November 2023
Prastiwi, Mahar & Dian Ihsan 2022. Karakteristik Siswa SD yang Perlu Diketahui Guru dan Orangtua. Tersedia pada halaman Web https://www. /edu/read/2022/11/29/151100471/karakteristik-siswa-sd-yang-perlu-diketahui-guru-dan-orangtua?page=all Diakses pada tanggal 25 November 2023
Priyaningsih, Sri & Suyono. 2020. Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal PRISMA. Tersedia pada halaman Web https://www.researchgate.net/publication/347375373_Penerapan_Metode_Permainan_untuk_Meningkatkan_Hasil_dan_Minat_Belajar_Matematika_Siswa_SMP. Diakses pada tanggal 27 November 2023.
Putri Amalia. 2019. Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di SD Negeri IV Gumiwang. E-Journal UNMA. Tersedia pada halaman Web https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/14. Diakses pada tanggal 14 April 2024.
Salivin, Robert E. 2015. Pembelajaran kooperatif di sekolah dasar. Jurnal Internasional Pendidikan Dasar, Dasar dan Tahun Awal Volume 43, 2015. Tersedia pada halaman Web https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/03004279.2015.963370 Diakses pada tanggal 2 November 2023.
Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Desertasi. Aswaja Pressindo, Yogyakarta. Tersedia pada halaman Web http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1788/. Diakses pada tanggal 4 November 2023
Siskawati, M., Pargito, P., & Pujiati, P. (2016). Pengembangan media pembelajaran monopoli untuk meningkatkan minat belajar geografi siswa. Jurnal studi sosial. Tersedia pada halaman Web file:///C:/Users/USER/Downloads/dafriansyah,+Journal+manager,+3.+Bioilmi+Vol.+4+No.+1+Januari+2018+-+Upload+3+(Page+9-13)+-+Artikel+21+Indo%20(1).pdf. Diakses pada tanggal 16 Mei 2024.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Winaya, I. M. A., Priantini, D. A. M. M. O., & Widiastuti, N. L. G. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Konsep Tri Hita Karana Untuk Pembelajaran Tematik Di SD Kelas III Gugus 6 Kecamatan Abiansemal, Badung, Bali. Widya Accarya, 9(2).

Winaya, I. M. A., & Karianti, N. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD N. 2 Melinggih Kelod. Widya Accarya, 10(2).