Widya Accarya http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya <p><strong>Widya Accarya</strong> is a scientific journal published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dwijendra, aims at providing scientific insights regarding various educational situations or interactions, of all level and types of education. The focus of the journal are: 1) Review of educational curriculum, 2) Review of learning materials, 3) Teaching media and teaching aids, 4) Teaching methods and strategies, 5) Teacher’s competencies, 6) Studies on learner’s and teacher’s development, 7) Educational institution management studies, 8) Characters, gender, and educational evaluation.</p> en-US <p>An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:</p> <ul> <li>Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons&nbsp;Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal</li> <li>Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.</li> <li>Author is &nbsp;permitted and encouraged to post his/her &nbsp;work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See&nbsp;<a href="http://opcit.eprints.org/oacitation-biblio.html">The Effect of Open Access</a>).</li> </ul> <p>Read more about the Creative Commons&nbsp;Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: <a href="https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/">https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/</a>.</p> jurnalaccarya@gmail.com (Jurnal Widya Accarya) swarnitiniti@gmail.com (Ni Wayan Swarniti, S.S., M.Hum) Wed, 30 Oct 2024 05:03:25 +0800 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Front Matter http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1587 Widya Accarya Copyright (c) 2024 Widya Accarya https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1587 Sun, 27 Oct 2024 15:27:02 +0800 Pemetaan Posisi Keunggulan Mutu Pembelajaran Sekolah Dasar Islam Menggunakan Multidimensional Scalling http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1541 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi keunggulan masing-masing SD Islam sehingga dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk memuaskan dan meningkatkan animo oramg tua siswa baru mempercayai anak mereka mendapatkan pendidikan di Sekolah Dasar Islam unggulan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui uji statistik multivariat <em>multidimensional scalling</em>. Kebaruan riset memadukan konsep keunggulan bersaing kinerja mutu intitusi pendidikan dasar Islam&nbsp; melalui posisioning&nbsp; <em>multidimensisional scalling</em> model. Populasi dalam penelitian seluruh masyarakat yang mempercayai pendidikan Sekolah Dasar Islam Unggulan di Klaten. <em>Purposive sampling</em> sebagai teknik pengambilan sampel dilakukan sejumlah 110 responden yaitu orang tua siswa. Atribut dalam kuesioner diadaptasi dari Wahyudin meliputi orientasi pasar, inovasi program, adaptabilitas lingkungan dan pengaruh keunggulan bersaing. SDIT Hidayah Blangwetan dan SDIT Ngawen menempati posisi kuadran Unggulan disusul empat SD Islam lain sebagai penantang. Luaran penelitian tercipta peta posisi masing-masing SD Islam sehingga muncul daya saing Sekolah Dasar Islam Unggulan di Klaten menyongsong era bonus demografi dan pertumbuhan ekonomi menuju generasi emas Indonesia di tahun 2045<em>.</em></p> Paramita Lea Christanti, Arif Julianto Sri Nugroho, Anis Marjukah, Hersulastuti, Cahaya Nugrahani Copyright (c) 2024 Paramita Lea Christanti, Arif Julianto Sri Nugroho, Anis Marjukah, Hersulastuti, Cahaya Nugrahani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1541 Tue, 29 Oct 2024 05:10:49 +0800 Peran Guru dalam Adaptasi dan Implementasi Kurikulum Merdeka http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1550 <p>Kurikulum Merdeka hadir sebagai angin segar bagi perubahan dunia pendidikan Indonesia yang menuntut adaptasi dan inovasi dari guru. Tujuan penelitian adalah mengkaji peran krusial bagi guru dalam beradaptasi dan mengimplemantasikan kurikulum antara lain; (1) Guru harus memahami secara mendalam filosofi dan dasar Kurikulum Merdeka, perubahan perspektif menggunakan pendekatan yang berpusat kepada peserta didik diperlukan untuk implementasinya. (2) Guru harus memperoleh kemampuan dan pedagogi baru. Kemampuan seperti penguasaan pembelajaran berdiferensiasi, penilaian yang akurat, dan penggunaan teknologi pendidikan yang efektif adalah contohnya. (3) Keberhasilan Kurikulum Merdeka bergantung pada kerja sama tim dalam membuat ekosistem belajar yang mendukung dan kondusif, guru wajib berkolaborasi dengan orangtua, dan komunitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data digunakan adalah studi dokumen. Analisis tematik digunakan sebagai teknik analisis data kualitatif untuk menganalisis data yang diperoleh dari studi dokumen. &nbsp;&nbsp;Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa peran guru menentukan strategi dan solusi praktis untuk membantu mereka beradaptasi dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan sukses. Peran guru dalam adaptasi dan implementasi Kurikulum Merdeka dapat dilakukan dengan memahami prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka; menyesuaikan diri dengan perubahan kurikulum; merancang pembelajaran yang berpusat harus pada peserta didik; mengikuti pelatihan dan pengembangan professional; bergabung dengan komunitas belajar; mencoba berbagai metode dan pendekatan pembelajaran; mencoba berbagai metode dan pendekatan pembelajaran; dan membangun komunikasi yang terbuka dengan orang tua dan pemangku kepentingan lainnya. Kontribusi hasil penelitian ini dapat mendorong optimalisasi peran guru dalam mewujudkan tujuan Kurikulum Merdeka guna menciptakan generasi muda Indonesia yang cerdas, berkarakter, dan siap berkontribusi bagi bangsa</p> Ni Ekawati Copyright (c) 2024 Ni Ekawati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1550 Tue, 29 Oct 2024 05:02:12 +0800 Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Project Based Learning Kelas XI SMAN 2 Semarang http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1552 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model <em>Project Based Learning</em> terhadap keterampilan berpikir kreatif dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran <em>Project Based Learning</em>. Jenis penelitian yang digunakan adalah <em>pre-eksperimental</em> dan desain penelitian <em>One Group Pretest-Posttest Design</em>. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI di SMA N 2 Semarang dan sampel terdiri dari 36 siswa yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen hasil nilai <em>pretest-posttest</em> siswa yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif. Hasil pretest diperoleh rata-rata yaitu 54,72. Selanjutnya peneliti memberikan perlakuan model pembelajaran <em>project based</em> learning didapatkan rata rata 88,02. Hasil analisis uji-t didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil <em>pretest dan posttest</em>. menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang diajarkan melalui model pembelajaran <em>project based learning</em> dapat berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kreatif (P_value &lt; 0,05), Pembelajaran matematika yang diajarkan melalui model pembelajaran <em>project based learning</em> dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif matematis dikategori tinggi (N_gain = 0,72). . Dengan demikian, terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran berbasis proyek dalam kategori tinggi peningkatannya</p> Aulia Irvana Ramadhani, Nizarrudin, Rasiman Copyright (c) 2024 Aulia Irvana Ramadhani, Nizarrudin, Rasiman https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1552 Tue, 29 Oct 2024 04:28:59 +0800 Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Dear Nathan Thank You Salma Karya Kuntz Agus http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1554 <p>Peneliti mengangkat judul ini karena nilai-nilai pendidikan karakter harus digali sejak usia produktif dan salah satu media komunikasi yang efektif dalam menggali nilai karakter adalah film. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam film <em>dear Nathan thank you Salma </em>karya Kuntz Agus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Objek penelitian ini ialah film <em>dear Nathan thank you Salma </em>karya Kuntz Agus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah teknik utama dokumen dengan berbantuan teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan mencari teks dialog percakapan yang mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film <em>dear Nathan thank you Salma </em>karya Kuntz Agus ialah nilai religius, jujur, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, cinta damai, peduli sosial, dan bertanggung jawab.</p> Yurista Fatinah, Suhardi, Legi Elfitra, Dody Irawan, Tessa Dwi Leoni, Zaitun Copyright (c) 2024 Yurista Fatinah, Suhardi, Legi Elfitra, Dody Irawan, Tessa Dwi Leoni, Zaitun https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1554 Tue, 29 Oct 2024 05:05:18 +0800 Pengembangan Media Pembelajaran Bina Purak (Bahasa Indonesia Puisi Rakyat) Berbantuan Lumio Pada Materi Puisi Rakyat Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1555 <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran Bina Purak (bahasa Indonesia puisi rakyat) pada materi puisi rakyat siswa kelas VII sekolah menengah pertama. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media Bina Purak (bahasa Indonesia puisi rakyat) .Model yang digunakan dalam penelitian ini 4D hingga tahap pengembangan. Ahli Media pembelajaran telah dinilai oleh dua ahli, yaitu ahli media dan ahli materi. Uji coba media ini dilakukan pada dua kelompok siswa, yaitu 5 siswa untuk kelompok kecil dan 33 siswa untuk kelompok besar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu wawancara, angket validasi media oleh ahli media dan ahli materi, serta angket kepraktisan media oleh siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan dua teknik, yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah produk media Bina Purak (bahasa Indonesia puisi rakyat) dengan persentase validasi ahli media mendapat rata-rata 90% dengan kualifikasi “sangat valid” dan validasi materi mendapat rata-rata 82% dengan kualifikasi “sangat valid”. Selain itu, penelitian ini dilakukan uji coba kepada siswa dengan persentase 92% dengan kualifikasi “sangat praktis” pada kelompok kecil dan persentase 86% dengan kualifikasi “sangat praktis” pada kelompok besar.</p> Desri Yana Ranap Lumbantoruan, Harry Andheska, Siti Habiba, Legi Elfitra, Isnaini Leo Shanty, Asri Lolita, Yunisa Oktavia Copyright (c) 2024 Desri Yana Ranap Lumbantoruan, Harry Andheska, Siti Habiba, Legi Elfitra, Isnaini Leo Shanty, Asri Lolita, Yunisa Oktavia https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1555 Tue, 29 Oct 2024 04:58:08 +0800 Inovasi Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) Terhadap Peserta Didik http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1556 <p>Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan inovasi pembelajaran paradigma baru melalui pendekatan <em>Teaching at The Right Level </em>(TaRL) pada mata pelajaran Matematika di SMK Negeri 2 Semarang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran, informan adalah guru Matematika SMK Negeri 2 Semarang, dokumen terkait dengan pembelajaran paradigma baru melalui pendekatan TaRL. Teknik pengumpulan data dengan triangulasi sumber berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran paradigma baru melalui pendekatan TaRL sesuai dengan tahap-tahap pendekatan TaRL yakni melaksanakan asesmen, menyusun rancangan pembelajaran dan pelaksanaannya,serta melakukan refleksi dan evaluasi terhadap pembelajaran.</p> Diah Putri Wulandari, Sugiyanti, Risma Budiarti, Rizky Esti Utami Copyright (c) 2024 Diah Putri Wulandari, Sugiyanti, Risma Budiarti, Rizky Esti Utami https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1556 Tue, 29 Oct 2024 04:41:11 +0800 Pengembangan Media Interaktif Papertika (Papan Perkalian Matematika) Berbasis Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Sumerta http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1558 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis <em>jigsaw </em>untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Negeri 6 Sumerta yang layak diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE diadopsi dari Dick and Carry tahun 1996 yang terdiri atas lima tahapan yakni analisis (<em>analyze</em>), Desain (<em>design</em>), Pengembangan (<em>development</em>), Implementasi (<em>implementation</em>), Evaluasi (<em>Evaluation</em>). Subyek penelitian terdiri atas 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, serta pengguna yang terdiri dari 28 orang siswa dan 3 orang guru. Sedangkan objek penelitian ini meliputi validitas media interaktif PAPERTIKA berbasis <em>jigsaw</em> untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner validasi media dan materi, kuesioner kepraktisan media, dan tes pemahaman konsep matematika. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas media mendapatkan hasil 0,70 dengan kriteria valid, kemudian hasil uji validitas materi mendapat hasil 0,84 dengan kriteria valid, hasil uji kepraktisan dari 3 orang praktisi mendapatkan skor rata-rata yakni 96,25% dengan kriteria sangat praktis, kemudian hasil uji efektivitas dari hasil tes pemahaman konsep matematika mendapatkan nilai rata-rata yaitu 87 dengan kriteria sangat baik. Simpulan penelitian ini adalah media interaktif PAPERTIKA berbasis <em>jigsaw</em> yang dikembangkan telah memenuhi kriteria layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD.</p> Ni Made Widiastini, Ni Luh Gede Karang Widiastuti Copyright (c) 2024 Ni Made Widiastini, Ni Luh Gede Karang Widiastuti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1558 Tue, 29 Oct 2024 05:12:07 +0800 Kajian Sistematis: Bagaimana Tren Pembelajaran Biologi Saat dan Pascapandemi Covid-19? http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1561 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian sistematis tentang tren pembelajaran biologi saat dan pascapandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan <em>Systematic Literature Review (SLR)</em> dengan menggunakan database artikel <em>Google Scholar</em> yang dipublikasikan di tahun 2021 dan 2022. Terdapat 15 artikel yang memenuhi kriteria dan dianalisis pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 7 publikasi penelitian di tahun 2021 dan 8 publikasi penelitian di tahun 2022. Dalam hal desain penelitian, kuasi eksperimen merupakan desain penelitian yang paling banyak dilakukan. Desain penelitian lain seperti kualitatif, PTK, R&amp;D, dan lainnya juga dilakukan. Hal itu menunjukkan bahwa peneliti di Indonesia berupaya untuk tetap melangsungkan pembelajaran yang efektif di tengah pandemi Covid-19. Temuan penting penelitian yang dianalisis menujukkan bahwa pembelajaran online, blended, penggunaan LMS, dan implementasi model dan perangkat pembelajaran inovatif memberikan dampak positif pada proses dan hasil pembelajaran. Di samping itu, terdapat pula kendala yang dihadapi terkait infrastruktur pembelajaran online dan karakteristik materi pembelajaran. Oleh karena itu, para guru harus mempertimbangkan ketersediaan infrastruktur pembelajaran online dan karakteristik materi ketika akan menentukan moda pembelajaran. Penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk memperluas database artikel yang dianalisis dan durasi penerbitan artikel sehingga dapat memberikan hasil yang lebih komprehensif.</p> Ni Kadek Elmi Paramita, Skolastika Bulu, I Made Surya Hermawan -, Ida Bagus Ari Arjaya, I Made Diarta Copyright (c) 2024 Ni Kadek Elmi Paramita, Skolastika Bulu, I Made Surya Hermawan -, Ida Bagus Ari Arjaya, I Made Diarta https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1561 Tue, 29 Oct 2024 04:59:27 +0800 Model Pembelajaran Paired Story Telling dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1562 <p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran <em>paired story telling</em> terhadap kemahiran menulis cerita fantasi sederhana siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tanjungpinang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan metode yang digunakan adalah kuantitatif. Data pada penelitian ini berupa kemahiran menulis cerita fantasi siswa menggunakan model pembelajaran <em>paired story telling</em> di SMP Negeri 7 Tanjungpinang. Sumber data penelitian adalah kemahiran menulis <em>pretest</em> dan <em>posttest</em> peserta didik yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran <em>paired story telling</em> dan tidak diberi perlakuan. Adapun subjek peserta didik dalam penelitian ini berjumlah 27 orang dan sampel penelitian dua kelompok yaitu eksperimen dan kontrol. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran <em>paired story telling</em> terhadap kemahiran menulis cerita fantasi, yang ditunjukkan dengan uji non parametric menggunakan uji mann whitney dengan taraf Asymp. Sig (2-tailed) 0,045&lt;0,05 yang berrati Ho ditolak Ha diterima. Dengan Demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemahiran menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tanjungpinang tahun ajaran 2023/2024.</p> Enggy Oktavyani, Harry Andheska, Asri Lolita Copyright (c) 2024 Enggy Oktavyani, Harry Andheska, Asri Lolita https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1562 Tue, 29 Oct 2024 05:06:58 +0800 Strategi Guru PPKn Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran E-Learning kelas XII IPS Di SMA Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2022/2023 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1572 <p>Strategi pembelajaran merupakan salah satu cara yang digunakan guru dalam penyampaikan materi pelajaran. Penelitian bertujuan untuk menanalisi Strategi Guru PPKn Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran E-Learning&nbsp; Kelas XI IPS Di SMA Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi dan analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Dwijendra denpasar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Strategi guru untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran e-learning adalah sebagai berikut: (1).Guru berusaha mencari metode untuk menumbuhkan minat siswa agar mau belajar dengan cara yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran secara daring. Metode games dilakukan jika guru melihat siswa mulai jenuh, gelisah dan tidak fokus memperhatikan guru saat belajar dalam jaringan, salah satu game yang digunakan yaitu game fokus. (2). Guru memberikan penghargaan untuk siswa yang memperhatikan guru dalam pembelajaran. Penghargaan dapat berupa tambahan skor dalam bentuk bintang, acungan jempol, tepuk tangan, atau kata-kata motivasi untuk membangkitkan minat belajar siswa. Dengan adanya pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi ini membuat siswa menjadi berlomba-lomba untuk mendapatkannya, hal ini juga sangatlah menarik perhatian, semangat, dan antusias serta minat siswa dalam belajar. (3). Guru memperhatikan siswa melalui pembelajaran dalam jaringan yaitu diawal pembelajaran guru selalu menanyakan sudah berdoa, sudah sarapan, guru juga selalu memberikan wajah tersenyum, ceria agar siswa senang melihatnya. Jika siswa tidak memperhatikan pembelajaran,guru menegur siswa. Saat siswa mulai jenuh dalam belajar guru juga melakukan ice breaking agar siswa bersemangat dan berminat lagi mengikuti pembelajaran dalam jaringan.</p> I Made Sila, I Nengah Suweta, Rudi Ana Pali Copyright (c) 2024 I Made Sila, I Nengah Suweta, Rudi Ana Pali https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1572 Tue, 29 Oct 2024 05:08:32 +0800 Peranan Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran PPKn http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1573 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman selama ini, siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar-mengajar. Siswa cenderung tidak tertarik mengikuti pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Selama ini PPKn dianggap sebagai pelajaran yang hanya mementingkan hafalan semata, kurang menekankan aspek penalaran, sehingga menyebabkan rendahnya keaktifan belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa di sekolah. Pada umumnya guru selalu beranggapan, bahwa dirinya merupakan satu-satunya sumber belajar di kelas. Penelitian yang peneliti lakukan disini adalah penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Dwijendra Denpasar dan informan dalam penelitian ini adalah Guru PPKn Kelas VIII SMP Dwijendra dan beberapa siswa kelas VIII SMP Dwijendra. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam pembahasannya digunakan metode deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terjadi dilapangan secara sistematis. Berdasarkan hasil keseluruhan dari wawancara dengan guru PPKn serta tabulasi hasil wawancara, observasi, dan analisis dokumen yang berupa RPP mata pelajaran PPKn kelas VIII SMP Dwijendra mengenai peranan guru PPKn dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PPKn maka diperoleh hasil, bahwa peran guru PPKn dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PPKn berperan sebagai pengajar. Peranan guru PPKn dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PPKn lebih berperan selaku mediator dan fasilitator.</p> Ni Putu Ika Putri Sujianti, Geraldine Thirdaswari Adnyana, I Wayan Kandia Copyright (c) 2024 Ni Putu Ika Putri Sujianti, Geraldine Thirdaswari Adnyana, I Wayan Kandia https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1573 Tue, 29 Oct 2024 05:03:11 +0800 Implementasi Manajemen Pendidikan Yang Efektif Untuk Mewujudkan Visi Dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan Di Indonesia http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1580 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi dan penerapan manajemen pendidikan yang efektif dalam mendukung pencapaian visi dan misi sekolah menengah kejuruan (SMK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui tinjauan literatur yang bersumber dari jurnal ilmiah dan buku yang berkaitan dengan manajemen pendidikan khususnya di sekolah menengah kejuruan (SMK). Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan di SMK memiliki peran kunci dalam pembangunan bangsa dengan mempersiapkan lulusan yang kompeten untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri. Untuk mencapai tujuan ini, penting dilakukan manajemen pendidikan yang efektif, termasuk peningkatan kompetensi guru melalui kemitraan dengan industri dan program pelatihan yang relevan. Manajemen sarana dan prasarana juga penting untuk menunjang proses pembelajaran yang efektif. Selain itu, manajemen keuangan yang efektif sangat diperlukan agar SMK dapat mencapai visi dan misi pendidikan secara optimal. Kurangnya koordinasi antara pemerintah, sekolah, industri, dan masyarakat dapat menghambat kesesuaian program pendidikan SMK dengan kebutuhan lapangan kerja, sehingga perlu adanya upaya koordinasi yang lebih baik di antara mereka.</p> I Wayan Aryawan, Anak Agung Mirah Setia Pertiwi Copyright (c) 2024 I Wayan Aryawan, Anak Agung Mirah Setia Pertiwi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1580 Tue, 29 Oct 2024 04:52:32 +0800 Pengembangan Media Permainan TESMA Berbasis Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 6 Sumerta http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1584 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa media permainan TESMA berbasis pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 6 Sumerta yang layak diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan diadopsi dari model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yakni analisis (<em>analyze</em>), Desain (<em>design</em>), Pengembangan (<em>development</em>), Implementasi (<em>implementation</em>), Evaluasi (<em>Evaluation</em>). Subyek penelitian ini terdiri atas dua orang ahli media, dua orang ahli materi, serta pengguna yang terdiri dari 30 orang siswa dan dua orang guru yang merupakan guru di SD Negeri 6 Sumerta. Sedangkan objek penelitian ini meliputi validitas media permainan TESMA berbasis pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan minat belajar matematika. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi media dan materi, kuesioner kepraktisan media, dan kuesioner minat belajar matematika. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas materi mendapatkan hasil 0,84 dengan kriteria sangat tinggi, kemudian hasil uji validitas media mendapat hasil 0,91 dengan kriteria sangat tinggi, hasil uji kepraktisan dari dua orang praktisi mendapatkan skor rata-rata yakni 98% dengan kriteria sangat praktis, kemudian hasil uji efektivitas dari hasil kuesioner minat belajar matematika mendapatkan nilai rata-rata yaitu 83% dengan kriteria sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah media permainan TESMA berbasis pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dikembangkan telah memenuhi kriteria layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar.</p> Ni Kadek Intan Kristina Dewi, Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini Copyright (c) 2024 Ni Kadek Intan Kristina Dewi, Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/1584 Tue, 29 Oct 2024 05:00:24 +0800