Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dalam upaya peningkatan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan (library research). Sumber data diperoleh melalui beberapa artikel, buku, dan dokumen lainnya. Pengumpulan dilaksanakan dengan penetapan kriteria inklusi dalam pemilihan artikel yaitu artikel yang berindeks sinta, dan telah terpublikasi selama maksimal 10 tahun. Data tersebut dipilih melalui instrumen check list serta dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa di jenjang pendidikan dasar, jenjang menengah pertama, dan jenjang pendidikan menengah atas. Oleh karena itu, implikasi dari penelitian ini adalah pendidik maupun peneliti selanjutnya dapat memahami bagaimana penerapan serta mengadaptasi teori empiris terkait model pembelajaran student facilitator and explaining untuk diimplementasikan pada pembelajaran IPA di kelasnya
Article Details
How to Cite
Ni Putu Juni Artini, Luh Tu Selpi Wahyuni, & Irwan Febryan. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa. Widya Accarya, 14(2), 185-193. https://doi.org/10.46650/wa.14.2.1467.185-193
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Ani, Y. (2013). Penilaian Autentik Dalam Analia, M., & Ramli. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Berbantuan Media Papan Buletin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SDN-2 Langkai Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas Jurnas Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 38–42.
Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 193–203. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI
Aulia, J., Dian Permana, N. P., Zarkasih, & Lidya Nova, T. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Komik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 70–76.
Fatimah, S., Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2022). Penerapan Model Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas XI SMA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(3), 300–309. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i3.26866
Gompi, M., Bito, N., & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Sisiwa Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3287–3295. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1739
Hakim, L., & US, S. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 4(1), 11–17.
Harahap, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatan Hasil Belajar. Jurnal Tarombo Pendidikan Sejarah (IPTS), 1(3), 71–76.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Kuhltau, C. C. (2002). Teaching The Library Research. Scarecrow Press Inc.
Malik, A., Vitriani, & Minan Chusni, M. M. (2018). Improving Students’ Critical-Thinking Skills Through Student Facilitator and Explaining Model in Momentum and Impulse Topic. JPPPF: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.21009/1
Marini, J. H., Nahak, R. L., & Benu, A. Y. (2020). Perbedaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dengan Model Pembelajaran Demonstration Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Oetete 3 Kota Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 79–90.
Mudarini, K. A. H., Sumantri, M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Berbantuan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–7.
Mustika, T., & Irawan, A. (2017). Analisis Motivasi Dan Aktivitas Siswa Melalui Student Facilitator And Explaining Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Indra Makmur. Jurnal Jeumpa, 4(1).
Nabila, N., Harjono, A., & Ermiana, I. (2021). Pengaruh Keterampilan Proses IPA Kelas IV dengan Model Student Facilitator and Explaining (SFE). BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 01(1), 24–30. http://journal.moripublishing.com/index.php/biochephy
Ningrum, Y., & Setiawan, D. S. (2016). Penerapan Model Student Fasilitator and Explaining Menggunakan Media Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Kelas VIII. Bioedukasi, XIV (2), 1–5.
Ningsih, M., Sumarwiyah, & Setiawan, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Rotar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 74–79.
Nurjanah, & Hartini, T. I. (2022). Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dalam Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8359–8367. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3807
Pertiwi, W., Sanjaya, L., Puspa, D., Ilmi, N., Kartini, Hasanah, H., Winarko, H., Rasmi, D., Rasimin, Ash-Shiddiqy, A., Qoiriyah, W., & Sianipar, L. (2021). Implementation of student facilitator learning and explain (SFE) model to improve activity and learning outcomes. AIP Conference Proceedings.
Pratama, I. P. W., Suwatra, Ign. W., & Wibawa, I. M. C. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 32–39. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1
Rambe, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and explaining Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 200101 Padangsidimpuan T.A. 2021/2022. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan, 1(1), 1–10.
Rialinsani, H., & Rustopo. (2019). Keefektifan Model Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Perpindahan Kalor di Sekitar Kita. International Journal of Elementary Education, 3(2), 226–232. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Rianti, L., & Nulhakim, L. (2017). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD, 3(1), 64–73.
Riyandi, N., Khausar, & Rahman, A. A. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Krueng Itam Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia, XII (1), 54–61.
Rodiyana, R. (2018). Analisis Model Cooperative Learning Type Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 87–97.
Sabo, H., & Fadhilah, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas XI IPA MA Negeri Tana Toraja. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 43–50.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana Prenada Media Grup.
Sari, S. A., Nasution, E. Y. P., & Laswadi. (2020). Penerapan Model Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Media Poster untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(01), 105–118.
Sarini, N. K., Sudana, D. N., & Riastini, P. N. (2018). Hasil Belajar IPA Kelas IV SD di Gugus II Santalia Melalui Tutor Sebaya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 94–102.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. AR-RUZZ MEDIA.
Widiantono, N., & Harjono, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 199–213.
Widiasih, L. S., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 135–141.
Windarti B. H., H., Sundara, K., & Hafsah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Info Artikel Abstrak. CIVICUS: Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 31–37.
Yanto, Y., & Juwita, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(1), 53–60. https://doi.org/10.31539/judika.v1i1.247
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (Edisi ke-1). Yayasan Obor Indonesia
.
Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 193–203. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI
Aulia, J., Dian Permana, N. P., Zarkasih, & Lidya Nova, T. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Komik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 70–76.
Fatimah, S., Panjaitan, R. G. P., & Wahyuni, E. S. (2022). Penerapan Model Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas XI SMA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(3), 300–309. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i3.26866
Gompi, M., Bito, N., & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Sisiwa Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3287–3295. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1739
Hakim, L., & US, S. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 4(1), 11–17.
Harahap, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatan Hasil Belajar. Jurnal Tarombo Pendidikan Sejarah (IPTS), 1(3), 71–76.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Kuhltau, C. C. (2002). Teaching The Library Research. Scarecrow Press Inc.
Malik, A., Vitriani, & Minan Chusni, M. M. (2018). Improving Students’ Critical-Thinking Skills Through Student Facilitator and Explaining Model in Momentum and Impulse Topic. JPPPF: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.21009/1
Marini, J. H., Nahak, R. L., & Benu, A. Y. (2020). Perbedaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dengan Model Pembelajaran Demonstration Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Oetete 3 Kota Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 79–90.
Mudarini, K. A. H., Sumantri, M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengaruh Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Berbantuan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–7.
Mustika, T., & Irawan, A. (2017). Analisis Motivasi Dan Aktivitas Siswa Melalui Student Facilitator And Explaining Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Indra Makmur. Jurnal Jeumpa, 4(1).
Nabila, N., Harjono, A., & Ermiana, I. (2021). Pengaruh Keterampilan Proses IPA Kelas IV dengan Model Student Facilitator and Explaining (SFE). BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 01(1), 24–30. http://journal.moripublishing.com/index.php/biochephy
Ningrum, Y., & Setiawan, D. S. (2016). Penerapan Model Student Fasilitator and Explaining Menggunakan Media Peta Konsep Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Kelas VIII. Bioedukasi, XIV (2), 1–5.
Ningsih, M., Sumarwiyah, & Setiawan, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Student Facilitator and Explaining Berbantuan Media Rotar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 74–79.
Nurjanah, & Hartini, T. I. (2022). Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dalam Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8359–8367. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3807
Pertiwi, W., Sanjaya, L., Puspa, D., Ilmi, N., Kartini, Hasanah, H., Winarko, H., Rasmi, D., Rasimin, Ash-Shiddiqy, A., Qoiriyah, W., & Sianipar, L. (2021). Implementation of student facilitator learning and explain (SFE) model to improve activity and learning outcomes. AIP Conference Proceedings.
Pratama, I. P. W., Suwatra, Ign. W., & Wibawa, I. M. C. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 32–39. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1
Rambe, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and explaining Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 200101 Padangsidimpuan T.A. 2021/2022. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan, 1(1), 1–10.
Rialinsani, H., & Rustopo. (2019). Keefektifan Model Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Perpindahan Kalor di Sekitar Kita. International Journal of Elementary Education, 3(2), 226–232. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Rianti, L., & Nulhakim, L. (2017). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD, 3(1), 64–73.
Riyandi, N., Khausar, & Rahman, A. A. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Krueng Itam Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia, XII (1), 54–61.
Rodiyana, R. (2018). Analisis Model Cooperative Learning Type Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 87–97.
Sabo, H., & Fadhilah, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas XI IPA MA Negeri Tana Toraja. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 43–50.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Kencana Prenada Media Grup.
Sari, S. A., Nasution, E. Y. P., & Laswadi. (2020). Penerapan Model Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Media Poster untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(01), 105–118.
Sarini, N. K., Sudana, D. N., & Riastini, P. N. (2018). Hasil Belajar IPA Kelas IV SD di Gugus II Santalia Melalui Tutor Sebaya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 94–102.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. AR-RUZZ MEDIA.
Widiantono, N., & Harjono, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 199–213.
Widiasih, L. S., Suarjana, I. M., & Renda, N. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SFAE Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 135–141.
Windarti B. H., H., Sundara, K., & Hafsah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explining (SFAE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Info Artikel Abstrak. CIVICUS: Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 31–37.
Yanto, Y., & Juwita, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(1), 53–60. https://doi.org/10.31539/judika.v1i1.247
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (Edisi ke-1). Yayasan Obor Indonesia
.