Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pendidikan pada hakekatnya merupakan syarat mutlak bagi pengembangan sumber daya manusia dalam menuju masa depan yang lebih baik. Ketrampilan abad 21 menitikberatkan kepada kemampuan untuk berpikir kritis, menyelesaikan masalah, komunikasi, dan kerjasama yang merupakan bagian dari HOTS (High Order Thinking Skills) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat perlu dimiliki oleh peserta didik sebagai bekal dalam menghadapi tantangan global. Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang menuntut aktivitas mental peserta didik untuk memahami suatu konsep pembelajaran melalui situasi dan masalah yang disajikan. Melalui PBL siswa dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Kemampuan yang dimaksud diantaranya berpikir kritis, inovatif, dan kreatif. Ketika PBL berlangsung, peserta didik dituntut untuk mampu menyelesaikan masalah sendiri dan bekerja mandiri, sehingga peserta didik dapat mengembangkan berpikir kritisnya. Peserta didik dapat dilatih mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dan pola berpikir kreatif.
Pendidikan pada hakekatnya merupakan syarat mutlak bagi pengembangan sumber daya manusia dalam menuju masa depan yang lebih baik. Ketrampilan abad 21 menitikberatkan kepada kemampuan untuk berpikir kritis, menyelesaikan masalah, komunikasi, dan kerjasama yang merupakan bagian dari HOTS (High Order Thinking Skills) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi yang sangat perlu dimiliki oleh peserta didik sebagai bekal dalam menghadapi tantangan global. Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang menuntut aktivitas mental peserta didik untuk memahami suatu konsep pembelajaran melalui situasi dan masalah yang disajikan. Melalui PBL siswa dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Kemampuan yang dimaksud diantaranya berpikir kritis, inovatif, dan kreatif. Ketika PBL berlangsung, peserta didik dituntut untuk mampu menyelesaikan masalah sendiri dan bekerja mandiri, sehingga peserta didik dapat mengembangkan berpikir kritisnya. Peserta didik dapat dilatih mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dan pola berpikir kreatif.
Article Details
How to Cite
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61-69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gaya Media.
Darwati, Mas & Mahendra, Putu Ronny Angga. (2019). Efektivitas Pembelajaran PPKn Berbasis Teknohumanistik Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas X Jasa Boga 2 SMK Prshanti Nilayam Kuta Tahun Pelajaran 2017/2018. Singaraja: FHIS Universitas Pendidikan Ganesha.
Duch, B.J. et al. (2001). The Power of Problem Based Learning. Sterling : Stylus Publishing.
Emi Rofiah, dkk. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan IPA Vol. 7 No. 2 Universitas Sebelas Maret.
Falwi Uji Flamboyan, dkk. (2018). Pengaruh Model Based Learning Terhadap High Order Thinking Skills Peserta Didik SMA Negeri di Kota Singkawang pada Materi Hukum Archimedes. Jurnal Variabel Vol. 1 No. 2 STKIP Singkawang.
Farida, dkk. (2015). Potensi Sintaks Pembelajaran Problem Based Learning Metakoginitif Dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Sains. Universitas Kristen Satya Wacana.
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madawi.
Kartika, I. M., Angga Mahendra, P. R., & Awa, V. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan KetrampilanBerpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Locus Delicti, 1(1), 1-10. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JLD/article/view/187
Santika, I. G. N., Sujana, G., & Winaya., M. A. (2019). Membangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia Melalui Refleksi Perjalanan Historis Pancasila Dalam Perspektif Konflik Ideologis. Jurnal Etika Demokrasi (JED). 4 (2), 89-98. https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2391
Krisna, Evi Dwi, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Pertanyaan Metakognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika. 2:1-11.
Mahendra, Putu Ronny Angga. Pembelajaran PPKn dalam Resonansi Kebangsaan dan Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Mahendra, Putu Ronny Angga. Memperkuat Kesadaran Bela Negara Dengan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Perspektif Kekinian. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Mira, Safrida., dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumemume Kecamatan Kaway XI. Jurnal Bina Gogik Vol. 7 No. 1.
Nur, M. (2011). Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya : PSMS Unesa.
Rahmayanti, Esty. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Santika, I Gusti Ngurah. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1).
Santika, I. G. N. (2020). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Jawa Tengah: Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (2), 127-137. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).
Subandiyah, Heny, dkk. (2010). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction).
Sudarman. (2007). Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol.2 No.2 Maret 2017.
Tomi Utomo, Dwi Wahyuni dan Slamet Hariyadi. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (siswa Kelas VIII Semster Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi UNEJ 2014,I (1) : 5-9.
Wood, D.F. (2003). ABC of learning and teaching in medicine: Problem Based Learning.
Clinical review: BMJ Volume 326.
Darwati, Mas & Mahendra, Putu Ronny Angga. (2019). Efektivitas Pembelajaran PPKn Berbasis Teknohumanistik Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas X Jasa Boga 2 SMK Prshanti Nilayam Kuta Tahun Pelajaran 2017/2018. Singaraja: FHIS Universitas Pendidikan Ganesha.
Duch, B.J. et al. (2001). The Power of Problem Based Learning. Sterling : Stylus Publishing.
Emi Rofiah, dkk. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan IPA Vol. 7 No. 2 Universitas Sebelas Maret.
Falwi Uji Flamboyan, dkk. (2018). Pengaruh Model Based Learning Terhadap High Order Thinking Skills Peserta Didik SMA Negeri di Kota Singkawang pada Materi Hukum Archimedes. Jurnal Variabel Vol. 1 No. 2 STKIP Singkawang.
Farida, dkk. (2015). Potensi Sintaks Pembelajaran Problem Based Learning Metakoginitif Dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Sains. Universitas Kristen Satya Wacana.
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madawi.
Kartika, I. M., Angga Mahendra, P. R., & Awa, V. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan KetrampilanBerpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Locus Delicti, 1(1), 1-10. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JLD/article/view/187
Santika, I. G. N., Sujana, G., & Winaya., M. A. (2019). Membangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia Melalui Refleksi Perjalanan Historis Pancasila Dalam Perspektif Konflik Ideologis. Jurnal Etika Demokrasi (JED). 4 (2), 89-98. https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2391
Krisna, Evi Dwi, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Pertanyaan Metakognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika. 2:1-11.
Mahendra, Putu Ronny Angga. Pembelajaran PPKn dalam Resonansi Kebangsaan dan Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Mahendra, Putu Ronny Angga. Memperkuat Kesadaran Bela Negara Dengan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Perspektif Kekinian. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Mira, Safrida., dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumemume Kecamatan Kaway XI. Jurnal Bina Gogik Vol. 7 No. 1.
Nur, M. (2011). Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya : PSMS Unesa.
Rahmayanti, Esty. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Santika, I Gusti Ngurah. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1).
Santika, I. G. N. (2020). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Jawa Tengah: Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (2), 127-137. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).
Subandiyah, Heny, dkk. (2010). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction).
Sudarman. (2007). Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol.2 No.2 Maret 2017.
Tomi Utomo, Dwi Wahyuni dan Slamet Hariyadi. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (siswa Kelas VIII Semster Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi UNEJ 2014,I (1) : 5-9.
Wood, D.F. (2003). ABC of learning and teaching in medicine: Problem Based Learning.
Clinical review: BMJ Volume 326.