REDESAIN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ECO-TECH

  • Verianto Noventri Universitas Palangka Raya
  • Petrisly Perkasa Universitas Palangka Raya
  • Ni Putu Diah Agustin Permanasuri Universitas Palangka Raya
Keywords: Arsitektur Eco-Tech, Perpustakaan, Universitas Palangka Raya

Abstract

Universitas Palangka Raya, Jl. Yos Sudarso - Palangka Raya, 74874 Perpustakaan merupakan salah satu penunjang dalam bentuk sarana dan fasilitas untuk pendidikan, perpustakaan memiliki peran yang penting terutama pada jenjang perguruan tinggi. Keberadaan perpustakaan sendiri tentu harus memberi kesan kenyaman baik dilihat dari dalam ataupun luar ruangan oleh pemustaka. Universitas Palangka Raya, saat ini jika dilihat dari kondisi fisik perpustakaan dapat dikatakan tidak memberikan kesan menarik serta kenyaman untuk sebuah perpustakaan dan menyebabkan rendahnya minat baca mahasiswa atau pemustaka yang datang. Adapun tujuan penelitian ini untuk membuat kembali perencanaan dan perancangan perpustakaan Universitas Palangka Raya. Pendekatan yang digunakan ialah menggunakan Arsitektur Eco-Tech, dengan mengedepankan prinsip yang berwawasan lingkungan ataupun efisiensi energi, agar konsisten terhadap konsep yang ramah lingkungan tanpa adanya perubahan yang merusak lingkungan

References

Ahmad Esa Fahmi, 2020. Perancangan Malang Techno Park Berbasis ICT (Information, Communication, Technology) Dengan Pendekatan Eco-Tech Architecture. Jurusan Teknik Arsitektur Fakultas Sains Dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ahmad, T., Mahasiswa jurusan, A., Arsitektur, T., Teknik, F., Halu, U., & Arzal Tahir, O. M. (2017). Perencanaan Perpustakaan Umum Kota Kendari (Ruang Luar Sebagai Taman Baca Hijau).

Daniel, E., & Warsiah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan Universitas Pendidikan Pancasila

Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.

Mubasyaroh. (2016). Pengaruh Perpustakaan Bagi Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi. Libraria, Vol 4, No. 1.

Nur Daria Rahmi, 2020. Sekolah Terpadu Dengan Pendekatan Arsitektur Eco-Tech di Kota Makassar. Program Studi Teknik Arsitektur. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Saleh, Abdul Rahman. 1995. Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Surakhmad, W. (1986). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kombinasi, Mix Methods. Bandung: Alfabeta

Published
2023-09-29
How to Cite
[1]
Verianto Noventri, Petrisly Perkasa and Ni Putu Diah Agustin Permanasuri 2023. REDESAIN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ECO-TECH. Jurnal Anala. 11, 2 (Sep. 2023), 13-22. DOI:https://doi.org/10.46650/anala.11.2.1442.13-22.
Section
Articles