ARSITEKTUR LINGKUNGAN PADA RUMAH ADAT BALE GAJAH TUMPANG SALU DI DESA SIDATAPA

  • I Gede Mudita Universitas Dwijendra
  • Ir. I Ketut Adhimastra, M.Erg. Universitas Dwijendra
  • Arya Bagus Mahadwijati Wijaatmaja, S.T., M.T. Universitas Dwijendra
  • Frysa Wiriantari, S.T., M.T Universitas Dwijendra
Keywords: Arsitektur Lingkungan, Rumah Adat, Desa Sidatapa

Abstract

Desain arsitektur yang baik adalah desain yang dapat menyesuaikan dengan lingkungan di sekitarnya. Hal ini sangat terlihat pada bangunan Rumah Adat Bale Gajah Tumpang Salu di Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Desa Sidatapa merupakan salah satu Desa Bali Aga yang ada di Bali. Bale Gajah Tumpang Salu adalah bangunan Tradisional Bali Aga yang sangat unik yaitu seluruh bagian ruang dalam satu bangunan dapat menampung aktifitas penghuni dalam berkehidupan sosial, ekonomi, spiritual, budaya, dan keamanan. Hal ini berbeda dengan konsep tata ruang bangunan tradisional Bali pada umumnya, yang terdiri dari banyak massa yang mengacu pada aturan Asta Kosala – Kosali. Bangunan Bale Gajah Tumpang Salu pada saat ini keberadaannya sudah sangat langka, sebagian besar sudah digantikan dengan bangunan rumah tinggal biasa yang lebih modern. Hal ini menjadi ancaman bagi kelestarian rumah adat asli Bali Aga di Desa Sidatapa.

References

Dwijendra. N. K. Acwin 2009. Arsitektur & Kebudayaan Bali Kuno: Udayana University Press; Denpasar Bali.
Gelebet, I Nyoman. 1984. Arsitektur Rumah Tradisional Bali. Penerbit Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Savitri, Ni Luh Ugi Surya, Desak Made Sukma Widiyani, and Anak Agung Ayu Sri Ratih Yulianasari. "KEUNIKAN ARSITEKTUR PURA DALEM SEGARA MADHU DESA PAKRAMAN JAGARAGA, SINGARAJA." Jurnal Anala 9.2 (2021): 22-28.
Yulianasari, Anak Agung Ayu Sri Ratih, et al. "TIPOLOGI DAN KONSEP TATA LETAK SANGGAH PADA KARANG UMAH DI DESA ADAT BAYUNG GEDE." Jurnal Arsitektur ZONASI 3.3: 261-269.

(http://www.academia.edu/7766706/Arsitektur_Lingkungan)

(http://indomondayharyadi.blogspot.co.id/2015/11/arsitektur-lingkungan.html)

(http://gospoth.blogspot.co.id/)
Published
2022-02-24
How to Cite
[1]
I Gede Mudita, Ir. I Ketut Adhimastra, M.Erg., Arya Bagus Mahadwijati Wijaatmaja, S.T., M.T. and Frysa Wiriantari, S.T., M.T 2022. ARSITEKTUR LINGKUNGAN PADA RUMAH ADAT BALE GAJAH TUMPANG SALU DI DESA SIDATAPA. Jurnal Anala. 10, 1 (Feb. 2022), 28-37. DOI:https://doi.org/10.46650/anala.10.1.1217.28-37.
Section
Articles