KAJIAN PENERAPAN BRAND IDENTITY PADA ELEMEN DESAIN INTERIOR NOOK RESTAURANT – SEMINYAK

  • I Gusti Ayu Canny Utami Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ni Wayan Ardiarani Utami Desain Interior, Institut Desain dan Bisnis Bali,
Keywords: Brand Identity, Elemen Desain, Interior, Restaurant

Abstract

Brand identity sebuah restaurant merupakan faktor penting yang mempengaruhi pilihan pengunjung. Perubahan gaya hidup dan cara menikmati restaurant saat ini mengakibatkan rasa makanan bukan lagi sebuah indentitas utama yang menjadi bahan pertimbangan, melainkan keseluruhan experience yang dialami panca indra selama berada di restaurant. Hal tersebut mengakibatkan semakin pesatnya pertumbuhan tematik restaurant di Seminyak yang merupakan salah satu daerah tujuan wisata. Penelitian ini mengkaji aplikasi penerapan konsep brand identity pada elemen desain interior Nook Restaurant – Seminyak. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif melalui analisis indikator pembentuk brand identity dan elemen desain interior. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung dan kajian teori. Brand identity secara fisik dan psikologis pada elemen desain interior Nook Restaurant secara efektif diterapkan secara tangible dan intangible. Secara tangible penerapan brand identity pada elemen design interior tampak pada penggunaan warna brand, bentuk furniture dan aksesoris, pemilihan texture dan material. Secara intangible, konsep natural dan nuansa ruang alami dikuatkan dengan penataan system pencahayaan dan penghawaan yang baik. Dapat disimpulkan bahwa implementasi konsep brand identity yang tepat pada elemen desain interior Nook Restaurant mampu meningkatkan brand image dan velue restaurant. Kata Kunci: Brand Identity, Elemen Desain, Interior, Restaurant

References

Aaker, D. A. 2008. Managing Brand Equity: Capitalizing on the value of a brand name. New York: Free Press
Ching, Francis D.K. 1996. Interior Design Illustrated. New York: Van Nostrand Reinhold, Thomson Publishing Inc.

Mesher, Lynner. 2010. Basic Interior Design Retail Design. London : AVA

Kotler, P. and Keller, K. (2006) Marketing Management. 12th Edition, Prentice Hall, Upper Saddle River.
Keller, K. L. (200). Basic Interior Design 01 ; Retail Design. Ava Publishing.
https://instagram.com/nook_bali (diakses pada Januari 2022)
Published
2022-02-24
How to Cite
[1]
Utami, I.G.A.C. and Utami, N.W.A. 2022. KAJIAN PENERAPAN BRAND IDENTITY PADA ELEMEN DESAIN INTERIOR NOOK RESTAURANT – SEMINYAK. Jurnal Anala. 10, 1 (Feb. 2022), 9-15. DOI:https://doi.org/10.46650/anala.10.1.1196.9-15.
Section
Articles