Kenyamanan Warga Terhadap Ketersediaan Sarana dan Prasarana di Perumahan Griya Bama Raya Permai Palangka Raya Kalimantan Tengah

  • Ni Putu Diah Agustin Permanasuri, ST., M.Ars Universitas Palangka Raya
  • Anak Agung Ayu Sri Ratih Yulianasari, ST., M.Ars Universitas Dwijendra
Keywords: perumahan, kenyamanan, saran prasarana

Abstract

Problema klasik suatu perumahan utamanya dilingkup perkotaan dengan penduduk yang heterogen antara lain usaha untuk penyediaan sarana dan prasarana yang memadai sehingga warga yang tinggal di perumahan tersebut merasa nyaman serta menciptakan suatu kualitas hidup yang baik demi keberlangsungan perumahan tersebut. Perumahan Griya Bama Raya Permai adalah salah satu perumahan yang ada di kota Palangka Raya Kalimantan Tengah, dengan jumlah warga sekitar 163 KK, dengan jumlah ini tentunya harus disediakan sarana dan prasarana perumahan yang memadai, beberapa sarana dan prasarana yang ada belum dikelola dengan baik sehingga berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan warga. Penelitian ini mengidentifikasi sarana dan prasarana yang ada di Perumahan Griya Bama Raya Permai dan dikaitkan dengan aspek kenyamanan warga penghuni perumahan. Metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan menganalisis data berdasarkan wawancara dengan warga perumahan dan data pengamatan lapangan langsung. Pada hasil penelitian, didapatkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana sudah cukup memenuhi standar SNI, masih terdapat sarana dan prasarana yang memerlukan perhatian khusus, diantaranya prasarana jalan (perkerasan aspal dan tanah), jaringan persampahan, jaringan/utilitas drainase, sarana pos keamanan dan sarana ruang terbuka umum. Ketidak nyamanan warga meliputi pada aspek berikut, tenaga kemananan (satpam) yang hanya bertugas pada malam hari, perkerasan jalan aspal yang berlubang, bergelombang dan rusak, pengelolaan sampah yang masing belum optimal, dan ruang terbuka yang kurang terawat. Warga merasa nyaman dengan sarana prasarana yang lain, karena sudah dikelola dengan baik. Sangat diharapkan partisipasi aktif dari warga untuk memelihara fisik lingkungan perumahan dan tugas dari pemerintah kota untuk memperbaiki fisik sarana prasarana yang rusak sehingga dapat lebih bermanfaat untuk warga.

References

Badan Standarisasi Nasional. (2004). Standar Nasional Indonesia Nomor 03-1733-2004 Tentang Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan di Perkotaan, Jakarta : BSN.

Budihardjo, E, (2009). Perumahan dan Permukiman di Indonesia. Penerbit PT Alumni, Bandung.

Pemerintah Indonesia, (2001) Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 Tentang Perumahan dan Permukiman.

Frick, Heinz dan Mulyani, Tri Hesti. (2006). Arsitektur Ekologis. Seri Eko-Arsitektur 2. Yogyakarta: Kanisius Widyarthara Adhi. (2017) Konsep Kenyamanan Perumahan Sub Urban. Jurnal Arsitektur: Nomor 02 Volume I Bulan Juli-Desember Tahun 2017, ISSN 2597-7676.

Kalesaran, R.C.E, dkk, (2013), Analisa Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pemilihan Lokasi Perumahan di Kota Manado, Jurnal Ilmiah Media Engineering Vol.3 No.3, September 2013 (170-184).

Kolcaba, Katharine (2003)Comfort Theory and Practice: A Vision for Holistic Health Care and Research. New york: Springer Publishing Company.

Silondae, Irhansyah Umar (2010) Kondisi Lingkungan Perumahan Dalam Konteks Kenyamanan Hidup (Studi Kasus : Perumahan Kendari Permai Kota Kendari). Semarang: UNDIP.

Tahir, M.A, (2019), Identifikasi Ketersediaan Sarana dan Prasarana Permukiman Pada Perumahan Sederhana di Perkotaan (Studi Kasus: Perumahan Perumnas Poasia Kota Kendari), Jurnal Malige Arsitektur Vol.1, No.1 hal 9-18.

Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1992 Tentang Perumahan dan Permukiman.

Vitullo-Martin, Julia (1993) “The Livable City : Confronting the Quality of Life .” City Journal Vol 3, No 4, Autumn 27-33.

Yuan, Lim Lan, Belinda Yuen, Christine low.(1999). Urban Quality of Life :Critical Issues and Options. School of Building and Real Estate National University of Singapore. Singapore.

Published
2021-02-25
How to Cite
[1]
Ni Putu Diah Agustin Permanasuri, ST., M.Ars and Anak Agung Ayu Sri Ratih Yulianasari, ST., M.Ars 2021. Kenyamanan Warga Terhadap Ketersediaan Sarana dan Prasarana di Perumahan Griya Bama Raya Permai Palangka Raya Kalimantan Tengah. Jurnal Anala. 9, 1 (Feb. 2021), 41-54. DOI:https://doi.org/10.46650/anala.9.1.1049.41-54.
Section
Articles