PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL
Main Article Content
Abstract
ABSTRACTThe purpose of this research was to identify the effect of conflict cognitive learning model with the understanding of science concepts be reviewed of student’s prior knowledge. This research was a quasi-experimental with posttest-only control group design. The population are students of class VIII in SMP N 1 Abiansemal. The samples amounted to 92 people be divided into control class and experimental class with random sampling technique. Data analysis by used two ways ANAVA. Data of understanding concepts and student’s prior knowledge be gathered through the test. The results of the research showed that conflict cognitive learning model have a better impact on student’s understanding concept compared to conventional learning models and there was a significant interaction between learning model and student’s prior knowledge. Keywords: cognitive conflict learning model, conventional learning, prior knowledge, understanding of science concepts  ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran konflik kognitif terhadap pemahaman konsep IPA ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest-only control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Abiansemal. Sampel yang digunakan berjumlah 92 orang dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan teknik random sampling. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Data pemahaman konsep dan pengetahuan awal siswa dikumpulkan melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran konflik kognitif berdampak lebih baik terhadap pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dan terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan pengetahuan awal siswa Kata kunci : model pembelajaran konflik kognitif, pembelajaran konvensional, Pengetahuan awal, pemahaman konsep IPA
Article Details
How to Cite
Purnawijaya, I. P. E. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL. Widya Accarya, 10(1). https://doi.org/10.46650/wa.10.1.684.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
DAFTAR PUSTAKA
Aufschnaiter, C. & Rogge, C. 2010. Misconception or Missing Conception. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 6(1). 3-18. Diakses dari www.ejmste.com. Pada tanggal 12 September 2018
Baser, M. 2006. Promoting conceptual change through active learning using open software for physics simulation. Australian Journal of Educational Technology. 22(3). (336-354). Tersedia pada http://www.phy.ilstu.edu/ jpteo/ issues/jpteo2(3)feb05.pdf. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2018.
Kim, J., Choi, H. & Kwon, J. 2008. Students’ cognitive levels by provide quantitative demonstration and qualitative demonstration. Physics Education, Korea National University of Education
Maulana, M (2010). Usaha Mengurangi Terjadinya Miskonsepsi Fisika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 30(6). 98-103
Sadia, I W., Suastra, I. W. & Tika, K. 2004. Pengembangan model dan strategi pembelajaran fisika di sekolah menengah umum (SMU) untuk memperbaiki miskonsepsi siswa. Laporan Penelitian. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.
Santyasa, I W. 2003. Pendidikan, pembelajaran, dan penilaian berbasis kompetensi. Makalah. Disajikan dalam seminar Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja.
Santyasa, I W. 2007. Model-model pembelajaran inovatif. Makalah (tidak diterbitkan). Disajikan dalam pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP dan SMA di Nusa Penida, tanggal 29 Juni s.d 1 Juli 2018.
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudyana, I W. 2007. Pengaruh Model Pembelajaran dan Strategi Belajar Kooperatif terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Kimia Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 40(4). 980-100.
Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan perubahan Konsep pendidikan fisika. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Suryabrata, Sumadi. 2006. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Van den Berg, E. 1991. Miskonsepsi fisika dan remidiasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana
Wirta, I M. & Rapi, N. K. 2007. Pengaruh model pembelajaran dan penalaran formal terhadap penguasaan konsep fisika dan sikap ilmiah siswa sma negeri 4 singaraja. Laporan penelitian (tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: Presentasi Pustaka.
Yamin, M. 2005. Strategi pembelajaran berbasis kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.
Aufschnaiter, C. & Rogge, C. 2010. Misconception or Missing Conception. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 6(1). 3-18. Diakses dari www.ejmste.com. Pada tanggal 12 September 2018
Baser, M. 2006. Promoting conceptual change through active learning using open software for physics simulation. Australian Journal of Educational Technology. 22(3). (336-354). Tersedia pada http://www.phy.ilstu.edu/ jpteo/ issues/jpteo2(3)feb05.pdf. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2018.
Kim, J., Choi, H. & Kwon, J. 2008. Students’ cognitive levels by provide quantitative demonstration and qualitative demonstration. Physics Education, Korea National University of Education
Maulana, M (2010). Usaha Mengurangi Terjadinya Miskonsepsi Fisika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 30(6). 98-103
Sadia, I W., Suastra, I. W. & Tika, K. 2004. Pengembangan model dan strategi pembelajaran fisika di sekolah menengah umum (SMU) untuk memperbaiki miskonsepsi siswa. Laporan Penelitian. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.
Santyasa, I W. 2003. Pendidikan, pembelajaran, dan penilaian berbasis kompetensi. Makalah. Disajikan dalam seminar Jurusan Pendidikan Fisika IKIP Negeri Singaraja.
Santyasa, I W. 2007. Model-model pembelajaran inovatif. Makalah (tidak diterbitkan). Disajikan dalam pelatihan tentang Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SMP dan SMA di Nusa Penida, tanggal 29 Juni s.d 1 Juli 2018.
Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudyana, I W. 2007. Pengaruh Model Pembelajaran dan Strategi Belajar Kooperatif terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Kimia Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 40(4). 980-100.
Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan perubahan Konsep pendidikan fisika. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Suryabrata, Sumadi. 2006. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Van den Berg, E. 1991. Miskonsepsi fisika dan remidiasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana
Wirta, I M. & Rapi, N. K. 2007. Pengaruh model pembelajaran dan penalaran formal terhadap penguasaan konsep fisika dan sikap ilmiah siswa sma negeri 4 singaraja. Laporan penelitian (tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: Presentasi Pustaka.
Yamin, M. 2005. Strategi pembelajaran berbasis kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.