THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN ENGLISH CLASSROOM ACTIVITIES BASED ON 2013 CURRICULUM

Main Article Content

I Gusti Ayu Indah Triana Juliari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menginvestigasi implementasi dari pendidikan karakter dalam aktivitas belajar bahasa Inggris berdasarkan kurikulum 2013. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan guru bahasa Inggris di SMPN 1 Tabanan. Instrumen – instrumen  yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 7 jenis nilai – nilai karakter yang diimplementasikan oleh guru di pertemuan pertama, yaitu: kereligiusan, kedisiplinan, kejujuran, keingintahuan, kemandirian, menghargai prestasi orang lain, and bersahabat/komunikatif. Sementara itu, ada 9 jenis nilai –nilai karakter yang diimplementasikan oleh guru pada pertemuan kedua, yaitu: kereligiusan, kedisiplinan, kejujuran, keingintahuan, kemandirian, kerja keras, kreatif, menghargai prestasi orang lain, and bersahabat/komunikatif. Berdasarkan observasi dan wawancara kepada guru bahasa Inggris, nilai –nilai karakter tersebut disisipkan ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, khususnya pada indikator dan aktivitas pembelajaran. Namun ada beberapa perbedaan antara nilai – nilai karakter yang disisipkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Hal tersebut bergantung pada topik dan indikator yang akan dicapai pada proses pembelajaran. Mengimplementasikan nilai – nilai pendidikan karakter dalam aktivitas pembelajaran sangat penting khususnya dalam kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing, karena tujuan pendidikan tidak hanya mengedukasi pelajar untuk menjadi sukses tetapi juga memberikan kesempatan kepada mereka untuk membangun karakternya masing – masing dengan meningkatkan nilai – nilai moral. Kata kunci: Pendidikan karakter, Aktivitas belajar bahasa Inggris, Kurikulum 2013.

Article Details

How to Cite
Triana Juliari, I. G. A. I. (2018). THE IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN ENGLISH CLASSROOM ACTIVITIES BASED ON 2013 CURRICULUM. Widya Accarya, 9(1). https://doi.org/10.46650/wa.9.1.679.%p
Section
Articles

References

Berkowitz, M, W. And Bier, M, C. (2005). What Works In Character Education: A research-driven guide for educators. University of Missouri-St. Louis: Character Education Partnership.

Cohen Louis et.al. (2007). Research Methods in Education. New York: Routledge, 6th Ed.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Panduan Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama.

Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. (2011). Pendidikan Karakter di Pendidikan dasar.
Lombardi, E. (2010). Character Education: Integration of an Ancient Theory. ESSAI: Vol. 7, Article 32.

http://dc.cod.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1127&context=essai

http://lppmp.uny.ac.id/sites/lppmp.uny.ac.id/files/01%20Sugirin.pdf.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yin, R. (2014). Case Study Research.Design Methods. California: Sage Publishing.