KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI TKJ SMK DWIJENDRA DENPASAR
Main Article Content
Abstract
Abstrak Kemampuan menganalisis adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk menaikkan memperhebat dan mempertinggi tinggi kesanggupan, kecakapan dan kekuatan berusaha dengan diri sendiri dalam menguasai sesuatu, yang merupakan hasil latihan atauu praktek yang digunakan untuk dapat diwujudkan melalui tidakan-tindakan. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimanakah Kemampupan Menganalisis Struktur Teks Cerita Pendek siswa Kelas XI TKJ SMK Dwijendra Denpasar yangberjumlah 24 orang siswa, teori yang digunakan adalah teori struktural. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan dan data sekunder yang bersumber dari hasil analisis tes siswa. Data dalam penlitian ini diolah dengan menggunakan teknik analisis data secara kuantitatif. Data dalam penelitian ini dari hasil analisis tes siswa yang akan disajikan dalam bentuk formal dan informal yaitu dari hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan grafik kemudian dideskripsikan dalam bentuk naratif untuk memahami makna dan menjawab permasalahan penelitian. Penentuan penelitian ini terdiri atas semua populasi siswa kelas XI TKJ Dwijendra sebanyak 24 orang siswa. Dalam penelitian ini dipergunakan beberapa metode yang mendukung yaitu (1) metode dan teknik pengumpulan data, (2) metode pengumpulan data, (3) teknik pengumpulan data, (4) metode dan analisis data. Metode yang penulis gunakan adalah metode tes dan kepustakaan. Adapun hasil yang dapat dicapai siswa kelas XI TJK SMK Dwijendra Denpasar yaitu sebagai berikut: 2 orang siswa (8,33%) memperoleh nilai 10 dengan predikat istimewa, 5 orang siswa (20,83) memperoleh nilai 9 dengan predikat baik sekali, 9 orang siswa (37,5%) memperoleh nilai 8 dengan perikat baik, 8 orang siswa (33,33%) memperoleh nilai 7 dengan predikat lebih dari cukup. Jadi rata-rata nilai siswa seluruhnya 8,125 dibulatkan menjadi 8,13. Dari dat di atas disimpulkan bahwa kemampuan menganalisis struktur teks cerita pendek siswa kelas XI TKJ SMK Dwijendra Denpasar dalam menganalisis struktur teks cerpen dikatakan tergolong lebih baik dan telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Kata Kunci : Kemampuan, Struktur Teks, Cerita Pendek Abstract The ability to analyze is one of the efforts being done to increase, improve and enhance the level of ability, competence and strength of effort from oneself to mastering something which as the result of training or practicing being used to be able to manifest through actions. The aim of this research is to find out how the Ability to Analyze the Text Structure of Short Stories by students at Grade XI TKJ SMK Dwijendra Denpasar, numbering 24 students, the theory being used was structural theory. Type of data being used was primary and secondary data originated from analysis result of students’ exam. Data from this study was processed by using quantitative data analysis technique. Data in this study was from analysis result of students’ exam which would be presented in formal and informal form that is from research result was presented in the form of table and graphic and later was described in narrative form to comprehend the meaning and  1 answering research’s problem. Population of this research consisted of all population of students at grade XI TKJ Dwijendra of 24 students. In this study several methods were used to support namely (1) data sampling method and technique, (2) data sampling method, (3) data sampling technique, (4) data analysis method. The method that the author used was test and literature method. Whereas the result that can be achieved by students at Grade XI TKJ SMK Dwijendra Denpasar are as follows: 2 students (8.33%) achieving score of 10 with excellent citation, 5 students (20.83%) achieving score of 9 with remarkable citation, 9 students (37.5%) achieving score of 8 with good citation, 8 students (33.33%) get the score of 7 with fairly good citation. So the average of overall students’ scores is 8.125 and rounded to 8.13. From the data above it can be concluded that the ability to analyze text structure of short stories by students at Grade XI TKJ SMK Dwijendra Denpasar in analyzing text structure of short stories can be said classified as better and has met the minimum completeness criteria (KKM).  Key words: Ability, Text Structure, Short Stories.
Article Details
How to Cite
YOGAN DEWI, I. A. N. (2018). KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI TKJ SMK DWIJENDRA DENPASAR. Widya Accarya, 9(1). https://doi.org/10.46650/wa.9.1.614.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru.Jakarta: Bestari Buana Murni.
Damono, Sapardji Djoko. 1987.Sosialogi Satra.Jakarta : Dekdikbud.
Kemendikbud. 2014. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kosasih, 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Yrama Widya.
Subana, M & Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung : Pustaka Setia.
Sugiyono, 2015.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D,Cetakan 22.Bandung :
Alfabeta.
Putrayasa, Ida Bagus. (2007). Kalimat Efektif: Diksi, Struktur dan Logika. Bandung : Refika Aditama.
Damono, Sapardji Djoko. 1987.Sosialogi Satra.Jakarta : Dekdikbud.
Kemendikbud. 2014. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kosasih, 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Yrama Widya.
Subana, M & Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung : Pustaka Setia.
Sugiyono, 2015.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D,Cetakan 22.Bandung :
Alfabeta.
Putrayasa, Ida Bagus. (2007). Kalimat Efektif: Diksi, Struktur dan Logika. Bandung : Refika Aditama.