KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA RAKYAT LUBDAKA SISWA SMP PGRI 8 DENPASAR
Main Article Content
Abstract
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMP mencantumkan empat keterampilan berbahasa, yaitu : 1) menyimak, 2) berbicara, 3) membaca, dan 4) menulis. Keempat aspek tersebut merupakan cara untuk menggali keterampilan berbahasa yang baik dan benar. Misalnya dalam menyimak suatu cerita rakyat siswa diharapkan mampu menghayati, memahami isi serta makna yang terkandung dalam cerita rakyat. Di era globalisasi ini cerita rakyat juga mulai dilupakan, karena masyarakat khususnya siswa mulai beralih kehiburan lain seperti acara televisi, game online, yang mana belum tentu dapat memberikan efek edukasi terhadap diri siswa. Sehubungan dengan hal ini penulis merasa terdorong mengadakan penelitian untuk mengetahui sejauhmana kemampuan menyimak cerita rakyat lubdaka siswa kelas VII SMP PGRI 8 Denpasar tahun pelajaran 2015/2016.Masalah dalam penelitian ini adalah sejauh manakah kemampuan menyimak cerita rakyat lubdaka siswa kelas VII SMP PGRI 8 Denpasar tahun pelajaran 2015/2016.Teori yang digunakan adalah teori yang berhubungan dengan menyimak cerita rakyat. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penentuan subyek penelitian, metode pengumpulan data, metode pengolahan data.Penelitian tentang kemampuan menyimak cerita rakyat lubdaka dilakukan di kelas VII SMP PGRI 8 Denpasar tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian terdiri dari 30 orang siswa kelas VII SMP PGRI 8 Denpasar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa masih ada beberapa siswa yang kurang paham dalam menyimak cerita rakyat lubdaka. Hal ini dapat dilihat dari 30 orang siswa, 5 orang mendapatkan nilai 9 (30%) dengan kategori baik sekali, 7 orang mendapatkan nilai 8 (27%) dengan kategori baik, 12 orang mendapatkan nilai 7 (23%) dengan kategori lebih dari cukup, dan 6 orang mendapatkan nilai 6 (20%) dengan kategori cukup. Dan dengan rata-rata nilai keseluruhan siswa yaitu 7,3 (lebih dari cukup). Kata Kunci : Menyimak dan Cerita Rakyat
Article Details
How to Cite
YOGAN DEWI, I. A. N. (2016). KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA RAKYAT LUBDAKA SISWA SMP PGRI 8 DENPASAR. Widya Accarya, 5(1). https://doi.org/10.46650/wa.5.1.238.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Anggoro, M. toha dkk. 2008. Metode Penelitian . Jakarta : Universitas Terbuka.
Arifin F Zaenal. 1987. Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar. Jakarta. : PT. Meiyatama Sarana Perkasa.
Iqbal, Hasan. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statstik. Jakarta : Bumi Aksara.
Moleong, Lexy.I. 2000. Metodologi Penelitian Kualitaif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nurkancana, Wayan dan PPN Sunartana. 1981. Evaluasi Ilmu Pendidikan. Surabaya : Udayana.
Purwanto, 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Santoso, LH. 2013. Kamus Bahasa Indonesia. Surabaya : Pustaka Agung Harapan
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Sumaro,Jakob,&KM Saini.1985.Apresiasi Kesusastraan.Jakarta : Gramedia
Sutrisno, Hadi. 1982. Metodelogi Research. Yogyakarta:Universitas Gajah Mada.
Tarigan, Henry Guntur. 1980. Menyimak. Bandung : Angkasa.
___________________.1986. Teknik Penajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
___________________.1991. Berbicara Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
http://aristhaserenade.blogspot.com/p/keterampilan-menyimak.html
http://olmanperidianxxx.blogspot.com/2011/12/pengertian-cerita-rakyat.html
(www.pps.unud.ac.id)
Arifin F Zaenal. 1987. Penulisan Karangan Ilmiah dengan Bahasa Indonesia yang Benar. Jakarta. : PT. Meiyatama Sarana Perkasa.
Iqbal, Hasan. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statstik. Jakarta : Bumi Aksara.
Moleong, Lexy.I. 2000. Metodologi Penelitian Kualitaif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nurkancana, Wayan dan PPN Sunartana. 1981. Evaluasi Ilmu Pendidikan. Surabaya : Udayana.
Purwanto, 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Santoso, LH. 2013. Kamus Bahasa Indonesia. Surabaya : Pustaka Agung Harapan
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Sumaro,Jakob,&KM Saini.1985.Apresiasi Kesusastraan.Jakarta : Gramedia
Sutrisno, Hadi. 1982. Metodelogi Research. Yogyakarta:Universitas Gajah Mada.
Tarigan, Henry Guntur. 1980. Menyimak. Bandung : Angkasa.
___________________.1986. Teknik Penajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
___________________.1991. Berbicara Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
http://aristhaserenade.blogspot.com/p/keterampilan-menyimak.html
http://olmanperidianxxx.blogspot.com/2011/12/pengertian-cerita-rakyat.html
(www.pps.unud.ac.id)