INTERAKSI GURU DAN SISWA YANG EFEKTIF DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMK TKJ 1 DWIJENDRA DENPASAR
Main Article Content
Abstract
Interaksi yang bersifat psikologis, humanis, efektif dan kekeluargaan antara guru dan siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran sangat diperlukan. Dalam hubungan dengan itu, melalui komunikasi yang efektif guru dapat memberikan pesan-pesan edukatif kepada siswa tanpa ada suatu tekanan, sehingga dapat menggugah integritas dan motivasi belajar siswa untuk dapat membelajarkan dirinya secara efektif dan kontinyu. Tujuan daripada penulisan ini adalah untuk mengetahui  hubungan guru dan siswa yang harmonis dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Yang menjadi permasalahan sekarang adalah (i) Model interaksi guru dan siswa yang bagaimana yang dipandang paling kontributif dan kondusif bagi peningkatan motivasi belajar siswa di sekolah?  (ii) strategi dan teknik rekayasa interaksi guru murid yang mana yang seyogyanya dipertimbangkan dalam upaya peningkatan motivasi belajar dilingkungan sekolah?. Dengan menggunakan pendekatan sosiologis, paedagogis (fenomenologis) dan psikologis, didapatkan simpulan bahwa interaksi guru dan siswa yang harmonis dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci : interaksi, guru-siswa, efektif, motivasi
Article Details
How to Cite
SUDIARTA, I. N. (2016). INTERAKSI GURU DAN SISWA YANG EFEKTIF DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMK TKJ 1 DWIJENDRA DENPASAR. Widya Accarya, 6(2). https://doi.org/10.46650/wa.6.2.299.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Abin Syamsuddin Makmun, 1990, Psikologi Kependidikan, Bandung: IKIP
Bandung.
Bushell, D. J.R. 1973, Classroom Behavior, Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall.
Budiningsih Asri, 2004, Belajar dan pembelajaran, Jakarta, Renika Cipta.
Dahar, R.W. 1989, Teori-Teori Belajar, Jakarta, Depdiknas, Dirjen Dikti, P2LPTK
Degeng, 2001, Pandangan Bahavioristik vs Konstruktivistik, Pemecahan Masalah Belajar Abad 21, Malang, TEP Malang.
Dimyati, 1989, Psikologi Pendidikan, Jakarta, Depdikbud, Dirjen Dikti, P2LPTK
Gagne, R.M. and Briggs, L.J., 1979, Principle of Instructional Design, New York : Holt, Rinehart and Wiston.
Hamzah, 2005, Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara
Imron Ali, 1996. Belajar & Pembelajaran, Jakarta, Pustaka Jaya.
Langeveld, M.J. 1952., Beknote Theoritische Paedagogiek, Jakarta, Groningen,.
Mudhafir, 1991, Pengembangan Pembelajaran, Bandung, Tarsito.
Munandir, 1992, Rancangan Sistem Pengajaran, Jakarta, Dirjen Dikti, P2LPTK
Muhibbin Syah, 1999, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Nana, Sudjana, 1989, Dasar-Dasar Proses`Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algensindo Offset.
Raka, Joni, T. 1990, Cara Belajar Siswa Aktif, Artikulasi Konseptual Jabaran Opersional dan Verivikasis Emperik, Malang, Puslit Malang.
Sanjaya Wina, 2005, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Pranada Media
Suciati & Irawan, 2001, Teori Belajar dan Motiasi, Jakarta, Depdiknas, Dirjen PT
Suparman, 1994, Pengembangan Pembelajaran, Jakarta, Dirjen Dikti.
Sardiman A.M. 1986, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Rajawali
Team Dosen IKIP Malang, 1995, Belajar dan Pembelajaran Akta IV, Malang., FKIP IKIP Malang.
Toeti Soekamto, 1992, Prinsip Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Depdiknas, Dirjen. PT-PAU
Undang-Undang No. 2 1989
Utomo, T. 1991, Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama
Winkel, W.S. 1996, Psikologi Pengajaran, Jakarta, Gramedia Indonesia.
Bandung.
Bushell, D. J.R. 1973, Classroom Behavior, Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall.
Budiningsih Asri, 2004, Belajar dan pembelajaran, Jakarta, Renika Cipta.
Dahar, R.W. 1989, Teori-Teori Belajar, Jakarta, Depdiknas, Dirjen Dikti, P2LPTK
Degeng, 2001, Pandangan Bahavioristik vs Konstruktivistik, Pemecahan Masalah Belajar Abad 21, Malang, TEP Malang.
Dimyati, 1989, Psikologi Pendidikan, Jakarta, Depdikbud, Dirjen Dikti, P2LPTK
Gagne, R.M. and Briggs, L.J., 1979, Principle of Instructional Design, New York : Holt, Rinehart and Wiston.
Hamzah, 2005, Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara
Imron Ali, 1996. Belajar & Pembelajaran, Jakarta, Pustaka Jaya.
Langeveld, M.J. 1952., Beknote Theoritische Paedagogiek, Jakarta, Groningen,.
Mudhafir, 1991, Pengembangan Pembelajaran, Bandung, Tarsito.
Munandir, 1992, Rancangan Sistem Pengajaran, Jakarta, Dirjen Dikti, P2LPTK
Muhibbin Syah, 1999, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Nana, Sudjana, 1989, Dasar-Dasar Proses`Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Algensindo Offset.
Raka, Joni, T. 1990, Cara Belajar Siswa Aktif, Artikulasi Konseptual Jabaran Opersional dan Verivikasis Emperik, Malang, Puslit Malang.
Sanjaya Wina, 2005, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Pranada Media
Suciati & Irawan, 2001, Teori Belajar dan Motiasi, Jakarta, Depdiknas, Dirjen PT
Suparman, 1994, Pengembangan Pembelajaran, Jakarta, Dirjen Dikti.
Sardiman A.M. 1986, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, Rajawali
Team Dosen IKIP Malang, 1995, Belajar dan Pembelajaran Akta IV, Malang., FKIP IKIP Malang.
Toeti Soekamto, 1992, Prinsip Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Depdiknas, Dirjen. PT-PAU
Undang-Undang No. 2 1989
Utomo, T. 1991, Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama
Winkel, W.S. 1996, Psikologi Pengajaran, Jakarta, Gramedia Indonesia.