UPAYA PENGGUNAAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI FKIP UNIVERSITAS DWIJENDRA DENPASAR

Main Article Content

I NENGAH SUDIARTA

Abstract

Dosen sebagai pengemban misi tri dharma perguruan tinggi sudah tentu dituntut memiliki kemampuan tertentu untuk dapat melaksanakan tugas sebaik baiknya layaknya sebagai seorang dosen. Ketiga tri dharma tersebut yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dalam pembahasan ini penulis focus pada aspek pengajaran. Kementriaan pendidikan menggariskan empat komptensi dasar bagi guru dan dosen salah satunya adalah komptensi pendidikan, yang salah satu lingkupnya adalah program belajar mengajar.Rencana mengajar merupakan pedoman proses bealajar yang selanjutnya di kenal dengn sebutan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Hendaknya secara jelas dirumuskan tujuan yang ingin dicapai bahan atau materi yang akan diajarkan, kegiatan belajar mengajar dan alat yang digunakan, evaluasi dan sumber rujukan yang berupa buku-buku bacaan.            Setiap dosen dituntut untuk mempunyai kecakapan atau keterampilan dalam menyusun RPS dan setiap dosen yang  akan mengajar hendaknya mengacu pada RPS yang telah disiapkan sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk mengadakan suatu tinjauan yang berjudul Upaya Penggunaan Rencana Pembelajaran Semester Dalam Rangka Menunjang Proses Belajar Mengajar. Rumusan Masalah : Bagaimana mengupayakan penggunaan Rencana Pembelajaran Semester di FKIP Universitas Dwijendra tahun akademik 2015/2016. Tujuan penulisan adalah untuk memberikan gambaran teoritis tentang RPs sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan tenaga pengajar di lingkungan FKIP Universitas Dwijendra. Dengan menggunakan metoda deskriptif di dapat hasil proses belajar mengajar dengan menggunakan RPS memudahkan para dosen dalam menyampaikan materi perkuliahan sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif, dengan menggunakan RPS sebagai pedoman mengajar tujuan yang dicapai dalam pembelajaran cukup jelas, materi yang akan disampaikan, kegiatan belajar mengajar, media yang digunakan, evaluasi daan literature pendukung amat jelas shingga tujuan belajar dan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efesien. Kata Kunci : Pembelajaran semester

Article Details

How to Cite
SUDIARTA, I. N. (2016). UPAYA PENGGUNAAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI FKIP UNIVERSITAS DWIJENDRA DENPASAR. Widya Accarya, 5(1). https://doi.org/10.46650/wa.5.1.233.%p
Section
Articles

References

Budiningsih Asri, 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Bhineka Cipta
Cece Wijaya, 1989, Metodologi Pengajaran, Bandung, Penerbit Jurs. Kurikulum
dan Teknologi Pendidikan FIP – IKIP.
Djadja Djajuri, 1989, Materi Pokok Startegi Belajar Meengajar, Bandung, Depdik
Bud IKIP dan FKIP.
Engkoswara, 1984, Dasar-Dasar Metodologi Pengajaran, Jakarta, PT.
Bina`Aksara.
Hamzah B. Uno, 2006, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta,
Bumi Aksara.
Imron Ali, 1996, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Dunia Pustaka Jaya
Sanjaya Wina, 2005, Pembelajaran Dalaam Implementasi Kurikulum Berbasis
Kometensi, Jakarta, Prenada Media.
Sardiman, 1987, Interaksi dan Motivasi Belajar, Jakarta, CV. Rajawali.
------------ ,1987, Ilmu Pendidikan, Bandung, Remaja Karya.
------------, 1989, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989
Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Semarang, Aneka Ilmu
Team Dosen IKIP Malang, 2002, Belajar Pembelajaran, Malang, IKIP Malang.