UPAYA PENGGUNAAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI FKIP UNIVERSITAS DWIJENDRA DENPASAR
Main Article Content
Abstract
Dosen sebagai pengemban misi tri dharma perguruan tinggi sudah tentu dituntut memiliki kemampuan tertentu untuk dapat melaksanakan tugas sebaik baiknya layaknya sebagai seorang dosen. Ketiga tri dharma tersebut yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dalam pembahasan ini penulis focus pada aspek pengajaran. Kementriaan pendidikan menggariskan empat komptensi dasar bagi guru dan dosen salah satunya adalah komptensi pendidikan, yang salah satu lingkupnya adalah program belajar mengajar.Rencana mengajar merupakan pedoman proses bealajar yang selanjutnya di kenal dengn sebutan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Hendaknya secara jelas dirumuskan tujuan yang ingin dicapai bahan atau materi yang akan diajarkan, kegiatan belajar mengajar dan alat yang digunakan, evaluasi dan sumber rujukan yang berupa buku-buku bacaan.           Setiap dosen dituntut untuk mempunyai kecakapan atau keterampilan dalam menyusun RPS dan setiap dosen yang akan mengajar hendaknya mengacu pada RPS yang telah disiapkan sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk mengadakan suatu tinjauan yang berjudul Upaya Penggunaan Rencana Pembelajaran Semester Dalam Rangka Menunjang Proses Belajar Mengajar. Rumusan Masalah : Bagaimana mengupayakan penggunaan Rencana Pembelajaran Semester di FKIP Universitas Dwijendra tahun akademik 2015/2016. Tujuan penulisan adalah untuk memberikan gambaran teoritis tentang RPs sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan tenaga pengajar di lingkungan FKIP Universitas Dwijendra. Dengan menggunakan metoda deskriptif di dapat hasil proses belajar mengajar dengan menggunakan RPS memudahkan para dosen dalam menyampaikan materi perkuliahan sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif, dengan menggunakan RPS sebagai pedoman mengajar tujuan yang dicapai dalam pembelajaran cukup jelas, materi yang akan disampaikan, kegiatan belajar mengajar, media yang digunakan, evaluasi daan literature pendukung amat jelas shingga tujuan belajar dan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efesien. Kata Kunci : Pembelajaran semester
Article Details
How to Cite
SUDIARTA, I. N. (2016). UPAYA PENGGUNAAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI FKIP UNIVERSITAS DWIJENDRA DENPASAR. Widya Accarya, 5(1). https://doi.org/10.46650/wa.5.1.233.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Budiningsih Asri, 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Bhineka Cipta
Cece Wijaya, 1989, Metodologi Pengajaran, Bandung, Penerbit Jurs. Kurikulum
dan Teknologi Pendidikan FIP – IKIP.
Djadja Djajuri, 1989, Materi Pokok Startegi Belajar Meengajar, Bandung, Depdik
Bud IKIP dan FKIP.
Engkoswara, 1984, Dasar-Dasar Metodologi Pengajaran, Jakarta, PT.
Bina`Aksara.
Hamzah B. Uno, 2006, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta,
Bumi Aksara.
Imron Ali, 1996, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Dunia Pustaka Jaya
Sanjaya Wina, 2005, Pembelajaran Dalaam Implementasi Kurikulum Berbasis
Kometensi, Jakarta, Prenada Media.
Sardiman, 1987, Interaksi dan Motivasi Belajar, Jakarta, CV. Rajawali.
------------ ,1987, Ilmu Pendidikan, Bandung, Remaja Karya.
------------, 1989, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989
Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Semarang, Aneka Ilmu
Team Dosen IKIP Malang, 2002, Belajar Pembelajaran, Malang, IKIP Malang.
Cece Wijaya, 1989, Metodologi Pengajaran, Bandung, Penerbit Jurs. Kurikulum
dan Teknologi Pendidikan FIP – IKIP.
Djadja Djajuri, 1989, Materi Pokok Startegi Belajar Meengajar, Bandung, Depdik
Bud IKIP dan FKIP.
Engkoswara, 1984, Dasar-Dasar Metodologi Pengajaran, Jakarta, PT.
Bina`Aksara.
Hamzah B. Uno, 2006, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta,
Bumi Aksara.
Imron Ali, 1996, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Dunia Pustaka Jaya
Sanjaya Wina, 2005, Pembelajaran Dalaam Implementasi Kurikulum Berbasis
Kometensi, Jakarta, Prenada Media.
Sardiman, 1987, Interaksi dan Motivasi Belajar, Jakarta, CV. Rajawali.
------------ ,1987, Ilmu Pendidikan, Bandung, Remaja Karya.
------------, 1989, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989
Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Semarang, Aneka Ilmu
Team Dosen IKIP Malang, 2002, Belajar Pembelajaran, Malang, IKIP Malang.