Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye
Main Article Content
Abstract
Novel Hujan Karya Tere Liye banyak mengandung nilai-nilai yang sangat berhubungan dengan masyarakat. Berdasarkan permasalahan yang muncul dalam penelitian novel Hujan Karya Tere Liye dapat dibatasi sebagai berikut : (1) Bagaimanakah unsur intrinsik pembentuk novel Hujan Karya Tere Liye? (2) Bagaimanakah nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Hujan karya Tere Liye? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur intrinsik pembentuk novel Hujan Karya Tere Liye dan untuk mengetahui nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Hujan Karya Tere Liye. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori struktural. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yaitu novel Hujan karya Tere Liye dan sumber data sekunder yaitu data-data yang diperoleh dari sumber lain.Metode dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode studi pustaka dan teknik simak dan teknik catat. Sedangkan untuk metode dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah metode formal dan informal dan teknik dedukatif dan induktif. Pada penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode informal yaitu memakai uraian kata-kata sehingga dapat diperoleh simpulan umum yang menyeluruh mengenai pokok permasalahan yang dibahas. Hasil analisis yang terdapat dalam novel Hujan Karya Tere Liye meliputi analisis unsur intrinsik yang berupa tema, tokoh dan penokohan, alur, latar,sudut pandang, amanat, dan analisis nilai-nilai pendidikan yang berupa nilai agama, nilai moral, nilai sosial.
Article Details
How to Cite
Kalista Prisca Juwita Pentor, Ida Bagus Rai, & Ariana, I. P. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye. Widya Accarya, 12(2), 205-218. https://doi.org/10.46650/wa.12.2.1130.205-218
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Suryani, W., & Adnyana, I. K. S. (2021). Tindak Tutur Direktif dalam Novel Harmony dalam Tanda Tanya (?) Karya Melvy Yendra & Andriyati. Stilistika, 9(2), 151–163.
Damono, Sapradi Djoko. 1984. Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Darmadi, Hamid. 2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Pustaka Setia.
Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (ingkasan Kegiatan Belajar Mengajar). Jakarta: Depdiknas.
Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Poerdarminta, W. J. S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta LPN.
Rosyadi. 1995. Nilai-nilai Budaya Dalam Naskah Kaba. Jakarta: CV Dewi Sari.
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya, 9(1).
Santika, I. G. N. (2020). Menelisik Akar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK Dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(1), 26–36. https://doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001
Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha.
Sumardjo. 1986. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Swarniti, N. W. (2020). Fenomena Morfologi pada Berita-Berita di CNN Indonesia Mengenai Covid-19: Kajian Linguistik. In COVID-19 Perspektif Susastra dan Filsafat (p. 93). Yayasan Kita Menulis.
Swarniti, N. W. (2021). A Corpus Based Approach to the Analysis of Structures in Prepositional Phrase. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 4(1), 18–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/yb.v4i1.2207
Teeuw, A. 1998. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
Tere Liye, 2016. Novel Hujan: Gramedia Pustaka Utama.
Damono, Sapradi Djoko. 1984. Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Darmadi, Hamid. 2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Pustaka Setia.
Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (ingkasan Kegiatan Belajar Mengajar). Jakarta: Depdiknas.
Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Poerdarminta, W. J. S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta LPN.
Rosyadi. 1995. Nilai-nilai Budaya Dalam Naskah Kaba. Jakarta: CV Dewi Sari.
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya, 9(1).
Santika, I. G. N. (2020). Menelisik Akar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK Dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(1), 26–36. https://doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001
Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha.
Sumardjo. 1986. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Swarniti, N. W. (2020). Fenomena Morfologi pada Berita-Berita di CNN Indonesia Mengenai Covid-19: Kajian Linguistik. In COVID-19 Perspektif Susastra dan Filsafat (p. 93). Yayasan Kita Menulis.
Swarniti, N. W. (2021). A Corpus Based Approach to the Analysis of Structures in Prepositional Phrase. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 4(1), 18–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/yb.v4i1.2207
Teeuw, A. 1998. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
Tere Liye, 2016. Novel Hujan: Gramedia Pustaka Utama.