Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye

Main Article Content

Kalista Prisca Juwita Pentor
Ida Bagus Rai
I Putu Ariana

Abstract

Novel Hujan Karya Tere Liye  banyak mengandung nilai-nilai yang sangat berhubungan dengan masyarakat. Berdasarkan permasalahan yang muncul dalam penelitian novel Hujan Karya Tere Liye dapat dibatasi sebagai berikut : (1) Bagaimanakah unsur intrinsik pembentuk novel Hujan Karya Tere Liye? (2) Bagaimanakah nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Hujan karya Tere Liye? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur intrinsik pembentuk novel Hujan Karya Tere Liye dan untuk mengetahui nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Hujan Karya Tere Liye. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori struktural. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yaitu novel Hujan karya Tere Liye dan sumber data sekunder yaitu data-data yang diperoleh dari sumber lain.Metode dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode studi pustaka dan teknik simak dan teknik catat. Sedangkan untuk metode dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah metode formal dan informal dan  teknik dedukatif dan induktif. Pada penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode informal yaitu memakai uraian kata-kata sehingga  dapat diperoleh simpulan umum yang menyeluruh mengenai pokok  permasalahan yang  dibahas. Hasil analisis yang terdapat dalam novel Hujan Karya Tere Liye meliputi analisis unsur intrinsik  yang berupa tema, tokoh dan penokohan, alur, latar,sudut pandang, amanat, dan analisis nilai-nilai pendidikan yang berupa nilai agama, nilai moral, nilai sosial.

Article Details

How to Cite
Kalista Prisca Juwita Pentor, Ida Bagus Rai, & Ariana, I. P. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye. Widya Accarya, 12(2), 205-218. https://doi.org/10.46650/wa.12.2.1130.205-218
Section
Articles

References

Suryani, W., & Adnyana, I. K. S. (2021). Tindak Tutur Direktif dalam Novel Harmony dalam Tanda Tanya (?) Karya Melvy Yendra & Andriyati. Stilistika, 9(2), 151–163.
Damono, Sapradi Djoko. 1984. Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Darmadi, Hamid. 2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Pustaka Setia.
Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (ingkasan Kegiatan Belajar Mengajar). Jakarta: Depdiknas.
Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Poerdarminta, W. J. S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta LPN.
Rosyadi. 1995. Nilai-nilai Budaya Dalam Naskah Kaba. Jakarta: CV Dewi Sari.
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya, 9(1).
Santika, I. G. N. (2020). Menelisik Akar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK Dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(1), 26–36. https://doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001
Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha.
Sumardjo. 1986. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Swarniti, N. W. (2020). Fenomena Morfologi pada Berita-Berita di CNN Indonesia Mengenai Covid-19: Kajian Linguistik. In COVID-19 Perspektif Susastra dan Filsafat (p. 93). Yayasan Kita Menulis.
Swarniti, N. W. (2021). A Corpus Based Approach to the Analysis of Structures in Prepositional Phrase. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 4(1), 18–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/yb.v4i1.2207
Teeuw, A. 1998. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
Tere Liye, 2016. Novel Hujan: Gramedia Pustaka Utama.