Pendampingan Masyarakat Dalam Perancangan Pasar Di Desa Pejeng Kaja Sebagai Penunjang Desa Wisata

  • Pande Putu Dwi Novigga Artha Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • Ni Putu Ratih Pradnyaswari Anasta Putri Program Studi Arsitektur, Universitas Warmadewa
  • Putu Ayu Sita Laksmi Program Studi Ekonomi, Universitas Warmadewa
Keywords: Daya Tarik Wisata, Desa Pejeng Kaja, Fasilitas Penunjang, Pariwisata, Perancangan, Tampaksiring

Abstract

Desa Pejeng Kaja terletak di Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar merupakan sebuah desa yang kaya akan potensi alam dan peninggalan cagar budaya. Melihat bagaimana potensi peningkatan kunjungan wisatawan ke Bali, dan adanya kebijakan pembangunan pariwisata berbasis desa, Desa Pejeng Kaja melalui pemerintahan desa berupaya mengarahkan pengembangan desa menjadi sebuah destinasi wisata dengan mengembangkan titik-titik potensi wisata alam & budaya yang ada di wilayah Desa. Berdasarkan hasil analisis studi kelayakan tahun 2022 desa Pejeng Kaja memiliki 9 subak dan banyak pura cagar budaya. Sehingga dalam perancangan masterplan terdapat beberapa fasilitas yang diusulkan antara lain jalan tani, pengembangan pura dan revitalisasi pasar. Berdasarkan urgensi pengadaan maka dipilihlah pengadaan pasar menjadi fokus pengabdian tahun 2023. Pasar merupakan tempat berputarnya roda ekonomi, standar kesejahteraan dan sekaligus menjadi identitas kawasan. Revitalisasi pasar Desa Pejeng Kaja akan mejadi pasar masyarakat sekaligus pasar kerajinan dan oleh oleh sehinga diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat dengan pengelolaan menjadi bagian dari Bundes. Luaran dari pengabdian ini adalah gamabr konsep Pasar di Desa Pejeng Kaja dan Penyuluhan terkiat Strategi Perningkatan Ekonomi Pelaku UMKM melalui Pembukaan Pasar Rakyat. Tujuan dari pengabdian ini selain memberikan fasilitas juga memberikan edukasi terkait pengembangan desa menjadi desa wisata yang mandiri

References

Adelia, E,M.,Asrul,S.,Guruh,K,K. 2021. Kajian Arsitektur Vernakular (Ruang Dan Struktur) Lampung.Desa Pekon Hujung Lampung Barat. Mintakat: Jurnal Arsitektur, Universitas Merdeka Malang.

Dwi,N,A,P,P.,Pradnyaswari,A,P,N,P,R.,Putu,A,S,L. 2022. Pendampingan Masyarakat Dalam Pembentukan Desa Pejeng Kaja Menjadi Desa Wisata. Jurnal Sutramas. Denpasar

Swadayaningsih, M . 2020. (FGD)Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Singaraja

Mahfud,MH., 2020. Metode penentuan faktor-faktor keberhasilan penting dalam analisis swot. Jurnal Univetbantara.

Malik, F. (2016). Peranan Kebudayaan Dalampencitraan Pariwisata Bali. Jurnal Kepariwisataan Indonesia : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, Vol 11 No 1, 67-92.

Prasyanti, A. (2019). Pengembangan Pariwisata Berbasis Arsitektur Nusantara. Jakarta: Kementrian Pariwisata Republik Indoneisa.

Pitana, I. Gede dan Gayatri, Putu G. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Raharjana, D. T. (2012). Membangun Pariwisata Bersama Rakyat: Kajian Partisipasi Lokal Dalam Membangun Desa Wisata Di Dieng Plateau. Kawistara, P 225-328.

RI, K. (2019). Materi Pengembangan Desa Wisata. Jakarta: Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Published
2023-09-29
How to Cite
[1]
Pande Putu Dwi Novigga Artha, Ni Putu Ratih Pradnyaswari Anasta Putri and Putu Ayu Sita Laksmi 2023. Pendampingan Masyarakat Dalam Perancangan Pasar Di Desa Pejeng Kaja Sebagai Penunjang Desa Wisata. Jurnal Anala. 11, 2 (Sep. 2023), 40-50. DOI:https://doi.org/10.46650/anala.11.2.1458.40-50.
Section
Articles