PERENCANAAN PENATAAN PURA TIRTA MAS DAN PURA PASAR AGUNG SEBAGAI PETANDA AREAL SUCI DI KAWASAN PURA SAD KAHYANGAN LUHUR ANDAKASA, KARANGASEM

  • Ar. Ir. I Wayan Wirya Sastrawan, S.T., M.Sc. universitas warmadewa
  • Ar. Ir. I Gede Surya Darmawan, S.T., M.T. universitas warmadewa
  • Ir. I Wayan Widanan, S.T., MPM. universitas warmadewa
Keywords: Perencanaan, Penataan, Masterplan

Abstract

Pura Luhur Andakasa adalah salah satu pura bagian dari Sad Khayangan yang ada di Bali. Pura ini terletak di Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Karangasem. Pura ini terletak di dataran tinggi lebih dari 200 mdpl. Sebelum mencapai Pura Luhur Andakasa, para pemedek akan menjumpai Pura-Pura Penataran dibawahnya. Pura-pura ini kemudian disebut Pura Penataran di kawasan Andakasa. Seperti Pura Tirta Mas dan Pura Pasar Agung. Pada kedua pura ini, penataan pura berdasarkan konsep Tri Mandala belum terlihat jelas antara area Nista Mandala, Madya Mandala, dan Utama Mandala. Dengan kondisi eksisting kedua pura tersebut, ada keinginan dari pengempon pura terutama untuk kembali menata dan melengkapi fasilitas pura sehingga dapat berfungsi dengan semestinya. Oleh sebab itu dengan adanya rencana penataan kembali Pura Tirta Mas dan Pura Pasar Agung, maka diperlukan gambar masterplan dan Detail Engineering Design (DED) yang terencana dengan baik. Sehingga diharapkan dengan adanya gambar tersebut dapat membantu pengempon pura pada proses penataan selanjutnya, sekaligus bila diperlukan dapat dijadikan kelengkapan pada pengajuan proposal penggalian dana.

References

Asri, N. L. S. K. (2013). Pura Kehen di Desa Pakraman Cempaga, Bangli, Bali (Sejarah Struktur dan Fungsinya Sebagai Sumber Belajar Sejarah). Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(3).

Sulastri, N. P. A., & Guntur, I. N. (2013). Sistem Tenurial Tanah Adat di Bali: Studi Tanah Pekarangan Desa di Desa Pakraman Beng. BHUMI: Jurnal Agraria Dan Pertanahan, (38), 285-299.

Suryada, I. G. A. B., & Bagus, G. A. (2012). Konsepsi Tri Mandala Dan Sanga Mandala Dalam Tatanan Arsitektur Tradisional Bali. Jurnal SUlapa, 4(1), 23-32.

Published
2023-09-29
How to Cite
[1]
Ar. Ir. I Wayan Wirya Sastrawan, S.T., M.Sc., Ar. Ir. I Gede Surya Darmawan, S.T., M.T. and Ir. I Wayan Widanan, S.T., MPM. 2023. PERENCANAAN PENATAAN PURA TIRTA MAS DAN PURA PASAR AGUNG SEBAGAI PETANDA AREAL SUCI DI KAWASAN PURA SAD KAHYANGAN LUHUR ANDAKASA, KARANGASEM . Jurnal Anala. 11, 2 (Sep. 2023), 51-57. DOI:https://doi.org/10.46650/anala.11.2.1455.51-57.
Section
Articles