Implementasi Think-Pair-Share Dengan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII G SMP Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2012/2013

  • Ida Bagus Putra Arsana

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kinerja pembelajaran pertandingan siswa melalui penerapan think-pair-share pemetaan utama. Ini adalah model proses belajar-mengajar pertandingan yang memiliki keunggulan tertentu untuk dapat mengoptimalkan prestasi siswa.Ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan jumlah subyek 43 VII siswa G kelas pada SMP Dwijendra Denpasar, bahkan semester pada tahun akademik 2012/2013. Ini dilakukan di tiga siklus. Para siswa mencocokkan data kinerja dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar pertandingan. Maka itu dianalisis dengan menerapkan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) tunduk berarti siswa mencocokkan prestasi belajar mengindikasikan peningkatan signifikan dari siklus ke teks, dalam serial dari 50,60 menjadi 68,05 dan 74,79. Pertandingan siswa prestasi belajar rata-rata siklus pertama adalah di bawah kriteria ketuntasan minimal / KKN. Dalam konteks dalam KKM, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan think-pair-bersama pemetaan pikiran dapat meningkatkan prestasi belajar pertandingan siswa. Peningkatan ini dapat diperoleh dengan kegiatan variasi pembelajaran, seperti: (a) siswa mempelajari subjek belajar dan berpikir diri mereka dari masalah dalam lembar kerja siswa (LKS). (Ii) siswa diminta untuk berbagi di lain untuk menjadi presentasi apa yang mereka meskipun tentang individu (iii) siswa diminta untuk menjadi presentasi hasil diskusi, (iv) siswa membuat catatan pemetaan pikiran, (v) siswa diberi poin tambahan dan (vi) siswa memiliki catatan pekerjaan rumah. Para siswa juga memberikan respon positif untuk proses belajar-mengajar yang diterapkan dengan skor respon 75,81.

Author Biography

Ida Bagus Putra Arsana
Alumni IKIP Saraswati Tabanan tahun 2009 Fakultas MIPA jurusan Matematika dan saat ini bekerja di Yayasan Dwijendra Denpasar
Published
2017-03-14
How to Cite
Arsana, I. B. P. (2017). Implementasi Think-Pair-Share Dengan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII G SMP Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2012/2013. Widyasrama, 22(2). Retrieved from http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyasrama/article/view/52