Menuju Pendidikan Arsitektur yang Berkualitas dan Beridentitas

  • I Nyoman Gde Suardana Universitas Dwijendra

Abstract

Pada  zaman  global,  peluang  kerja  di  bidang  desain  arsitektur  berhadapan dengan persaingan yang semakin ketat. Arsitektur adalah perpaduan antara seni, sains dan teknologi. Sementara teori - pendidikan  arsitektur masih berupaya mencari bentuk dan format yang tepat. Apa yang bisa diperoleh dari pendidikan arsitektur? Apa yang mesti dipelajari dalam arsitektur?Dalam konteks dunia pendidikan arsitektur, ada beberapa faktor yang sangat berperan guna menghasilkan sarjana arsitektur ataupun arsitek yang lebih berkualitas dan beridentitas. Beberapa Jangkap yang dapat dilakukan, adalah :  (i) aplikasi metode proses belajar yang baik, (ii) ketersediaan tenaga pengajar yang memadai serta (iii) pengelolaan Studio Perancangan Arsitektur yang efektif dengan menekankan pada kurikulum pendidikan arsitektur yang berbasis kearifan lokal nusantara.Di  sisi  Jain pendidikan  arsitektur  yang mengarah  sebagai  praktisi  hendaklah  diberi imbangan terhadap teori-teori arsitektur, pengkayaan nilai-nilai, falsafah dan kandungan maknanya.  Pada  akhirnya  sebuah  model ·   pembelajaran desain  yang  baik perlu dtciptakan sehingga mengandung ane.kaupay.a untuk rnernbina atau meningkatkan kreativitas dan berlatih menemukan banyak gagasan.Kata Kunci .: pendidikan arsitekt.ur,kualitas, identitas
Published
2014-08-17
How to Cite
Suardana, I. N. G. (2014). Menuju Pendidikan Arsitektur yang Berkualitas dan Beridentitas. Widyasrama, 23(1). Retrieved from http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyasrama/article/view/360