POLA KOMUNIKASI I AM BALI 3D MUSEUM DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG

  • Astuti Wijayanti Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis, Universitas Dwijendra
Keywords: Pola Komunikasi, Museum, Pengunjung

Abstract

Pola komunikasi I AM Bali 3D Museum dalam meningkatkan jumlah pengunjung pada studi kasus I AM Bali Denpasar, bertujuan untuk mengetahui makna pola dalam meningkatkan jumlah pengunjung di I AM Bali 3D museum serta untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan oleh I AM Bali dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan dengan temuan Penelitian dengan subjek penelitian yakni karyawan I AM Bali, Direktur I AM Bali. Hasil penelitian ini menggunakan tiga model pola komunikasiĀ  yakni pola komunikasi satu arah, pola komunikasi dua arah, danĀ  pola komunikasi multi arah. Pada pola komunikasi ini dapat diuraikan bahwa cara usaha-usaha dalam meningkatkan jumlah pengunjung dengan cara membuat tampilan museum I AM Bali semenarik mungkin, memberikan pelayanan yang ramah, menawarkan promo atau diskon tiket agar mudah menarik pengunjung yang datang ke I AM Bali dan yang terakhir memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan I AM Bali pada pengunjung manca negara maupun lokal.

References

Bungin, Burhan. (2015). Komunikasi Parawisata. Jakarta :PT. Aditya Andrebida Agung
Cangara, Hafied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Hardyansyah. (2015). komunikasi pelayanan public konsep dan aplikasi. Yogyakarta: Gava Media.
Morissan. (2013). Teori Komunikasi, Komunikator, Pesan, Percakapan, Dan Hubungan (Interpersonal). Bogor: Ghalia Indonesia.
Pace, R, Wahne, dan Don F. Faules. (2005). Komuniksi organisasi strategi meningkatkan kinerja perusahaan. Bandung:remaja rosdakarya.
Rivai, Veithzal. 2005. Kepemimpinan dan perilaku organisasi, edisi kedua. Jakarta:rajagrafindo persada.
Published
2022-12-01
How to Cite
Astuti Wijayanti. (2022). POLA KOMUNIKASI I AM BALI 3D MUSEUM DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG. Widyasrama, 33(2), 166-173. Retrieved from http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyasrama/article/view/1390