PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN OLEH MEDICAL REPRESENTATIVE DALAM PROMOSI OBAT KEPADA PARA DOKTER (Studi Kasus pada Medical Representative PT.Sintesa Health di Denpasar)

  • Ni Nyoman Cipta Dewi Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis, Universitas Dwijendra Denpasar
  • Astuti Wijayanti Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis, Universitas Dwijendra Denpasar
Keywords: Medical Representative, Komunikasi Pemasaran, Promosi Obat

Abstract

PT.Sintesa Health Denpasar yang memiliki tujuan untuk memasarkan dan menjual produk sesuai dengan target yang diberikan oleh perusahaan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut yang harus dilakukan, mulai dari menentukan target pasar, melakukan analisis dan evaluasi sehingga akhirnya menemukan penerapan komunikasi pemasaran yang matang dalam memenuhi target yang diberikan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 2 (dua) orang informan dan objek penelitian adalah bagaimana penerapan komunikasi pemasaran oleh Medical Representative dalam promosi obat kepada para dokter (Studi Kasus pada Medical Representative di PT. Sintesa Health). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa penerapan komunikasi pemasaran yang digunakan, yaitu melakukan periklanan, sales promotion, analisis proses komunikasi, menentukan anggaran, melakukan penerapan komunikasi pemasaran dan meningkatkan penjualan obat terhadap target yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Dengan mengacu kepada model penerapan komunikasi pemasaran oleh medical representative dalam promosi obat kepada para dokter dapat berjalan dengan efektif, sehingga target tahunan yang diberikan oleh perusahaan dapat terpenuhi.

References

Ac Sari. I R.Hartina, R Awalia, H Irianti, N Ainun no. Desember, 2018-Researchgate.net
Grude. C HARILAMA. E Mingkid-Acta Piurna 2020-ejurnal.unstrat.ac.id
Kotler dan Keller. 2019. Lingkar studi komunikasi vol,2019.Journalis.telkomuniversity.ac.id
Mulyana. J Rakmat. 1990-academia.com
Nugroho. 2009. Books.google.com
Severin dan Takard, Jr. 2009.T Suprapt-2009.books.google.com
Published
2022-12-01
How to Cite
Ni Nyoman Cipta Dewi, & Astuti Wijayanti. (2022). PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN OLEH MEDICAL REPRESENTATIVE DALAM PROMOSI OBAT KEPADA PARA DOKTER (Studi Kasus pada Medical Representative PT.Sintesa Health di Denpasar). Widyasrama, 33(2), 155-156. Retrieved from http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyasrama/article/view/1389