IMPLEMENTASI LKPD INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS MUATAN IPA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini Universitas Dwijendra
Keywords: LKPD, Ketrampilan Sain, IPA

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi seperti sekarang ini, menuntut setiap bangsa untuk mengerahkan pikiran dan potensinya untuk bersaing memperebutkan peluang dalam berbagai aspek kehidupan. Berdasarkan hasil Programme for International Student Assesment (PISA) yang digagas oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development). Hasil dari Programme for International Student Assesment (PISA) menyatakan tahun 2018 siswa Indonesia masih berada di jajaran nilai terendah terhadap pengukuran membaca, matematika, dan sains dengan rincian sebagai berikut. Pada kategori kemampuan membaca, Indonesia Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi nonpartisipatif. Ketika melakukan observasi, peneliti mencatat hal-hal spesifik atau hal yang luar biasa yang terjadi selama pembelajaran berlangsung. Selain itu, teknik angket ini juga membantu ketika analisis data dilakukan Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Analisis data ini adalah langkah terpenting untuk mendapatkan jawaban dari masalah yang ingin dipecahkan. Peneliti menganalisis keseluruhan data berdasarkan pedoman yang digunakan dan mengklasifikasikan data sesuai masalah penelitian. Selanjutnya data disajikan dan disimpulkan. LKPD Inovatif dirasa sangat cocok untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

References

Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. KementerianPendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Published Desember, 2019.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Agus Kurniawan. 2015. Pengembangan Lembar Kerja. Jakarta: FKIP UMP.

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2).

Surya Widia Lestari; Subhan, M.; Deded Pratama. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dharma PGSD 2021, 1 (2), 162–172.

Berita Update. Maret 21, 2022. Mengenal Pengertian Tri Pramana dalam Agama Hindu. kumparan. https://kumparan.com/berita-update/mengenal-pengertian-tri-pramana-dalam-agama-hindu-1xj3mMbQzTY.

Winarno Winarno, Widha Sunarno, & Sarwanto Sarwanto. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS)

PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA TEMA ENERGI. Inkuiri, 4(1), 82–91. Retrieved fromhttps://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/inkuiri/article/view/7425

Putu Maria Ratih Anggraini dan Ayu Veronika Somawati Pramana. 2018. dalam Perspektif Penalaran Filsafati. Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja.

Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Petunjuk Praktikum IPA Bermuatan Perubahan Konseptual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Pada Mahasiswa PGSD. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1).

Lestari, Ega Ayu. (2018). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS EKSPERIMEN IPA KELAS V SD/MI - Raden Intan Repository. Radenintan.ac.id. https://doi.org/http://repository.radenintan.ac.id/4287/1/SKRIPSI%20EGA%20AYU%20LESTARI.pdf

Molenda, M dan Reiser. 2003. In Search of The Ellusive ADDIE Model. Educational Technologi: An Encyclopedia, 42 (5), 34-36.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

-------. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Muchlisin Riadi. (2022, April 20). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

Published
2022-12-01
How to Cite
Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini. (2022). IMPLEMENTASI LKPD INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS MUATAN IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Widyasrama, 33(2), 119-123. Retrieved from http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyasrama/article/view/1380