PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TIPE PREDICTION, OBSERVATION AND EXPLANATION (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWAKELAS V SD NO. 1 SADING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning Tipe Prediction, Observation and Explanation (POE) dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitiannya adalah non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD No. 1 Sading yang berjumlah 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan melalui teknik sampling jenuh. Teknik sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Kelas VA sebagai sampel kelompok kontrol dengan jumlah sampel sampel 28 orang, sementara kelas V B sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 orang. Pengumpulan data hasil belajar IPA dilakukan dengan metode tes yaitu tes obyektif pilihan ganda. Data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t (independent sampel-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning Tipe Prediction, Observation and Explanation (POE) dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model konvensional. Hal ini terbukti dari hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh dan didukung dengan perbedaan rata – rata hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning Tipe Prediction, Observation and Explanation (POE) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD No.1 Sading.References
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Ningrum, E. (2016). Pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1).
Madrasah Ibtidaiyah.2020. Bagaimana Implementasi Kurikulum 2013. https://www.duniapgmi.com/2020/02/bagaimana-implementasi-kurikulum-2013.html
Sudiadnyani, P., & Garminah, D. N. S. N. N. (2013). Pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SD di Kelurahan Banyuasri. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).
Yupani, N. P. E., Garminah, N. N., & Mahadewi, L. P. P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observeexplain (Poe) Berbantuan Materi Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Samatowa, Usma. 2010. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Restami, M. P., Suma, K., & Pujani, M. (2013). Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explaint) terhadap pemahaman konsep fisika dan sikap ilmiah ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).
Juniari, N. K., Kusmariyatni, N., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran poe dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v sd. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).