IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD

  • I Putu Edy Purnawijaya Universitas Dwijendra Denpasar
  • Putu Diyah Utami Universitas Dwijendra Denpasar
  • Katharina Putu Mariani Universitas Dwijendra Denpasar
Keywords: Pendekatan Saintifik, Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk menganalisis keefektifan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa SD. Peneliti menganalisis beberapa jurnal elektronik yang membahas tentang Implementasi Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. Model pembelajaran Pendekatan santifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, menumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”. Pendekatan ini dinilai sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran serta meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sehingga pemerintah menganjurkan bagi para pendidik untuk menggunakan pendekatan ini ke dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Terdapat beberapa model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan pendekatan saintifik. Salah satunya adalah model pembelajaran discovery learning. Model pembelajaran ini menekankan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan pengalaman belajar secara aktif. Dalam prosesnya, model pembelajaran ini akan membimbing peserta didik untuk menemukan dan mengemukakan gagasan terkait topik yang dipelajari. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode meta analisis. Metode penelitian ini menganalisis sebanyak enam jurnal elektronik yang dipublikasikan dari lima tahun terakhir. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar, keterampilan berpikir ilmiah, meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan efektif meningkatkan literasi sains siswa. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi tenaga pendidik dalam merancang kegiatan pembelajaran yang tepat dan bermakna bagi siswa.

References

Imam Ghozali (2017, Juni), Pendekatan Scientifik Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Pedagogik, Vol. 04 No. 01, Januari-Juni 2017 ISSN : 2354-7960, E ISSN : 2528-5793
Syahrir ( 2019, Oktober), Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa p-ISSN: 2442-9511 e-ISSN: 2656-5862
Desta Kartikasari, Rosane Medriati, Andik Purwanto Penerapan, (2018) Discovery Learning Model dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Kalor dan Perpindahan Kalor
Anak Agung Sri Krisna Dewi, DB. Kt. Ngr. Semara Putra, I Ketut Ardana ( 2016) Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pengetahuan IPA pada Siswa Kelas IV SDN 8 Sumerta Tahun Ajaran 2015/2016
Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. JURNAL Pendidikan Profesional, Volume 5, No. 3, Desember, 120.
Efriana, F. (2014). Penerapan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTSN Palu Barat Pada Materi Keliling Dan Luas Daerah Layang-Layang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 01 Nomor 02, Maret, 171-172.
Nurul Hidayati, E. (2014). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach ) Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII TITL 1 SMK Negeri 7 Surabaya Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 03 Nomor 02 Tahun, 24.
Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, Volume 1 No 1, 29-33.
Hardianti, Nurhayati, & Yani , A. (2015). Peranan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Lappariaja. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, Jilid 11 Nomor 1, 34-39.
Agustriana, A., Ningrum , E., & Somantri , L. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dukupuntang). Analogi Pendidikan Geografi, Volume 3 No 1, 1-16.
Sapitri, U. E., Kurniawan , Y., & Sulistri , E. (2016). Penerapan Model Discovry Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Kalor. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika (JIPF), Volume 1 No 2, 64-66.
Istiana, G. A., Catur, A. N., & Sukardjo. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak. Jurnal Pendidikan Kimia, Volume 4(No 2), 65-73.
Windarti, Y., Slameto, & Widyanti, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4SD. Jurnal Pendidikan Berkarakter, Vol. 1(No.1), 150-155.
Published
2022-08-01
How to Cite
I Putu Edy Purnawijaya, Putu Diyah Utami, & Katharina Putu Mariani. (2022). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. Widyasrama, 33(1), 68-76. Retrieved from http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyasrama/article/view/1320