DISTRIBUSI PEMASARAN SAYUR BUNGA KOL (Brassica Oleracea) DI DESA BATURITI KECAMATAN BATURITI KABUPATEN TABANAN

  • Ida Ayu Candrika Dewi Program Studi Agribisnis,Fakultas Pertanian Dan Bisnis,Universitas Dwijendra
Keywords: Strategi pemasaran, produk, sayur bunga kol

Abstract

Indonesia memiliki iklim yang mendukung untuk pengelolaan usahatani, seperti tanaman hortikultura termasuk sayur bunga kol. Bali merupakan pulau yang sebagian besar penduduknya hidup dari hasil bercocok tanam atau bertani, sehingga pertanian merupakan salah satu sektor yang memegang peranan penting dalam kesejahteraan kehidupan penduduk masyarakat. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Strategi pemasaran sayur bunga kol di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan dan untuk mengetahui kendala pemasaran Sayur bunga kol di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Lokasi penelitian ini dipilih secara sengaja di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Responden dalam penelitian ini adalah petani sayur bunga kol sejumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumen dan kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pemasaran tetap memperhatikan 4 P, yaitu product (produk) price (harga), place (distribusi pemasaran produk) dan promotion (promosi produk) dan beberapa kendala yang di hadapi oleh petani di Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan adalah fluktuasi harga di pasar (tingkat konsumen), pembayaran yang tidak tunai, bertambahnya perusahan yang baru sebagai pesaing, terbatasnya kepastian untuk melakukan peningkatan promosi dan terbatasnya produk. Saran dari penelitian ini ialah selalu menjaga dan tetap meningkatkan kualitas produk Sayur bunga kol yang di tawarkan kepada masyarakat agar tetap mempertahankan kepuasan pelanggan.

References

Alam.2002 Manajamen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. ALFABETA,Badung.

Anon, 2011. Pedoman umum penyelenggaraan peyuluhan pertanian , jakarta: Rineka

Assauri.2002. Manajamen Pemasaran: Konsep Dasar dan Stategi Cetakan Ke- 7. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Badan Pusat Statistik. 2016. Penduduk 15 Tahun Ke atas yg Bekerja Menurut Lapangan Pekerjaan Utama 1986-2017: Badan Pusat Statistik Provinsi Bali.

Buchari, Alam, 2007, manajamen pemasaran dan pemasran jasa penerbit ALFABETA, Badung

Candra.2002.Strategi Dan Program Pemasaran.Yogyakarta: Adi.

Dewi, I.A.C.2021. Bauran Pemasaran Sayuran Di UD.Panca Serani Di Desa Bangli Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. Jurnal Widyasrama Vol 31 No.1 (2021)

Deptan RI, 2007 Foodborne Disease, Jakarta: Cipta NS

Fandi, Tjiptono,1995, Strategi Pemasaran, Edisi pertama, Adi Offsed.Ygyakarta .

Fandi,Tjiptono, 2002,persefsi manajamen dan pemasaran dan pemasaran kontrerprorer,penerbitan Adi, Ygyakarta.

Fandi Tjiptono 2004, manajamen jasa, Edisi II Adi, Yogyakarta.

Freddy, 2003, Mengansuring cutomer sacisfaction, Gramedia, Pustaka Utama, Jakarta.

Hasibuan. 2007. Manajer: Dasar,Pengertian Dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta Erlangga.

Herujito. 2001. Dasar Manajamen,PT Grasindo, Jakarta. Husein, Umar, 2003, Metode riset, PRILAKU KONSUMEN JASA, penerbit: Gahlia Indonesia, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Inu, Kencana, 1999 ilmu admistrasi publik, Rineka Cipta Jakarta.

Kartini, 2000.Manajamen Pemasaran.Kartini 2000. Pertanian Organik.

Kotler. 2002. Manajamen Pemasaran Edisi Milinium, PT Pren Bhalindo

Kotler, Philip,2005. Manajamen pemasaran, Edisi Kesebelas, jIlid I terjema bahasa indonesia, PT Indeks, Jakarta .

Nur Arifin,2016. Analisis Jalur Distribusi Sayuran Bunga Kol ( Brassica Oleraceae) Dari Petani Di Keamatan Baturiti Hingga Konsumen Di Kota Denpasar, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindusri Vol 4 No.2 (2016)

Payne, Adrian. 2001 . The Essesce of sencitive Marketing (Pemasaran Jasa) Jogyakarta: Adi

Published
2022-08-01
How to Cite
Ida Ayu Candrika Dewi. (2022). DISTRIBUSI PEMASARAN SAYUR BUNGA KOL (Brassica Oleracea) DI DESA BATURITI KECAMATAN BATURITI KABUPATEN TABANAN. Widyasrama, 33(1), 17-23. Retrieved from http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyasrama/article/view/1294