MENINGKATKAN KUALITAS ADMINISTRASI SEKOLAH MELALUI LITERASI DIGITAL

  • Dewa Ayu Made Manu Okta Priantini Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Dwijendra
Keywords: Administrasi, Literasi Digital

Abstract

Saat ini profesi guru merupakan salah satu profesi yang banyak diminati oleh generasi muda karena kerja dengan waktu yang fleksibel. Salah satunya pemerintah telah memperhatikan profesi guru ini yaitu dengan pemberian tunjangan sertifikasi bagi guru-guru yang sudah disertifikasi (PPPK dan PNS). Namun dibalik pemberian tunjangan tersebut, pemerintah menuntut para guru untuk lebih meningkatkan profesionalismenya dengan penguasaan kompetensi yang dimilikinya. Tugas guru Bukan hanya bagian mengajar saja, melainkan guru mengerjakan administrasi untuk masa jabatannya. Untuk pengerjakan administrasi sekolah, guru mengerjakan dengan menggunakan komputer. Dalam hal ini pemerintah tidak memandang Guru senior maupun guru muda, seluruh guru di Indonesia wajib mengetahui cara penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kualitas guru di sekolah dalam bagian administrasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan subjek yaitu sekolah dasar. Penelitian dilakukan kepada Sekolah Dasar Negeri 11 Peguyangan. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara dan survei. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif.

References

Afandi, Junanto, T., & Afriani, R. (2016). Implementasi Digital-Age Literacy dalam Pendidikan Abad 21 di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains.
Engkoswara & Aan Komariah. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Niarsa, A. (2013). Studi Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) DI SD Negeri 01 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora (Skripsi, Universitas Negeri Semarang).
Nurdin. 2011. pengaruh kemampuan manajerial staf administrasi terhadap upaya peningkatan kualitas administrasi sekolah dalam pemanfaatan teknologi informasi berbasis komputer (studi pada smk negeri dan swasta se-kota bandung)
Enny Dwi Lestariningsih. 2019. Penggunaan Aplikasi Komputer dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri 01 Kembangarum Semarang
JISC. (2017). Developing digital literacies | Jis
Published
2021-12-01