PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS II SD DWIJENDRA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Dewi Juniayanti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Dwijendra
Keywords: model pembelajaran, Kooperatif, tipe STAD, hasil belajar muatan PKN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKN dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar PKN pada siswa kelas II  di SD Dwijendra Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room action research). Subjek dalam penelitian ini adalah selurug siswa kelas II di SD Dwijendra yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancaraan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PKN pada siswa kelas II di SD Dwijendra dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD  Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan pada pra-siklus, jumlah nilai rata-rata kelas adalah 64,4. Pada tindakan siklus I jumlah nilai rata-rata kelas adalah 76,6 siswa. Pada tindakan siklus II jumlah nilai rata-rata kelas adalah 82 siswa sehingga pada tindakan siklus I dan II sudah mencapai tahap keberhasilan.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar muatan pkn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas II SD Dwijendra tahun pelajaran 2020/2021.

References

Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antara Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Novitasari, D. (2015). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas III A SDK Demangan Baru 1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Kusumah, W. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Poerwanti, E., dkk. (2008). Assesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Dikti.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, R, E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Udin S. Winata Putra, Pembelajaran PKn di SD, Jakarta : Universitas Terbuka, 2011

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Juniantari, A.A Vera. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Gianyar”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 1 (hlm.9), Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php//JJPGSD/article/ download/259 (diakses tanggal 27 Maret 2021).

Maharini, Diah. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar PKN Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV SD Gugus 1 Kuta Kabupaten Badung”. Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Penidikan Ganesha, Volume 3 (hlm.10), Tersedia pada www.google.com/search?q=Pengaruh+Model+Pembelajaran+Kooperatif+Tipe+STAD+Terhadap+Hasil+Belajar+PKN+Ditinjau+Dari+Motivasi+Berprestasi+Siswa+Kelas+IV+SD+Gugus+1+Kuta+Kabupaten+Badung&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab (diakses tanggal 29 Maret 2021).

Sunilawati, Made. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD”. Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3 (hlm. 3), Tersedia pada http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_pendas/article/viewFile/513/305 (diakses tanggal 3 April 2021).

Lubis maulana Arafat, (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarnegaraan (PKN) di SD/MI: peluang dan tantangan di era Industry 4.0. Ed. 1. Jakarta: penerbit kencana.

Samsuri. 2011. Pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana membangun

Karakter Bangsa. Yogyakarta: UNY Press.

Setijo pandji. (2011). Edisi keempat.pendidikan pancasila. Jakarta. Grasindo.

Siyoto, sandu dan sodik, m. Ali. (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: literasi Media publishing.

Santrock, J. W. (2011). Educational psychology. New York: McGraw- Hill.

Susarsimi, Arikunto. Ed. 2, (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sani, ridwan Abdullah, edisi 1. (2019). Strategi belajar mengajar. Depok; rajawali pers.

Wiriaatmadja, R. (2014). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Published
2021-12-01