BAURAN PEMASARAN SAYURAN DI UD.PANCA SERANI DI DESA BANGLI KECAMATAN BATURITI KABUPATEN TABANAN
Keywords:
Bauran pemasaran, produk, pesain
Abstract
Indonesia memiliki iklim yang mendukung untuk pengelolaan usahatani, seperti tanaman hortikultura termasuk Sayuran. Bali merupakan pulau yang sebagian besar penduduknya hidup dari hasil bercocok tanam atau bertani, sehingga pertanian merupakan salah satu sektor yang memegang peranan penting dalam kesejahteraan kehidupan penduduk masyarakat. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Bauran pemasaran sayuran di UD. Panca Serani, Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan dan untuk mengetahui kendala pemasaran Sayuran di UD.Panca Serani, Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Lokasi penelitian ini dipilih secara sengaja di UD. Panca Serani, Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Responden dalam penelitian ini adalah 10 orang, yaitu: Manager, Sekretaris, Bagian Produksi, Bagian Pemasaran, serta karyawan yang menangani pemasaran Sayuran. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumen dan kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Bauran pemasaran Perusahaan UD.Panca Serani tetap memperhatikan 4 P, yaitu product (produk) price (harga), place (distribusi pemasaran produk) dan promotion (promosi produk) dan beberapa kendala yang di hadapi oleh perusahan UD.Panca Serani adalah fluktuasi harga di pasar (tingkat konsumen), pembayaran yang tidak tunai, bertambahnya perusahan yang baru sebagai pesaing, terbatasnya kepastian untuk melakukan peningkatan promosi dan terbatasnya produk. Saran dari penelitian ini ialah selalu menjaga dan tetap meningkatkan kualitas produk Sayuran yang di tawarkan kepada masyarakat agar tetap mempertahankan kepuasan pelanggan.References
Alam.2002 Manajamen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. ALFABETA,Badung.
Anon, 2011. Pedoman umum penyelenggaraan peyuluhan pertanian , jakarta: Rineka
Assauri.2002. Manajamen Pemasaran: Konsep Dasar dan Stategi Cetakan Ke- 7. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Buchari, Alam, 2007, manajamen pemasaran dan pemasran jasa penerbit ALFABETA, Badung
Candra.2002.Strategi Dan Prongram Pemasaran.Yogyakarta: Adi.
Deptan RI, 2007 Foodborne Disease, Jakarta: Cipta NS
Fandi, Tjiptono,1995, Strategi Pemasaran, Edisi pertama, Adi Offsed.Ygyakarta .
Fandi,Tjiptono, 2002,persefsi manajamen dan pemasaran dan pemasaran kontrerprorer,penerbitan Adi, Ygyakarta.
Fandi Tjiptono 2004, manajamen jasa, Edisi II Adi, Yogyakarta.
Freddy, 2003, Mengansuring cutomer sacisfaction, Gramedia, Pustaka Utama, Jakarta.
Hasibuan. 2007. Manajer: Dasar,Pengertian Dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta Erlangga.
Herujito. 2001. Dasar Manajamen,PT Grasindo, Jakarta. Husein, Umar, 2003, Metode riset, PRILAKU KONSUMEN JASA, penerbit: Gahlia Indonesia, Jakarta : Ghalia Indonesia.
Inu, Kencana, 1999 ilmu admistrasi publik, Rineka Cipta Jakarta.
Kartini, 2000.Manajamen Pemasaran.Kartini 2000. Pertanian Organik.
Kotler. 2002. Manajamen Pemasaran Edisi Milinium, PT Pren Bhalindo
Kotler, Philip,2005. Manajamen pemasaran, Edisi Kesebelas, jIlid I terjema bahasa indonesia, PT Indeks, Jakarta .
Payne, Adrian. 2001 . The Essesce of sencitive Marketing (Pemasaran Jasa) Jogyakarta
Anon, 2011. Pedoman umum penyelenggaraan peyuluhan pertanian , jakarta: Rineka
Assauri.2002. Manajamen Pemasaran: Konsep Dasar dan Stategi Cetakan Ke- 7. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Buchari, Alam, 2007, manajamen pemasaran dan pemasran jasa penerbit ALFABETA, Badung
Candra.2002.Strategi Dan Prongram Pemasaran.Yogyakarta: Adi.
Deptan RI, 2007 Foodborne Disease, Jakarta: Cipta NS
Fandi, Tjiptono,1995, Strategi Pemasaran, Edisi pertama, Adi Offsed.Ygyakarta .
Fandi,Tjiptono, 2002,persefsi manajamen dan pemasaran dan pemasaran kontrerprorer,penerbitan Adi, Ygyakarta.
Fandi Tjiptono 2004, manajamen jasa, Edisi II Adi, Yogyakarta.
Freddy, 2003, Mengansuring cutomer sacisfaction, Gramedia, Pustaka Utama, Jakarta.
Hasibuan. 2007. Manajer: Dasar,Pengertian Dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta Erlangga.
Herujito. 2001. Dasar Manajamen,PT Grasindo, Jakarta. Husein, Umar, 2003, Metode riset, PRILAKU KONSUMEN JASA, penerbit: Gahlia Indonesia, Jakarta : Ghalia Indonesia.
Inu, Kencana, 1999 ilmu admistrasi publik, Rineka Cipta Jakarta.
Kartini, 2000.Manajamen Pemasaran.Kartini 2000. Pertanian Organik.
Kotler. 2002. Manajamen Pemasaran Edisi Milinium, PT Pren Bhalindo
Kotler, Philip,2005. Manajamen pemasaran, Edisi Kesebelas, jIlid I terjema bahasa indonesia, PT Indeks, Jakarta .
Payne, Adrian. 2001 . The Essesce of sencitive Marketing (Pemasaran Jasa) Jogyakarta
Published
2021-08-01
How to Cite
Ida Ayu Candrika Dewi. (2021). BAURAN PEMASARAN SAYURAN DI UD.PANCA SERANI DI DESA BANGLI KECAMATAN BATURITI KABUPATEN TABANAN. Widyasrama, 31(1), 1-9. Retrieved from http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyasrama/article/view/1143
Section
Articles