PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERNUANSA BUDAYA LOKAL SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN K13 KELAS V SD

  • Miranance Eni Zogara Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Dwijendra
  • I Gusti Ayu Puspita Dewi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Dwijendra
  • Dewi Juniayanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Dwijendra
Keywords: budaya lokal, buku cerita, efektivitas, tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita anak berdasarkan komponen-komponen buku cerita yang baik serta muatan sikap dan muatan pembelajaran pada subtema Manusia Dan Lingkungan Kurikulum 2013, serta untuk mengetahui efektifitas buku cerita yang dihasilkan tersebut dalam pembelajaran. Pengembangan buku cerita ini dilakukan dengan memasukkan muatan buaya lokal yang mendukung muatan yang terkandung dalam cerita. Penelitian ini melanjutkan hasil penelitian pengembangan desain dan produk menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementatian, Evaluation) oleh Lodo, Noni (2017) berupa prototipe buku cerita berbasis muatan tema. Penelitian ini mengembangkan prototipe tersebut melalui tiga tahapan terakhir yaitu Development, Implementatian, dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah 2 orang ahli, 2 orang guru kelas V dan 29 orang siswa kelas V Sekolah Dasar. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk minat baca siswa, lembar observasi sikap siswa dan tes hasil belajar. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,  (1) buku cerita berjudul “Hujan Sang Penolong” sudah memuat sikap spiritual, sikap sosial, dan muatan pembelajaran serta terdapat budaya lokal yang mendukung seperti kewajiban bersembahyang Mebanten Canang, dan permainan tradisionaldan  Megoak-goakan. (2) Hasil efektivitas penggunaan buku cerita terhadap sikap siswa sebesar 3,19 (sangat efektif); terhadap minat baca siswa sebesar 4,32 (sangat efektif); dan terhadap hasil belajar siswa 2,5 (sangat efektif).

References

Afzan Abadi, S. 2006. Upaya Meningkatkan Minat Baca pada Anak. Fakultas Adab. UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta. Dalam http://almaipii.multiply.com/journal/item/4. Akses 10 mei 2018.

Al-Fadley, Anaam, dkk . 2017. The Role of Kuwaiti Parents’ Involvement in Developing Their Primary School-Children’s Interest in Reading English Stories. Journal of British Journal of Education.

Bruning. J. L. 1997. Computational Handbook Of Statistic. United States Ofamerica: Library Of Congress Cataloging Of Publication.

Chaudhry, Sattar Abdus. 2014. Student response to e-books: study of attitude toward reading among elementary school children in Kuwait. Journal of Department of Library and Information Science, Kuwait University, Kuwait City, Kuwait.

Dantes. 2014. Landasan Pendidikan Tinjauan dari Dimensi Makropedagogis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hood, Colette Stelly. 2015. Effect of a Whole Language Approach Using Authentic French Texts on Student Comprehension and Attitude. Journal of Louisiana State University and Agricultural & Mechanical College.

Hua Charlotte Liu dan Matthews Robert. 2005. Vygotsky’s philosophy: Constructivism and its criticisms examined. Journal of Adelaide University, Australia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

-------. 2016. Permendikbud 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

LaCour, Misty M, dkk. 2013. Improving Pre-Kindergarten Children’s Attitude and Interest in Reading through a Parent Workshop on the Use of Dialogic Reading Techniques. Journal of Reading Improvement is the property of Project Innovation, Inc.

Lodo, N. S. A. 2017. Pengembangan Prototipe Buku Cerita Anak Berbasis Budaya Lokal Melalui Analisis Sikap dan Muatan Pembelajaran Tema Lingkungan Sehat Kita Kurikulum 2013 Kelas V Sekolah Dasar. Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Moser, Gary P. 2016. Incresing Students Achievement and Interest in Reading. Journal of Bringham Young University.

Munafo Carmelo. 2016. The Role of the Social Constructivism in Physical Education. Journal of Foro Italico University in Roma.

Nusbaum, V. V. dan Nevo, Einat. 2017. A join interactive storybook intervention program for preschool and kindergarten children. Departement of Education, Westen Galliee College, Acco, Israel; The Center for the Study of Society, University of Haifa, Haifa, Israel.

Santika, I Gusti Ngurah. 2017. Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1).

Santika, I. G. N. (2017). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).

Santika, I. G. N. (2021), Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Development And Education, 9 (2), 369-377, https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2500

Sholehuddin & Saefullah. 2010. Bangsaku Bangsa Yang Besar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Snowman, J & McCown, R. 2010. Psychology Applied to Teaching 13th ed. Boston: Wadswoth Cengage Learning.

Sutrisno, Hadi. 2016. Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Suyadi. 2009. Permainan Edukatif yang Mencerdaskan. Jogjakarta: Powerbook.

Tarigan, Henry Guntur. 1995. Dasar-dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa

Published
2021-12-01