PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS TRI HITA KARANA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS III SD
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan kuat peneliti untuk menegetahui penerapan pembelajaran tematik berbasis Tri Hita Karana dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas III SD Bina Tunas Denpasar.Kecerdasan Interpersonal memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan sosial siswa. metode yang digunakan adalah pembelajaran tematik berbasis Tri Hita Karana,Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan ,sebanyak dua kali siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dua tahap yaitu: 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) observasi/evaluasi 4) refleksi,Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi.Data dianalisis dengan cara mencari skor rata-rata dan persentase kecerdasn interpersonal siswa data dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan :siklus I,sebanyak 1 orang memperoleh skor 14 dengan nilai persen 46,6,%,sebanyak 1 orang memperoleh skor skor 15 dengan nilai persentase 50%, sebanyak 4 orang skor 16 dengan nilai persentase 53,3%, keseluruhan siswa Dalam katageri cukup.dalam siklus II mengalami peningkattan hal tersebut dapat dilihat dari sebanyak 3 orang memperoleh skor 25 dengan nilai persentase 83,3%,sebanyak 2 orang siswa mendapatkan skor 26 dengan nilai pesentase 86,6% dan 1 orang siswa memperoleh skor 27 dengan nilai persentase 90%. Pada siklus II ini seluruh siswa dalam katagori “sangat baik”.Maka dapat disimpulkan penelitian ini mengalami peningkatan.References
kemendikbud.2013.kajian pustaka a.pembelajaran terpadu.digilib.unimed.ac.id,11 november jam 11.
Mediahindu.2013.tri hita dalam konsep hindu. https://www. mediahindu.com /ajaran/tri-hita-karana-dalam konsep,hindu.html ,12 november jam10.
Goeroendeso 2018. Rancangan Penelitian Tindakan Kelas. https://goeroendeso. Wordpress.com/2018/03/18/mengenal-siklus-dalam-penelitian-tindakan-kelas,2 januri jam 10.
Adi M. Gunawan.2005 Born To Be Genius.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Farid, M. (2011). Hubungan Penalaran Moral, Kecerdasan Emosi, Religiusitas dan Pola Asuh Orang Tua Otoritatif dengan Perilaku Prososial. Ringkasan Desertasi, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UG
Gulo 2002.Metode pengumpulan data https://ruangguruku.com/metode pengumpulan-data/,7 februari jam 12.
Gordon C & Lynn Huggins-Cooper. Meningkatkan 9 Kecerdasan Anak (Terjemahan Chynthia Rozyandra). Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer
Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya, 7(1). http://103.39.12.42/index.php/widyaaccarya/article/view/898
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya, 9(1).
Santika, I. G. N. (2020). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
winaya astra. Pengaruh pembelajaran tematik berbantu media pembelajaran multimedia interaktif dengan konsep”tri hita karana“terhadap pemahaman konsep ipa siswa kelas III sd dwijendra.9 desemberjam 11
Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yuliani Nurani Sujiono .(2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Inde