PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBANTU MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BUKIAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Tematik, Media Interaktif, Hasil Belajar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi keinginan penulis untuk menerapkan model Pembeljaran Tematik Berbantu Media Interaktif Berbasis Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi/Evaluasi, (4) Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Bukian. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 42 orang siswa. Penelitian ini menggunakan total sampling analisis statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan tes hasil belajar, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar siswa. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif pada siklus I adalah rata-rata meningkat menjadi 75,02 dengan kategori “sangat baik” 7%, kategori “baik” 71%, kategori “cukup” 17%, dan kategori “kurang t5%. Setelah siklus II, rata-rata kelas meningkat menjadi 80,24, dengan kategori “sangat baik” 14%,kategori “baik” 86%. Hasil penelitian ini menunjukan Penerapan Model Pembelajaran Tematik Berbantu Media Interaktif Berbasis Animasi sangat efektif dan mampu mengoptimalkan hasil belajar siswa.References
Akhmad, Sudrajat. 2010. Profesionalisme Guru. Tersedia: Akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/11/07/tentang-profesionalisme-guru/. (dunduh 15 Juni 2020).
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya. Jakarta.
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
___________. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Davis, Keith. 2011. Perilaku Dalam Organisasi, Jakarta : Erlangga.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar . Jakarta
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Raja Grafindo Persada. Jakarta
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
McKenna, Liberman, B., G. Seidman.,., L. E. Buffardi. 2011. Employee Job Attitudes and Organizational Characteristics as Predictors of Cyberloafing. Computers in Human Behavior
Partnership for 21st Century Skills (P21). (2009, Desember). Framework for 21st Century Learning. Tersedia: P21 Partnership for 21st Century Skills: http://www.p21.org/our-work/p21-framework (diunduh 12 Juni 2020).
Pemerintah Republik Indonesia 2002. Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Pasal 1 angka 9. Jakarta.
---------------- . 2003. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. BPSDMPK dan PMP, 2012. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru, Jakarta: Kemdikbud
Rusman. 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.
Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2019). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0.. Prosiding Seminar Nasional Inobali 2019, 79, 981–990
Santika, I. G. N. (2017). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).
Santika, I. G. N. (2019). Presidensialisme Dan Problematika Mekanisme Impeachment Presiden Dan/Atau Wakil Presiden Berdasarkan UUD 1945 Pasca Perubahan (Perspektif Pergulatan Hukum Dan Politik). Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 5 (1), 23-34. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v5i1.18777
Santika, I Gusti Ngurah. 2017. Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1).
Santika, I. G. N., Purnawijaya, I. P. E., & Sujana, I. G. (2019). Membangun Kualitas Sistem Politik Demokrasi Indonesia Melalui Pemilu Dalam Perspektif Integrasi Bangsa Dengan Berorientasikan Roh Ideologi Pancasila. Seminar Nasional Hukum Dan Kewarganegaraan, 1(1), 74–85. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnashk/article/view/1665
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Santrock, J.W. 2012. Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Edisi 13 Jilid 1, Penerjemah: Widyasinta,B). Jakarta: Erlangga.
Sanusi, Suprapto, E., & Apriandi, D. 2015. Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran padapokok bahasan dimensi tiga di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 398–416
Sutarti, T & Irawan, E. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya. Jakarta.
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
___________. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Davis, Keith. 2011. Perilaku Dalam Organisasi, Jakarta : Erlangga.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.
Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar . Jakarta
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Raja Grafindo Persada. Jakarta
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
McKenna, Liberman, B., G. Seidman.,., L. E. Buffardi. 2011. Employee Job Attitudes and Organizational Characteristics as Predictors of Cyberloafing. Computers in Human Behavior
Partnership for 21st Century Skills (P21). (2009, Desember). Framework for 21st Century Learning. Tersedia: P21 Partnership for 21st Century Skills: http://www.p21.org/our-work/p21-framework (diunduh 12 Juni 2020).
Pemerintah Republik Indonesia 2002. Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Pasal 1 angka 9. Jakarta.
---------------- . 2003. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. BPSDMPK dan PMP, 2012. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru, Jakarta: Kemdikbud
Rusman. 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.
Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2019). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0.. Prosiding Seminar Nasional Inobali 2019, 79, 981–990
Santika, I. G. N. (2017). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).
Santika, I. G. N. (2019). Presidensialisme Dan Problematika Mekanisme Impeachment Presiden Dan/Atau Wakil Presiden Berdasarkan UUD 1945 Pasca Perubahan (Perspektif Pergulatan Hukum Dan Politik). Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 5 (1), 23-34. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v5i1.18777
Santika, I Gusti Ngurah. 2017. Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1).
Santika, I. G. N., Purnawijaya, I. P. E., & Sujana, I. G. (2019). Membangun Kualitas Sistem Politik Demokrasi Indonesia Melalui Pemilu Dalam Perspektif Integrasi Bangsa Dengan Berorientasikan Roh Ideologi Pancasila. Seminar Nasional Hukum Dan Kewarganegaraan, 1(1), 74–85. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnashk/article/view/1665
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Santrock, J.W. 2012. Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Edisi 13 Jilid 1, Penerjemah: Widyasinta,B). Jakarta: Erlangga.
Sanusi, Suprapto, E., & Apriandi, D. 2015. Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran padapokok bahasan dimensi tiga di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 398–416
Sutarti, T & Irawan, E. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara
Published
2020-08-01
How to Cite
Ni Made Wirayanti, Retno Nuringsih Dadi, & I Made Astra Winaya. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBANTU MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BUKIAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Widyasrama, 29(1), 25-33. Retrieved from http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyasrama/article/view/1096
Section
Articles