PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DENGAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS VII D SMP DWIJENDRA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Dalam proses pendidikan metode mempunyai kedudukan yang begitu penting dalam upayamencapai tujuankarena metode merupakan sarana penunjang yang membantu kelancaran jalannya proses belajar mengajar. Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun dapat terapai secara optimal. Adapun rumusan masalah yaitu: Berdasarkan permasalahan di atas, rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Apakah melalui upaya penerapan metode Tanya jawab bervariasi media pembelajaran hasil belajar siswa akan, meningkat pada matapelajaran PPKn pada siswa kelas VII D SMP Dwijendra Denpasar tahun pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penerapan metode Tanya jawab bervariasi media pembelajaran dalam hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VII D SMP Dwijendra Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua.metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test, observasi, data lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode Tanya jawab dengan variasi media pembelajaran di kelas VII D SMP Dwijendra Denpasar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa ditandai dengan meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap test akhir siklus. Tingkatan rata-rata pencapaian skor saat pre test sebesar 7.338% rata-rata pencapaian skor saat test siklus 1 sebesar 7.725% dan rata-rata pencapaian skor saat test siklus 2 sebesar.8,612%.Sedangkan ketuntasan belajar siswa saat pre test sebesar 45,16 dan post siklus 2 meningkat dengan signitifkan sebesar 93.54% berdasarkan hasil belajar siswa di uraikan dapat di simpulkan bahwa, proses pembelajaran menggunakan penerapan metode Tanya jawab dengan variasi media pembelajaran sangat efektif bila di terapkan di sekolah (dikelas).
Kata kunci: Metode tanya jawab, variasi media pembelajaran, hasil belajar
Abstract
In the process of education the method has a very important position in trying to achieve goals because the method is a supporting tool that helps the smooth running of the learning process. The method is a method used to implement a plan that has been prepared in real activities so that the objectives that have been prepared can be achieved optimally. The formulation of the problem are: Based on the problems above, the formulation of the problem in this class action research is whether through the application of the question and answer method varies the learning media of student learning outcomes will, increase in PPKn subjects in class VII D students at Dwijendra Denpasar Middle School in 2018/2019 ? This study aims to determine the efforts made to improve the application of the question and answer method of varying learning media in student learning outcomes in PPKn subjects in class VII D of SMP Dwijendra Denpasar in the academic year 2018/2019. This research was conducted in 2 cycles, the first cycle and the second cycle. The methods used in data collection were test, observation, field data. Analysis of the data used is descriptive quantitative. The results of the analysis of the data obtained that the implementation of learning by applying the question and answer method with a variety of learning media in class VII D of Dwijendra Denpasar Junior High School can improve student learning activities and outcomes. Increased student activity and learning outcomes are marked by increasing student learning outcomes at each end of the test cycle. The average level of achievement score when pre-test amounted to 7,338% the average achievement score during the first cycle test was 7,725% and the average achievement score during the second cycle test was 8,612%. While the completeness of student learning during pre-test was 45,16 and post cycle 2 increased with a significance of 93.54% based on student learning outcomes described can be concluded that, the learning process using the question and answer method with a variety of instructional media is very effective when applied at school (in class).
Keywords: Question and answer method, variations in learning media, learning outcomes
Dalam proses pendidikan metode mempunyai kedudukan yang begitu penting dalam upayamencapai tujuankarena metode merupakan sarana penunjang yang membantu kelancaran jalannya proses belajar mengajar. Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun dapat terapai secara optimal. Adapun rumusan masalah yaitu: Berdasarkan permasalahan di atas, rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Apakah melalui upaya penerapan metode Tanya jawab bervariasi media pembelajaran hasil belajar siswa akan, meningkat pada matapelajaran PPKn pada siswa kelas VII D SMP Dwijendra Denpasar tahun pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penerapan metode Tanya jawab bervariasi media pembelajaran dalam hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VII D SMP Dwijendra Denpasar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua.metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test, observasi, data lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode Tanya jawab dengan variasi media pembelajaran di kelas VII D SMP Dwijendra Denpasar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa ditandai dengan meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap test akhir siklus. Tingkatan rata-rata pencapaian skor saat pre test sebesar 7.338% rata-rata pencapaian skor saat test siklus 1 sebesar 7.725% dan rata-rata pencapaian skor saat test siklus 2 sebesar.8,612%.Sedangkan ketuntasan belajar siswa saat pre test sebesar 45,16 dan post siklus 2 meningkat dengan signitifkan sebesar 93.54% berdasarkan hasil belajar siswa di uraikan dapat di simpulkan bahwa, proses pembelajaran menggunakan penerapan metode Tanya jawab dengan variasi media pembelajaran sangat efektif bila di terapkan di sekolah (dikelas).
Kata kunci: Metode tanya jawab, variasi media pembelajaran, hasil belajar
Abstract
In the process of education the method has a very important position in trying to achieve goals because the method is a supporting tool that helps the smooth running of the learning process. The method is a method used to implement a plan that has been prepared in real activities so that the objectives that have been prepared can be achieved optimally. The formulation of the problem are: Based on the problems above, the formulation of the problem in this class action research is whether through the application of the question and answer method varies the learning media of student learning outcomes will, increase in PPKn subjects in class VII D students at Dwijendra Denpasar Middle School in 2018/2019 ? This study aims to determine the efforts made to improve the application of the question and answer method of varying learning media in student learning outcomes in PPKn subjects in class VII D of SMP Dwijendra Denpasar in the academic year 2018/2019. This research was conducted in 2 cycles, the first cycle and the second cycle. The methods used in data collection were test, observation, field data. Analysis of the data used is descriptive quantitative. The results of the analysis of the data obtained that the implementation of learning by applying the question and answer method with a variety of learning media in class VII D of Dwijendra Denpasar Junior High School can improve student learning activities and outcomes. Increased student activity and learning outcomes are marked by increasing student learning outcomes at each end of the test cycle. The average level of achievement score when pre-test amounted to 7,338% the average achievement score during the first cycle test was 7,725% and the average achievement score during the second cycle test was 8,612%. While the completeness of student learning during pre-test was 45,16 and post cycle 2 increased with a significance of 93.54% based on student learning outcomes described can be concluded that, the learning process using the question and answer method with a variety of instructional media is very effective when applied at school (in class).
Keywords: Question and answer method, variations in learning media, learning outcomes
Article Details
How to Cite
Mas Darwati, I. G. A., & Padu Jabu, V. R. (2020). PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DENGAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN PADA SISWA KELAS VII D SMP DWIJENDRA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Widya Accarya, 11(1), 63-73. https://doi.org/10.46650/wa.11.1.835.63-73
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Darwati, Mas & Mahendra, Putu Ronny Angga. 2019. Efektivitas Pembelajaran PPKn Berbasis Teknohumanistik Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas X Jasa Boga 2 di SMK Prshanti Nilayam Kuta Tahun Pelajaran 2017/2018. Singaraja: FHIS Universitas Pendidikan Ganesha.
Davies,Ivor k.1987.Pengelolaan Belajar.Jakarta:C.V Rajawali dan PAU-UT
Djamarah dan Azwan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.1995.Panduan Pengajaran PPKn.Jakarta
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Ibrahim . 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Kaelan, 2002, Filsafat dan Bahasa, Masalah dan Perkembangannya, Yogyakarta: Paradigma.
Mahendra, Putu Ronny Angga. Pembelajaran PPKn Dalam Resonansi Kebangsaan dan Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Sujana, nana,2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. bandung
Surbakti, Ramlan, Ideologi Sebagai Dasar Negara. Jakarta : Gramedia Widya Sarana, 1992
Winaya, Astra,2017. “Efektivitas Pengembangan Nilai-nilai Karakter Pada Peserta Pesraman Kilat Tingkat Dasar di Desa Pekraman Selan Bawak,Keamatan Marga,Kabupaten Tabanan-Bali.”Jurnal Widya Accarya.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dwijendra, E-Jurnal.ac.id., Denpasar
Davies,Ivor k.1987.Pengelolaan Belajar.Jakarta:C.V Rajawali dan PAU-UT
Djamarah dan Azwan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.1995.Panduan Pengajaran PPKn.Jakarta
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Ibrahim . 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Kaelan, 2002, Filsafat dan Bahasa, Masalah dan Perkembangannya, Yogyakarta: Paradigma.
Mahendra, Putu Ronny Angga. Pembelajaran PPKn Dalam Resonansi Kebangsaan dan Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Sujana, nana,2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. bandung
Surbakti, Ramlan, Ideologi Sebagai Dasar Negara. Jakarta : Gramedia Widya Sarana, 1992
Winaya, Astra,2017. “Efektivitas Pengembangan Nilai-nilai Karakter Pada Peserta Pesraman Kilat Tingkat Dasar di Desa Pekraman Selan Bawak,Keamatan Marga,Kabupaten Tabanan-Bali.”Jurnal Widya Accarya.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dwijendra, E-Jurnal.ac.id., Denpasar