PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas VIII MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen, populasi penelitian yaitu seluruh siswa MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka yang berjumlah 80 orang dengan sampel 30 orang siswa yaitu 15 siswa kelompok kontrol yang diterapkan pada kelas VIII dan 15 siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas VII. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian terdapat pengaruh dari model pembelajaran tipe cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas .MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka Kecamatan Plumbon kelompok kontrol mencapai kategori rendah dan hasil belajar siswa kelompok eksperimen mencapai nilai rata-rata kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran cooperative script memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: Cooperative Script, Model Pembelajaran, Hasil Belajar
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of the Cooperative script model in improving student learning outcomes in social science (IPS) class VIII MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka. This research approach uses a descriptive quantitative approach with the type of experimental research, the study population is all students of MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka, amounting to 80 people with a sample of 30 students namely 15 control group students applied to class VIII and 15 students in the experimental group applied to class VII. Data collection uses observation, tests, and documentation. Data analysis uses descriptive analysis and inferential statistical analysis. The results of the study there is an influence of the cooperative script type learning model in improving student learning outcomes class. MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka Subdistrict Plumbon control group reached the low category and the learning outcomes of the experimental group students reached the average value of the high category. Based on the results of data analysis, there are significant differences between the control group and the experimental group, so it can be concluded that cooperative script learning has an influence on student learning outcomes.
Keywords: Cooperative Script, Learning Model, Learning Outcomes
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas VIII MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen, populasi penelitian yaitu seluruh siswa MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka yang berjumlah 80 orang dengan sampel 30 orang siswa yaitu 15 siswa kelompok kontrol yang diterapkan pada kelas VIII dan 15 siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas VII. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian terdapat pengaruh dari model pembelajaran tipe cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas .MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka Kecamatan Plumbon kelompok kontrol mencapai kategori rendah dan hasil belajar siswa kelompok eksperimen mencapai nilai rata-rata kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran cooperative script memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: Cooperative Script, Model Pembelajaran, Hasil Belajar
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of the Cooperative script model in improving student learning outcomes in social science (IPS) class VIII MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka. This research approach uses a descriptive quantitative approach with the type of experimental research, the study population is all students of MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka, amounting to 80 people with a sample of 30 students namely 15 control group students applied to class VIII and 15 students in the experimental group applied to class VII. Data collection uses observation, tests, and documentation. Data analysis uses descriptive analysis and inferential statistical analysis. The results of the study there is an influence of the cooperative script type learning model in improving student learning outcomes class. MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka Subdistrict Plumbon control group reached the low category and the learning outcomes of the experimental group students reached the average value of the high category. Based on the results of data analysis, there are significant differences between the control group and the experimental group, so it can be concluded that cooperative script learning has an influence on student learning outcomes.
Keywords: Cooperative Script, Learning Model, Learning Outcomes
Article Details
How to Cite
Lindawati, & Wahyudin, M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Widya Accarya, 11(1), 17-23. https://doi.org/10.46650/wa.11.1.828.17-23
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian
(Suatu Pendekatan Praktik),Jakarta:
Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan
Strategi PembelajaranKontekstual
(Inovatif), Bandung: Yama Widya.
Bakar, Rosdiana A. 2009. Pendidikan Suatu
Penganta, Bandung: Citapustaka.
Departemen Agama RI. 2010. Mushaf Al-Quran
Tajwid dan Terjemahannya,Jakarta:
Sygma.
Departemen Agama RI. 2007. Al-Quran dan
Terjemahan. Jakarta: Bumi Restu.
Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN SU. 2007.
Tarbiyah Jurnal Pendidikan dan
Keislaman, Medan: Fakultas Tarbiyah
IAIN Sumatera Utara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar.
Bandung: Pustaka Setia.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014.
Perencanaan dan Strategi PembelajaranMatematika, Jakarta: Rajawali Pers.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif,
Medan:Media Persada.
Istarani. 2012. Kumpulan 39 Metode
Pembelajaran, Medan: CV. Iscom.
Kunandar. 2009. Guru Profesional
(Implementasi Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan dan Sukses dalam sertifasi Guru), Jakarta: Rajawali Pers.
Kustawan, Dedy. 2013. Analisis Hasil Belajar,
Program Perbaikan dan Pengayaan
Peserta Didik Berkebutuhan Khusus,
Bandung: PT. LuximaMetro Media.
Mardianto. 2009. Psikologi Pendidikan, Cet. I,
Bandung: Citapustaka MediaPerintis.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran
Inovatif dalam Kurikulum 2013,Yogyakarta: Arruz Media.
Sudjana, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi
Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil dan
Proses Belajar Mengajar, Cet. XIII,Bandung: PT. Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning
Teori dan Aplikasi Pakem,
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran
Inovatif Berorientasi Kontruktivistik,Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Triano. 2010. Mendesain Model Pembelajaran
Inovatif-Profresif. Jakarta:Kencana
Van De Walle, John A. 2008. Sekolah Dasar
dan Menengah MatematikaPengembangan Pengajaran, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Yamin, Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran
Berbasis Kompetensi, Jakarta:gaung
persada press.
Jurnal:
Ardiana azmi. 2016. Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Cerdas Murni Tembung Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Tahun pelajaran 2014/2015. Mahasiswa Pendidikan Matematika FITK UIN-SU. Jl. Willem Iskandar Psr. V Medan Estate Kota Medan. e-mail: azni.adrina@gmail.com.
Armansyah. 2016. Pengaruh Penerapan Model PembelajaranCooperative Script terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII4 SMP Negeri 1 Makassar.Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Armansyaharman44@gmail.com.
Santika, I Gusti Ngurah dan Kartika, I Made. Pendidikan Karakter: Studi Kasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah Di Tanjung Benoa. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas DwijendraISSN NO. 2085-0018 Maret 2019
(Suatu Pendekatan Praktik),Jakarta:
Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan
Strategi PembelajaranKontekstual
(Inovatif), Bandung: Yama Widya.
Bakar, Rosdiana A. 2009. Pendidikan Suatu
Penganta, Bandung: Citapustaka.
Departemen Agama RI. 2010. Mushaf Al-Quran
Tajwid dan Terjemahannya,Jakarta:
Sygma.
Departemen Agama RI. 2007. Al-Quran dan
Terjemahan. Jakarta: Bumi Restu.
Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN SU. 2007.
Tarbiyah Jurnal Pendidikan dan
Keislaman, Medan: Fakultas Tarbiyah
IAIN Sumatera Utara.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar.
Bandung: Pustaka Setia.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014.
Perencanaan dan Strategi PembelajaranMatematika, Jakarta: Rajawali Pers.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif,
Medan:Media Persada.
Istarani. 2012. Kumpulan 39 Metode
Pembelajaran, Medan: CV. Iscom.
Kunandar. 2009. Guru Profesional
(Implementasi Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan dan Sukses dalam sertifasi Guru), Jakarta: Rajawali Pers.
Kustawan, Dedy. 2013. Analisis Hasil Belajar,
Program Perbaikan dan Pengayaan
Peserta Didik Berkebutuhan Khusus,
Bandung: PT. LuximaMetro Media.
Mardianto. 2009. Psikologi Pendidikan, Cet. I,
Bandung: Citapustaka MediaPerintis.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran
Inovatif dalam Kurikulum 2013,Yogyakarta: Arruz Media.
Sudjana, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi
Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil dan
Proses Belajar Mengajar, Cet. XIII,Bandung: PT. Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning
Teori dan Aplikasi Pakem,
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran
Inovatif Berorientasi Kontruktivistik,Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Triano. 2010. Mendesain Model Pembelajaran
Inovatif-Profresif. Jakarta:Kencana
Van De Walle, John A. 2008. Sekolah Dasar
dan Menengah MatematikaPengembangan Pengajaran, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Yamin, Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran
Berbasis Kompetensi, Jakarta:gaung
persada press.
Jurnal:
Ardiana azmi. 2016. Pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Cerdas Murni Tembung Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Tahun pelajaran 2014/2015. Mahasiswa Pendidikan Matematika FITK UIN-SU. Jl. Willem Iskandar Psr. V Medan Estate Kota Medan. e-mail: azni.adrina@gmail.com.
Armansyah. 2016. Pengaruh Penerapan Model PembelajaranCooperative Script terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII4 SMP Negeri 1 Makassar.Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Armansyaharman44@gmail.com.
Santika, I Gusti Ngurah dan Kartika, I Made. Pendidikan Karakter: Studi Kasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah Di Tanjung Benoa. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas DwijendraISSN NO. 2085-0018 Maret 2019