Pengaruh Metode Belajar PQ4R terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar.
Main Article Content
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan menganalisis teks anekdot siswa kelas X antara siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran PQ4R dengan siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji T. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh temuan: Terdapat perbedaan kemampuan menganalisis teks anekdot antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PQ4R dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung (nilai thitung > ttabel (4,316 > 1,668) dengan df=74 dan taraf signifikansi 5%), Kata kunci : Strategi belajar PQ4R dan kemampuan menganalisis teks.  Abstract This study aims to analyze differences in the ability to analyze anecdotal text of class X students between students learning with PQ4R learning strategies with students learning with direct learning strategies. The population in this study were students of class X IPA 1 as experimental group and X IPA 2 as control group.. The data obtained were analyzed by descriptive statistic and T test. Based on the result of data analysis and discussion, it was found that there were differences in the ability of analyzing anecdotal text between groups of students who were taught by PQ4R learning strategy and group of students who were taught by direct learning strategy (tcount value> ttable 4,316> 1,668) with df = 74 and a significance level of 5%), Keywords: PQ4R learning strategy and ability to analyze text.Â
Article Details
How to Cite
ADNYANA, I. K. S., SUWENDI, I. M., & SRI UTAMI, K. S. I. (2018). Pengaruh Metode Belajar PQ4R terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar. Widya Accarya, 9(1). https://doi.org/10.46650/wa.9.1.609.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Abidin, Y . 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika :Aditama.
Alwi, Hasan, et. al. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas dan Balai Pustaka.
Alwi, Hasan, et. al. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas dan Balai Pustaka.
Budiono, Y. 2012. “Penerapan Metode PQ4R pada Pembelajaran Membaca Bahasa Jerman di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang.†(Skripsi). Program Strata 1. Universitas Negeri Malang.
Hartoko. Dick dan ahmanto.1986. Pemandu di Dunia Sastra.Yagyakarta: Kanisius.
Kim, D., & Gilman, D. A. 2008. “Effects of Text, Audio, and Graphic Aids in Multimedia Instruction for Vocabulary Learning†Educational Technology & Society, 11 (3), 114-126. http://proquest.com. Diakses pada tanggal 27 April 2018
Mahsun, 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers
Mertayasa. 2013. “Pengaruh Strategi Belajar PQ4R Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus I Tegallalangâ€. (Skripsi). Program Strata 1. Universitas Pendidikan Ganesha.
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Widhiyanti, I.A. 2014. “Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X.†(Skripsi). Program Strata 1. Universitas Pendidikan Ganesha.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.
Alwi, Hasan, et. al. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas dan Balai Pustaka.
Alwi, Hasan, et. al. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas dan Balai Pustaka.
Budiono, Y. 2012. “Penerapan Metode PQ4R pada Pembelajaran Membaca Bahasa Jerman di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang.†(Skripsi). Program Strata 1. Universitas Negeri Malang.
Hartoko. Dick dan ahmanto.1986. Pemandu di Dunia Sastra.Yagyakarta: Kanisius.
Kim, D., & Gilman, D. A. 2008. “Effects of Text, Audio, and Graphic Aids in Multimedia Instruction for Vocabulary Learning†Educational Technology & Society, 11 (3), 114-126. http://proquest.com. Diakses pada tanggal 27 April 2018
Mahsun, 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers
Mertayasa. 2013. “Pengaruh Strategi Belajar PQ4R Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus I Tegallalangâ€. (Skripsi). Program Strata 1. Universitas Pendidikan Ganesha.
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Widhiyanti, I.A. 2014. “Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R Terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X.†(Skripsi). Program Strata 1. Universitas Pendidikan Ganesha.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.