Relevansi Sertifikasi Guru dalam meningkatkan Motivasi Kerja untuk menyongsong Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan
Main Article Content
Abstract
Serifikasi merupakan upaya peningkatan mutu guru, yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan guru, Sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan secara berkelanjtan Pendidikn merupakan salah satu sarana utama yang diharapkan mampu memprsiapkan sumber daya manusia yang dipersyaratkan. Inti pendidikan adalah pada proses belajar mengajar, dan komponen yang paling menentukan proses pengajaran adalah guru, bukan ditentukan olek kurikulum,sarana dan prasarana.unsur-unsur tersebut hanyalah sekedar pelengkap bagu guru dalam mengelola pem,belajaran yang berkualitas. Ilustrasi di atas sekedar menunjukkan betapa peranan guru yang profesional mempunyai arti yang sangat penting dalam pembangunan bangsa terutama dalam rangka mempersiapkan manusia yan berkualitas.Ada tiga macam kompetensi khususyang harus dimiliki oleh seorang guru (SD), yaitu (a) kompetensi mengajar, memotivasi peserta didik dan kemampuan mengebangkan kelas, (b) kompetensi kepemimpinan, yaitu kemampuan untuk berhubungan dan memahami orang lain/peserta didik, (c) kemampuan untuk memberikan dukungan, yaitu kecakapan yang mengacu kepada ketangkasan manual dan visual. Untuk mendapatkan kemampuan profesional seperti yang disebutkan diatas diperlukan berbagai upaya baik oleh pemerintah dan terutama oleh guru yang bersangkutan. Untuk maksud tersebut diperlukan motivasi yang kuat sebagai pendorong, pengaah aktifitasnya dalam meningkatkan kualitas diri dan dalam melaksanakan tugas dan tenggungjawabnya.  Kata Kunci: Sertifikasi, Motivasi, Profesionalitas   Â
Article Details
How to Cite
Rai, I. B. (2016). Relevansi Sertifikasi Guru dalam meningkatkan Motivasi Kerja untuk menyongsong Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan. Widya Accarya, 5(1). https://doi.org/10.46650/wa.5.1.450.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Handoko, T. Hani. Manajemen, Yogyakarta : BPFE, 1997.
H. Maslow, Abraham. Motivasi dan Kepribadian. Jakarta : Pustaka Bianaman Pressindo, 1994.
Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : Rajawali Pers, 1991.
Kasali, Rhenald. Management Public Relations, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti, 1994.
Nawawi, hadari. Administrasi Pendidikan. Jakrta : Gunung agung, 1995.
Pidarta, Made. Peranan Kepala Sekolah Pada Pendidikan Dasar. Jakarta Gramedia Mediasarana Indonesia, 1995.
P. Siagian, Sondang. Bunga Rampai Manajemen Modern Jakarta : Gunung Agung, 1982.
Rakhmad, Jalaludin. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya, 1998.
Sutisna, Oteng. Administasi Pendidikan. Bandung : Angkasa, 1993.
Thoha, Miftah. Kepemimpinan Dalam Manajemen, Suatu Pendidikan Perilaku. Jakarta : Grafindo Persada, 1995.
Winardi. Kepemimpinan Dalam Mnajemen. Jakarta : Renika Cipta, 1990.
Wahyosumidjo. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta : Ghalia Indonesia, 1987.
. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1999.
H. Maslow, Abraham. Motivasi dan Kepribadian. Jakarta : Pustaka Bianaman Pressindo, 1994.
Kartono, Kartini. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : Rajawali Pers, 1991.
Kasali, Rhenald. Management Public Relations, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti, 1994.
Nawawi, hadari. Administrasi Pendidikan. Jakrta : Gunung agung, 1995.
Pidarta, Made. Peranan Kepala Sekolah Pada Pendidikan Dasar. Jakarta Gramedia Mediasarana Indonesia, 1995.
P. Siagian, Sondang. Bunga Rampai Manajemen Modern Jakarta : Gunung Agung, 1982.
Rakhmad, Jalaludin. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya, 1998.
Sutisna, Oteng. Administasi Pendidikan. Bandung : Angkasa, 1993.
Thoha, Miftah. Kepemimpinan Dalam Manajemen, Suatu Pendidikan Perilaku. Jakarta : Grafindo Persada, 1995.
Winardi. Kepemimpinan Dalam Mnajemen. Jakarta : Renika Cipta, 1990.
Wahyosumidjo. Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta : Ghalia Indonesia, 1987.
. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 1999.