IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS VII SMP DWIJENDRA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah keinginan untuk mengetahui penerapan tata tertib sekolah dalam menanggulangi kenakalan remaja. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui implementasi tata tertib sekolah dalam menanggulangi kenakalan remaja pada siswa kelas VII SMP Dwijendra Denpasar, untuk mngetahui faktor penyebab kenakalan remaja pada siswa kelas VII SMP Dwijendra Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan empiris, sedangkan jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi/pengamatan, kelokasi penelitian dan mencari sumber data berupa catatan-catatan atau dokumen-dokumen yang ada kaitannya dengan penelitian. Keseluruan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tata tertib sekolah SMP Dwijendra Denpasar sangat penting dan sangat dominan itu dapat menjadi sarana dalam mengamalkan nilai-nilai pancasila dikarenakan juga dalam memperhatikan norma dan etika baik itu merupakan norma agama, sosial (kemanusiaan), maupun norma hukum,Kata kunci: tata tertib, kenakalan remaja, SMP Dwijendra Denpasar.Â
Article Details
How to Cite
DARWATI, G. M. (2015). IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS VII SMP DWIJENDRA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Widya Accarya, 4(1). https://doi.org/10.46650/wa.4.1.448.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Depdiknas, 2004. Ilmu pengetahuan Materi Pelatihan Terintegrasi. Jakarta Depdiknas
Depdikbud, 1989. Disiplin murid SMTA di Lingkungan Formal Pada Beberapa Provinsi di Indonesia.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Djiwondono, 2002. Psikologi Remaja. Jakarta : Raja Grafinda Persada
Gunarza, 2012. Dasar dan teori perkembangan anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Gaza, 2012. Bijak Menghukum Siswa. Jokjakarta: Arus Media
Hasnun, 2010. Mengembangkan Sekolah Yang Efektif. Jogjakarta: Data Media
http: //psonseling. Blogspot. Com/2010/02. Dampak Kenakalan Remaja. Html diakses tanggal 10-01-2016,.
http: // belajar psikologi. Com/ Cara mengatasai Kenakalan Remaja/ Diakses tanggal 10-01-20016
http://elkawaqi.blogspot.com/2012/12/Implementasi Diakses tanggal 07-01-2016
Hilyati,1999. Faktor yang Melatarbelakangi Kenakalan Remaja. Jakarta :Rineka Cipta
Hurlock, 2001. Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta
Kartono,Kartini, 2010. Patologi Sosial II. Kenakalan Remaja. Jakarta : PT . Raja Grafindo Persada.
Narbuka, 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara
Poerwadarminta, W.J.S, 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Riduwan, 2013. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Bandung: Alfabeta
Slameto, 1998. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Sarwono, 2012. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdikbud, 1989. Disiplin murid SMTA di Lingkungan Formal Pada Beberapa Provinsi di Indonesia.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Djiwondono, 2002. Psikologi Remaja. Jakarta : Raja Grafinda Persada
Gunarza, 2012. Dasar dan teori perkembangan anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Gaza, 2012. Bijak Menghukum Siswa. Jokjakarta: Arus Media
Hasnun, 2010. Mengembangkan Sekolah Yang Efektif. Jogjakarta: Data Media
http: //psonseling. Blogspot. Com/2010/02. Dampak Kenakalan Remaja. Html diakses tanggal 10-01-2016,.
http: // belajar psikologi. Com/ Cara mengatasai Kenakalan Remaja/ Diakses tanggal 10-01-20016
http://elkawaqi.blogspot.com/2012/12/Implementasi Diakses tanggal 07-01-2016
Hilyati,1999. Faktor yang Melatarbelakangi Kenakalan Remaja. Jakarta :Rineka Cipta
Hurlock, 2001. Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta
Kartono,Kartini, 2010. Patologi Sosial II. Kenakalan Remaja. Jakarta : PT . Raja Grafindo Persada.
Narbuka, 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara
Poerwadarminta, W.J.S, 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Riduwan, 2013. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Bandung: Alfabeta
Slameto, 1998. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Sarwono, 2012. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.