IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL ANAK ( STUDI DI TAMAN PENITIPAN ANAK WERDHI KUMARA I PANJER KECAMATAN DENPASAR SELATAN)
Main Article Content
Abstract
Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari ayah,ibu dan anak yang hidup bersama dan saling berinteraksi dengan penuh ikatan emosional.. Seringkali sikap dan prilaku orang tua yang baik dan benar, tanpa disadari justru menghalangi terwujudnya pembentukan nilai-nilai moral yang baik bagi anak.Perilaku anak yang cenderung lekas marah, kurang hormat terhadap orang tua, bersikap kasar, kurang disiplin merupakan faktor utama dalam menentukan anak dalam menghadapi krisis moral Implementasi pendidikan keluarga sangat penting sebagai peletak dasar dalam memberikan bimbingan, arahan, nasehat, pembentukan disiplin yang berlandaskan nilai-nilai moral harus senantiasa ditanamkan dan dikembangkan oleh orang tua terhadap anak dalam kehidupan keluarga.Walaupun waktu sangat minimal yang dimiliki oleh orang tua harap dipergunakan dengan sebaik-baiknya disadari pula bahwa pada umumnya secara realitas sangat sibuk maka kolaboratif, kordinatif perlu kedua belah pihak dalam pembentukan nilai – nilai moral anak.          Sebagai permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi pendidikan keluarga dalam pembentukan nilai-nilai moral anak. Metode pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pencatatan dokumen, wawancara dan observasi dengan responden orang tua dan kepala lembaga Taman Penitipan Anak. Setelah data dikumpulkan dan dianalisis dengan teknik analisis dtskriptif kualitatif.          Berdasarkan analisis data hasil yang diperolah dalam penelitian ini adalah, keberadaan orang tua tetap memegang peranan yang sangat penting dalam pembentukan nilai-nilai moral anak seperti menanamkan sikap jujur, disiplin, bertanggung jawab, relegius, peduli lingkungan, menyediakan waktu untuk anak, membantu memecahkan masalah, menegur bila salah. Untuk itu diharapkan kepada semua orang tua jangan sama sekali mengabaikan pendidikan dalam keluarga karena sebagai dasar atau fundamen dalam pembentukan nilai –nilai moral anak selanjutnya Kata kunci: peranan pendidikan keluarga, moral anak.
Article Details
How to Cite
SUTIKA, I. M. (1). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL ANAK ( STUDI DI TAMAN PENITIPAN ANAK WERDHI KUMARA I PANJER KECAMATAN DENPASAR SELATAN). Widya Accarya, 7(1). https://doi.org/10.46650/wa.7.1.435.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Ahid, Nur. 2010. Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Yogjakarta: Pustaka
pelajar
Budiningsih, A. 2013. Pembelajaran Moral. Jakarta. RanekaCipta
Depertemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2003. UndangUndangRepublik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Goode, William J. 1995. Sosiologi Keluarga (The Family), Terjemah Laila Hanom Hasyim.Jakarta: Bumi Aksara
Goode, William J. 1983. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bina Aksara
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung.Remaja Rosdakarya
Koentjaraninggrat 1969. Rintangan-Rintangan Mental dalam Pembangunan Ekonomidi Indonesia.Jakarta.: Lembaga Riset Kebudayaan Nasional Seri No 2.
Poerwadarminta, W. J. S. 2006. Kamus umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
pelajar
Budiningsih, A. 2013. Pembelajaran Moral. Jakarta. RanekaCipta
Depertemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2003. UndangUndangRepublik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Goode, William J. 1995. Sosiologi Keluarga (The Family), Terjemah Laila Hanom Hasyim.Jakarta: Bumi Aksara
Goode, William J. 1983. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bina Aksara
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung.Remaja Rosdakarya
Koentjaraninggrat 1969. Rintangan-Rintangan Mental dalam Pembangunan Ekonomidi Indonesia.Jakarta.: Lembaga Riset Kebudayaan Nasional Seri No 2.
Poerwadarminta, W. J. S. 2006. Kamus umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta