IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL ANAK ( STUDI DI TAMAN PENITIPAN ANAK WERDHI KUMARA I PANJER KECAMATAN DENPASAR SELATAN)

Main Article Content

I MADE SUTIKA

Abstract

Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari ayah,ibu dan anak yang hidup bersama dan saling berinteraksi dengan penuh ikatan emosional.. Seringkali sikap dan prilaku orang tua yang  baik dan benar, tanpa disadari justru menghalangi terwujudnya pembentukan nilai-nilai moral yang baik bagi anak.Perilaku anak yang cenderung lekas marah, kurang hormat terhadap orang tua, bersikap kasar, kurang disiplin  merupakan faktor utama dalam menentukan anak dalam menghadapi krisis moral  Implementasi pendidikan keluarga sangat penting sebagai peletak dasar dalam memberikan bimbingan, arahan, nasehat, pembentukan disiplin yang berlandaskan nilai-nilai moral harus senantiasa ditanamkan dan dikembangkan oleh orang tua terhadap anak dalam kehidupan keluarga.Walaupun waktu sangat minimal yang dimiliki oleh orang tua harap dipergunakan dengan sebaik-baiknya disadari pula bahwa pada umumnya secara realitas sangat sibuk maka kolaboratif, kordinatif perlu kedua belah pihak dalam pembentukan nilai – nilai moral anak.           Sebagai permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi pendidikan keluarga dalam pembentukan nilai-nilai moral anak. Metode pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pencatatan dokumen, wawancara dan observasi dengan  responden orang tua dan kepala lembaga Taman Penitipan Anak. Setelah data dikumpulkan dan dianalisis  dengan teknik analisis dtskriptif kualitatif.           Berdasarkan  analisis data hasil yang diperolah dalam penelitian ini adalah, keberadaan orang tua tetap memegang peranan yang sangat penting dalam pembentukan nilai-nilai moral anak seperti menanamkan sikap jujur, disiplin, bertanggung jawab, relegius, peduli lingkungan, menyediakan waktu untuk anak, membantu memecahkan masalah, menegur bila salah. Untuk itu diharapkan kepada semua orang tua jangan sama sekali mengabaikan pendidikan dalam keluarga karena sebagai dasar atau fundamen dalam pembentukan nilai –nilai moral anak selanjutnya Kata kunci: peranan pendidikan keluarga, moral anak.

Article Details

How to Cite
SUTIKA, I. M. (1). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL ANAK ( STUDI DI TAMAN PENITIPAN ANAK WERDHI KUMARA I PANJER KECAMATAN DENPASAR SELATAN). Widya Accarya, 7(1). https://doi.org/10.46650/wa.7.1.435.%p
Section
Articles

References

Ahid, Nur. 2010. Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Yogjakarta: Pustaka
pelajar
Budiningsih, A. 2013. Pembelajaran Moral. Jakarta. RanekaCipta
Depertemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2003. UndangUndangRepublik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Goode, William J. 1995. Sosiologi Keluarga (The Family), Terjemah Laila Hanom Hasyim.Jakarta: Bumi Aksara
Goode, William J. 1983. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bina Aksara
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung.Remaja Rosdakarya
Koentjaraninggrat 1969. Rintangan-Rintangan Mental dalam Pembangunan Ekonomidi Indonesia.Jakarta.: Lembaga Riset Kebudayaan Nasional Seri No 2.
Poerwadarminta, W. J. S. 2006. Kamus umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta