HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU ALAMIAH DASAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DAN DAERAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS DWIJENDRA TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Main Article Content

I WAYAN ARYAWAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar Ilmu Alamiah Dasar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dwijendra tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, sedangkan anggota sampel ditentukan dengan metode sensus dengan jumlah responden sebanyak 47 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis Chi Square dan Koefisien Kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mempunyai gaya belajar visual sebanyak 21 orang (44,7%) dan sebagian besar prestasi belajar mahasiswa adalah baik sebanyak 23 orang (48,9 %). Hasil perhitungan dengan analisis Chi Square diperoleh χ2hitung =25,282 >χ 2tabel = 15,507 dan Ï value = 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar Ilmu Alamiah Dasar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dwijendra tahun akademik 2016/2017. Nilai Koefisien Kontingensi diperoleh sebesar 0,591 menyatakan bahwa tingkat keeratan hubungan gaya belajar terhadap prestasi belajar adalah sedang. Jadi jika mahasiswa menyadari gaya belajar dan menggunakan cara-cara yang efektif sesuai dengan gaya belajar tersebut maka akan diperoleh prestasi yang optimal. Kata Kunci: Gaya Belajar, Prestasi Belajar

Article Details

How to Cite
ARYAWAN, I. W. (2017). HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU ALAMIAH DASAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DAN DAERAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS DWIJENDRA TAHUN AKADEMIK 2016/2017. Widya Accarya, 7(1). https://doi.org/10.46650/wa.7.1.429.%p
Section
Articles

References

DePorter dkk,. 2010. Quantum Teaching:Mempraktikkan Quatum Learning di Rung-Ruang Kelas. Edisi Baru. Cetakan I. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Djamarah, S. B. 2000. Psikologi Belajar. Rineka Cipta, Jakarta.
Drygen G, Vos J. 2001. Revolusi Cara Belajar, The Learning Revoulution.Bandung: PT Mizan Pustaka.
Intanayuda. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. https://intanayuda8.wordpress.com/2013/04/05/ilmu-alamiah-dasar-html/ diakses pada tanggal 23 Desember 2016.
Muhibin Syah.2004.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosda karya.
Nasution S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Riduwan dan Akdon. 2010. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Cetakan Keempat. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Cetakan keempat belas. Bandung: CV. Alfabeta.
Sunarto. 2012. Pengertian Prestasi Belajar.http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi-belajar/diakses pada tanggal 27 Desember 2016
Putri, H. A. 2010. Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan II pada Mahasiswa D IV Kebidanan FK UNS. Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi D IV Kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Wulandari, Retno. 2011. Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester IV Program Studi D IV Kebidanan Universitas Sebelas Maret. Jurnal Kesmadaska Vol. 2 No. 1, Januari 2011 (hal. 45-52).