HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU ALAMIAH DASAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DAN DAERAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS DWIJENDRA TAHUN AKADEMIK 2016/2017
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar Ilmu Alamiah Dasar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dwijendra tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, sedangkan anggota sampel ditentukan dengan metode sensus dengan jumlah responden sebanyak 47 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis Chi Square dan Koefisien Kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mempunyai gaya belajar visual sebanyak 21 orang (44,7%) dan sebagian besar prestasi belajar mahasiswa adalah baik sebanyak 23 orang (48,9 %). Hasil perhitungan dengan analisis Chi Square diperoleh χ2hitung =25,282 >χ 2tabel = 15,507 dan Ï value = 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar Ilmu Alamiah Dasar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dwijendra tahun akademik 2016/2017. Nilai Koefisien Kontingensi diperoleh sebesar 0,591 menyatakan bahwa tingkat keeratan hubungan gaya belajar terhadap prestasi belajar adalah sedang. Jadi jika mahasiswa menyadari gaya belajar dan menggunakan cara-cara yang efektif sesuai dengan gaya belajar tersebut maka akan diperoleh prestasi yang optimal. Kata Kunci: Gaya Belajar, Prestasi Belajar
Article Details
How to Cite
ARYAWAN, I. W. (2017). HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ILMU ALAMIAH DASAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DAN DAERAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS DWIJENDRA TAHUN AKADEMIK 2016/2017. Widya Accarya, 7(1). https://doi.org/10.46650/wa.7.1.429.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
DePorter dkk,. 2010. Quantum Teaching:Mempraktikkan Quatum Learning di Rung-Ruang Kelas. Edisi Baru. Cetakan I. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Djamarah, S. B. 2000. Psikologi Belajar. Rineka Cipta, Jakarta.
Drygen G, Vos J. 2001. Revolusi Cara Belajar, The Learning Revoulution.Bandung: PT Mizan Pustaka.
Intanayuda. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. https://intanayuda8.wordpress.com/2013/04/05/ilmu-alamiah-dasar-html/ diakses pada tanggal 23 Desember 2016.
Muhibin Syah.2004.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosda karya.
Nasution S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Riduwan dan Akdon. 2010. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Cetakan Keempat. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Cetakan keempat belas. Bandung: CV. Alfabeta.
Sunarto. 2012. Pengertian Prestasi Belajar.http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi-belajar/diakses pada tanggal 27 Desember 2016
Putri, H. A. 2010. Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan II pada Mahasiswa D IV Kebidanan FK UNS. Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi D IV Kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Wulandari, Retno. 2011. Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester IV Program Studi D IV Kebidanan Universitas Sebelas Maret. Jurnal Kesmadaska Vol. 2 No. 1, Januari 2011 (hal. 45-52).
Djamarah, S. B. 2000. Psikologi Belajar. Rineka Cipta, Jakarta.
Drygen G, Vos J. 2001. Revolusi Cara Belajar, The Learning Revoulution.Bandung: PT Mizan Pustaka.
Intanayuda. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. https://intanayuda8.wordpress.com/2013/04/05/ilmu-alamiah-dasar-html/ diakses pada tanggal 23 Desember 2016.
Muhibin Syah.2004.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosda karya.
Nasution S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Riduwan dan Akdon. 2010. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Cetakan Keempat. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Cetakan keempat belas. Bandung: CV. Alfabeta.
Sunarto. 2012. Pengertian Prestasi Belajar.http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi-belajar/diakses pada tanggal 27 Desember 2016
Putri, H. A. 2010. Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan II pada Mahasiswa D IV Kebidanan FK UNS. Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi D IV Kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Wulandari, Retno. 2011. Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester IV Program Studi D IV Kebidanan Universitas Sebelas Maret. Jurnal Kesmadaska Vol. 2 No. 1, Januari 2011 (hal. 45-52).